Resep: Sambal Khilaf dan Menu Penyetan


resep ayam penyet

 Akhir-akhir ini anak-anak lagi suka banget makan ayam geprek / ayam penyet, seringnya sech order via gofood karena Bundanya lagi sibuk jadi malas gak sempat masak. Tapi si Ayay nyeletuk "Ini kan cuman ayam digoreng trus digepengin dikasih sambal, gampang gini kenapa gak bikin sendiri aza?" 

 Nah looh, saya jadi tertantang untuk masak sendiri, tepatnya tersindir kali yaa karena udah lama gak ngoprek dapur. Saya pun langsung masuk kedapur dan ubek-ubek kulkas mencari bahan yang ada. Berhubung cuma ada cabe-cabean dan sedikit bawang putih, saya bikin sambal yang sederhana gak pakai tomat-bawang-terasi dll. Saya kasih nama Sambal Khilaf karena pedasnya itu luar biasa sampai ke ubun-ubun, bikin tangan nyuap terus, gak kerasa khilaf nambah 2 piring nasi! 😜 Hahaha


**Ayam - Tahu - Tempe Goreng
Saya pakai bumbu instan aza biar lebih praktis! Untuk ayamnya saya rebus dulu pakai bumbu ayam goreng instan lalu digoreng. Untuk tahu & tempenya cukup direndam bumbu tahu-tempe goreng instan yang telah dicampur sedikit air panas, rendam selama kurang lebih 2-3 menit agar bumbu meresap, lalu digoreng.

**Sambal Khilaf 
+100 gram cabe rawit ijo
+ 100 gram cabe rawit merah
+ 2 siung bawang putih
+ Jeruk nipis

Cara bikin Sambal Khilaf ala Nda;
1. Cabe & bawang ditumis sebentar pakai 3 sdm minyak goreng.
2. Siapkan ulekan, masukkan cabe, kasih minyak bekas numis cabe + sedikit garam & gula. Diulek tapi jangan sampai halus, biar masih bertekstur cabainya. Tambahkan sedikit perasaan jeruk nipis biar makin mantap!



resep sambal ayam penyet

 Setelah itu, sisihkan sambal yang telah di ulek ke piring lain. Jangan cuci dulu bekas ulekannya! Ayam goreng, tahu dan tempe bergantian dimasukkan kedalam ulekan, lalu di ulek hingga gepeng / penyet. Sembari dipenyet, kasih sambal hasil ulekan tadi lalu lanjut dipenyet-penyet. Seberapa banyak sambalnya tentu sesuai selera masing-masing yach. Semakin banyak sambalnya, maka akan semakin pedas dan semakin khilaf nambah nasinya. Penyesalan setelah selesai khilaf & gagal diet diluar tanggung jawab saya looh yach! 😉 Hahaha



(^_^) HAPPY COOKING!
Suka dengan resep ini? jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach. Terima kasih !

0 comments:

Post a Comment