Tips Bijak Memilih Situs Belanja Online Anti Tipu-tipu


Tips Bijak Memilih Situs Belanja Online

 Saya dikenal oleh teman-teman sebagai racun online, apapun yang saya beli dan saya posting di medsos biasanya akan menjadi 'trend' dan banyak teman-teman yang ikut-ikutan membeli. Bahkan saya sampai memiliki hashtag sendiri #IbuMudaBijakShopping untuk semua info belanja yang saya berikan. Padahal saya tidak bermaksud sengaja meracuni dompet teman-teman looh. Hehehe. Saya hanya suka berbagi info tentang diskon-diskon online terkini, agar teman-teman dapat merasakan nikmat & hematnya berbelanja online.

Bagi saya pribadi berbelanja secara online itu sangat menguntungkan karena bisa menghemat pengeluaran. Maklum saya kan tinggal didaerah yang jauh dari pusat pertokoan / mall besar, dengan berbelanja secara online saya tidak perlu jauh-jauh keluar kota hanya untuk membeli sesuatu. Cukup buka laptop atau pegang hp, browsing lihat-lihat barang sambil ngopi cantik, maskeran atau bahkan sambil nyapu rumah, tinggal klik-klik-klik, lalu menunggu orderan diantarkan oleh kurir kerumah kita.

Akan tetapi saya tidak pernah sembarangan belanja online hanya semata karena tergiur diskon atau harga murah. Saya hanya belanja di situs belanja online yang terpercaya untuk menghindari penipuan. Sayangnya masih banyak teman-teman yang kurang waspada saat belanja online dan terkena tipu-tipu diskon toko online palsu. Kalau sudah begini biasanya mereka hanya bisa menyesal, dan 'curhat' sama saya.

situs belanja online

Oleh karena itu saya tak pernah lelah untuk mengingatkan teman-teman untuk tidak belanja online di sembarang tempat. Saya hanya menyarankan berbelanja di situs belanja online terpercaya dan memberikan tips agar mereka tidak tertipu online shop lagi.

Berikut tips bijak belanja online anti tipu-tipu dari IbuMudaBijak..

1. Belanja di situs belanja online yang memiliki reputasi baik.
Jangan asal tergiur dengan harga murah atau promo yang diberikan online shop melalui broadcast message. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak toko online yang menjual barang palsu atau bahkan menipu. Belanja lah di situs e-commerce atau situs marketplace yang sudah memiliki reputasi bagus. Kamu bisa mengeceknya dari review yang diberikan oleh pelanggan disana, banyaknya review positif tentu menandakan kinerja situs belanja online tersebut.

2. Cek profil perusahaan.
Saat pertama kali belanja online, jangan lupa untuk cek profil perusahaan situs belanja online tersebut. Ada banyak situs belanja abal-abal, jadi pastikan terlebih dahulu situs belanja itu benar adanya. Situs belanja online yang baik akan memiliki info perusahaan yang jelas dan ada email / nomor Customer Service yang bisa dihubungi saat ada masalah dengan orderan.

3. Utamakan sistem pembayaran COD
COD itu singkatan dari Cash On Delivery. COD adalah sistem pembayaran dirumah atau kita membayar ke kurir saat terima barang. Cara pembayaran ini merupakan cara paling aman agar terhindar dari penipuan.

4. Cek nomor rekening pembayaran.
Bila tidak ada opsi pembayaran COD, maka biasanya ada pilihan pembayaran di minimarket atau melalui transfer bank. Bila kamu memilih untuk transfer bank, cek dengan teliti nomor rekening tujuan. Biasanya situs belanja online akan menggunakan rekening dengan nama perusahaan bukan nama perorangan.  

5. Follow page medsos resmi situs belanja online untuk mendapatkan info promo terbaru.
Ragu dengan info diskon yang beredar? Situs belanja online yang terpercaya pasti memiliki akun medsos resmi; Facebook Page, Twitter, atau Instagram. Kalau sedang ada promo diskonan biasanya infonya akan diberitahukan terlebih dahulu di page resmi mereka. Jadi tidak ada salahnya untuk mengecek terlebih dahulu sebelum berbelanja untuk memastikan kebenaran info diskon.

Jangan ragu atau takut lagi untuk belanja online. Belanja online bisa jadi sangat menguntungkan selama kita teliti dan lebih bijak saat belanja. Selamat menikmati asyiknya belanja online tanpa kena tipu-tipu!


(^_^) STAY CALM & KEEP ONLINE SHOPPING Suka dengan postingan ini? Jangan lupa klik KLIK & SHARE.

0 comments:

Post a Comment