Ujian Untuk Sebuah Kejujuran Dan Kebaikan



 Mengajarkan kebaikan kepada anak-anak gak bisa hanya lewat teori atau sekedar berceramah. Kita sebagai orangtua harus memberikan contoh, anak-anak akan meniru apa yang dicontohkan orangtua karena anak-anak itu seperti spons yang akan menyerap apa yang ada disekitar mereka. 



 Saya dan suami ini termasuk orangtua aliran rock n roll, orangtua metal, orangtua yang nyeleneh dan masih punya sifat seperti anak-anak. Kami berempat bagaikan adik-kakak, kadang akur, seringnya berantem, hahaha. Menurut orang luar, saya bagaikan anak kecil yang ngajarin anak kecil (pasti karena mereka melihat umur saya) Tapi saya dan suami selalu berusaha memberi contoh untuk berbuat baik kepada orang, siapapun itu. Karena saya percaya dengan terus berbuat baik, biarpun banyak masalah menerpa, banyak orang mencerca, akan ada seseorang yang baik dan mau menolong.

 Malam ini anak-anak dapat pelajaran berharga tentang kebaikan dan kejujuran. Saya juga dapat pengalaman terindah, karena bisa melihat hasil dari mengajarkan kebaikan pada anak-anak selama ini.

 Tadi sekitar jam 8 malam, saya pergi ke atm b*a dikawal oleh anak-anak. Diruangan yang terdapat 4 atm tersebut ada sekitar 2 orang yang sedang mengambil uang. Saya pun memilih atm kosong yang berada dipojok. Saat melihat layar atm saya kaget, jantung langsung berdebar, deg-degan kayak menang undian gitu. Hahaha. Bukannya saya lebay, tapi gimana gak kaget kalau layar atm yang belum di apa-apain itu ada tulisan jumlah saldo yang nominalnya angka 9 digit!

 Kaka-Ade mulai berisik "Wah nda nemu harta karun!" kata Kaka. "wah nda, uangnya banyak banget, ini uang bunda?" kata Ade. Saya sempat bingung, saya pencet-pencet tombol atm, karena saya sempet mikir juga, "jangan-jangan ini atm dijailin, nanti kalau masukin kartu atm, bisa-bisa ketelen atm gue!". Maklumlah kebanyakan baca berita kriminal jadinya saya lebih waspada. Biasanya kalau atm ketinggalan suka bunyi atmnya lalu tertelan kan, atm ini diam aza, gak ada bunyi-bunyi notif apapun. Wajarlah kalau saya agak curiga.

"Tapi Nda kasihan orang yang kehilangan atm ini, nanti dia gak bisa makan" "Bener nda, nanti dia miskin, uangnya ketinggalan" Saya terharu mendengar celotehan anak-anak yang begitu jujur itu. Saya pun langsung pencet-pencet tombol lagi, hingga akhirnya keluar opsi untuk selesai transaksi dan ada kartu atm yang keluar. Secepat kilat, kartu atm itu langsung di ambil kaka Viqie, dan langsung bertanya ke orang yang ada diruangan itu, tapi dia gak merasa kehilangan atm. Lalu dia dan Adenya keluar ruangan atm untuk mencari pak satpam. Eh pak satpamnya gak ada! 


 Setelah dicari-cari akhirnya ketemu pak satpam yang lagi mojok, kelihatannya sech habis makan malam. Lalu bersama pak satpam, pergi ketempat parkir dan bertanya ke orang-orang yang mungkin merasa kehilangan kartu atm. Saya cuma melihat mereka dari jauh, tepatnya saya masih tetap berdiri didepan ruangan atm. Nahan airmata. Bukan airmata karena sedih gak jadi dapat harta karun looh yach, tapi ini airmata bahagia. Contoh kebaikan itu akhirnya tertanam dipikiran anak. Mereka tidak hanya menunjukkan kejujuran tapi juga kebaikan yang spontan tanpa harus saya suruh.

 Akhirnya, ketemu juga si pemilik kartu atm tersebut. Seorang bapak tua, yang sudah mau naik motornya. Saya lihat bapak tua itu dan pak satpam mengucapkan terima kasih berkali-kali sama anak-anak. Mengelus kepala mereka, mengacungkan jempol dan tersenyum. Anak-anak tersenyum lebih lebar lagi! Raut wajah mereka berubah jadi amat sangat ceria, bahkan hingga malam mereka tidur, mereka masih senyum-senyum sendiri. Anak-anak tidak dapat imbalan apapun juga karena mengembalikan atm tersebut, hanya ucapan terima kasih dan pujian "anak ganteng, pintar, hebat" Tapi ucapan itu sudah bisa menyenangkan hati mereka. Saya yakin malam ini anak-anak akan tidur nyenyak dan mimpi indah.

 Kejadian malam ini bagai ujian untuk kejujuran dan kebaikan. Siapa sech yang gak seneng kalau nemu uang? Jujur dech saya juga senang nemu uang sebanyak itu, tapi saya gak berani mengambil uang yang bukan hak saya. Andai aza uang sebanyak itu berupa hadiah kuis yang saya menangkan *ngarep* Akan saya terima dengan senang hati. Hahaha. Kalau saya jahat kesambet setan, bisa-bisa itu uang di atm boleh nemu sudah saya bawa kabur *amit-amit jabang babyyy* Tapi saya masih takut dosa, lagian saya langsung kepikiran gimana dulu saya sampai nangis-nangis karena kehilangan kartu atm.

 Jadi saya sendiri dulu pernah 'kehilangan' kartu atm, setelah mengambil uang di atm yang ada disebuah supermarket yang ramai pengunjung. Saya baru ingat tengah malam saat sudah dirumah, si Ayay langsung marah-marah, saya pun cuma bisa nangis. Takut uang hilang! Karena itu tabungan saya dan atm dari bank di Jepang, pasti mengurusnya akan susah. Saya gak bisa tidur samasekali hingga besok paginya saya langsung ke supermarket tempat saya ambil uang. Saya sech sudah hopeless, sudah mikir pasti atm di ambil orang. Ternyata saya salah!

 Kartu atm saya ternyata masih ada, jadi ada orang yang dengan baik hati mengambil kartu atm yang lupa saya ambil (posisi kartu atm masih didalam mesin, belum menyelesaikan transaksi tapi saya malah nyelonong pergi) Orang baik hati itu menitipkan kartu atm saya pada kasir, dan memberitahu ciri-ciri saya. Dia saat itu berusaha memanggil dan mengejar, tapi sayanya keburu pergi dan menghilang. Saya benar-benar berterima kasih banget atas kebaikan orang tersebut. Saya ngerasain bagaimana sedihnya kehilangan atm, lalu merasa bersyukur banget bisa menemukannya kembali. Utuh, tanpa kurang sepeserpun berkat kebaikan hati seseorang. 


 Kalau kita berbuat kebaikan, sekecil apapun itu, maka kebaikan akan datang untuk kita. Begitupun sebaliknya, kalau kita berbuat hal yang buruk, maka hal buruk akan datang untuk kita suatu saat nanti. Saat ini 'imbalan' langsungnya hanya ucapan terima kasih, tapi itu sudah cukup untuk membuat anak-anak bangga dan bahagia. Semoga setelahnya akan ada kebaikan lainnya yang menanti anak-anak saya. Dan semoga mereka tidak pernah lupa untuk kembali berbuat kebaikan pada orang lain, sehingga siklus kebaikan ini tidak akan pernah putus.

0 comments:

Post a Comment

Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam dan spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne