Tips Penting Merawat Peralatan Makan Melamin


  Saya lagi seneng beli peralatan makan yang bertema shabbychic atau kawaii karena saya terobsesi bikin dapur dan ruang makan yang 'girly' abisssss! Walaupun saya satu-satunya wanita dirumah, tapi 3 lelaki dirumah hanya bisa pasrah aza dengan hobi saya ini. 

 Selain peralatan makan bermotifkan kawaii, saya lebih suka peralatan makan melamin karena lebih kuat alias gak gampang pecah. Maklum dech, punya 2 anak laki-laki yang terkadang suka sembarangan, sudah tidak terhitung berapa lusin piring & gelas yang mereka pecahkan. Saya sendiri orangnya agak ceroboh, dan seringkali tiba-tiba kesandung saat bawa piring, atau piringnya 'loncat' saat dicuci. Tapi kalau saya yang mecahin gak ada yang berani ngomelin. Hahaha.

Tips Merawat Peralatan Makan Melamin
Selalu kalap saat belanja peralatan makan melamin

 Peralatan makan melamin harus dirawat extra agar awet lama dan tetap dalam kondisi bagus sehingga aman untuk digunakan. Perawatannya agak sedikit berbeda dengan peralatan makan keramik. Saya rutin melakukan perawatan khusus peralatan makan melamin agar selalu terjaga kebersihannya & yang paling utama kondisinya tetap bagus seperti saat beli. Jadi peralatan melamin yang motifnya cute & kawaii itu bisa dipakai untuk property foto, hasil foto tentunya akan semakin menarik atau 'eye catchy' 😄


DO & DON'T

Berikut hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam perawatan peralatan makan melamin:

- Jangan pernah menggunakan alat pembersih dengan material kasar seperti sabut kawat karena akan mengakibatkan goresan pada permukaan melamin.
- Gunakan spon lembut untuk membersihkan peralatan makan melamin.
- Jangan pernah memasukan produk melamin kedalam microwave karena temperatur yang panas dapat menyebabkan peralatan makan melamin memuai dan bengkok.
- Jangan menggunakan produk melamin sebagai alas untuk memotong buah atau sayuran, karena pisau dapat menyebabkan goresan pada permukaan melamin.
- Rendam peralatan makan melamin Anda agak lama jika sisa makanan sulit untuk dihilangkan.
- Sangat direkomendasikan untuk mencuci peralatan makan melamin dengan menggunakan tangan, kurangi penggunaan mesin pencuci piring.
- Sebisa mungkin hindari terjadinya benturan keras antara produk melamin dengan perkakas lainnya.
- Rutin cek kondisi peralatan makan melamin untuk mengetahui kondisinya, apabila sudah terdapat banyak goresan sebaiknya peralatan melamin tidak digunakan lagi.


Tips Merawat Peralatan Makan Melamin
Ini sebagian koleksi melamin limited edition dari Daiso Japan yang saya beli saat mudik kemarin, cantik-cantik yaaa?

Tips Hilangkan Noda di Peralatan Makan Melamin

Terkadang kalau dipakai terlalu sering atau kurang bersih saat dicuci, peralatan makan melamin akan bernoda. Kalau sudah ada nodanya gitu, jadi kurang sedap dipandang mata karena terlihat kotor. Tapi jangan khawatir lagi, sebenarnya masih ada cara untuk membersihkan noda membandel di peralatan melamin.

 Berikut ini adalah cara-cara menghilangkan noda membandel pada peralatan dapur berbahan melamin:

1. Siapkan air panas, soda kue, cuka atau lemon, sabun pencuci piring, dan spon cuci.
2. Campurkan soda kue dan cuka / lemon
3. Tuangkan air panas ke area noda membandel di peralatan melamin, kemudian gosok dengan menggunakan campuran soda kue dan cuka / lemon menggunakan bantuan spon, gosok-gosok perlahan.
4. Setelah noda membandel terangkat, cuci pelaratan melamin dengan sabun pencuci piring seperti biasa, bilas sampai bersih, lap hingga kering, lalu simpan di rak piring / tempat yang kering.



(^_^) KEEP CALM & CUCI MELAMIN SETELAH DIGUNAKAN

1 comment:

  1. Kaga sopaaaaan, pamer beginian kan aku jadi pengen 😥 huhuhuuu

    www.dajourneys.com

    ReplyDelete

Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam dan spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne