Resep Praktis Asinan Rambutan Lemon


 Sejak awal tahun newsfeed FB penuh oleh postingan yang bikin ngiler, Asinan Rambutan!
Hampir semua pada upload asinan yang lagi kekinian ini. Duh, saya cuma bisa elap iler aza karena belom nyobain. Lalu beberapa minggu yang lalu saya nyicipin asinan rambutan berkuah sangat merah bikinin orang. Eeeeh rasanya kurang cocok dilidah saya, pedasnya suka sech, tapi rasa jeruk limaunya terlalu asam dan bikin perut saya perih. 

 Kemarinan si Ayay pulang bawa rambutan sekantong gede dari saudara. Setelah puas makan rambutan, saya iseng pengen bikin asinan rambutan. Yang sesuai dengan selera saya tentunyaaa, hehehe.  
Resep Asinan Rambutan
 Setelah ubek-ubek isi kulkas, saya pun memutuskan untuk bikin asinan rambutannya pakai jeruk lemon aza daripada pakai jeruk limau. Kebetulan saya suka banget sama lemon, masak apa aza pakai lemon, minum dikasih lemon, maskeran pakai lemon, bahkan sering ngemutin potongan lemon juga. Asem tapi segar! Trus pakai cabenya juga ala kadarnya karena cabe lagi mahal, ini juga cabe rawit sisa dari beli gorengan. Hahaha.

 Asinan rambutan lemon ini gak pakai resep khusus sech, takaran cenderung ngasal dan sejadinya..  

Cara membuat Asinan Rambutan Lemon:
- Rambutan, dikupas, buang bijinya.
- 1 sdt garam meja (saya pakai merk refina) + 1 sdm gula pasir dilarutin sama air hangat secukupnya atau sekitar 50ml sampai larut aza.
- 1 buah lemon besar, belah 2 lalu peras airnya, iris2 sisanya.
- 8 cabe rawit, iris, ulek kasar.
- Campur semua bahan jadi 1 kedalam wadah, diamkan sebentar dikulkas biar dingin atau langsung dimakan juga bisa.


Resep Asinan Rambutan

 Rasanya asam-segar-asin-manis-pedas, komplit! Rambutannya kenyal-kenyal manis, lemonnya asem segar, tapi kuah asinan pedasnya lumayan bikin bibir semakin merah sexy. Mungkin karena cabe lagi mahal, jadi pedasnya jadi lebih terasa. Hahaha. Bagi saya, asem dari lemon tidak mengganggu lambung, gak bikin perut perih. Jadi saya lebih menyukai dan menikmati Asinan Rambutan Lemon ini daripada asinan rambutan dengan jeruk limau. 

 Kalau sudah jadi asinan pedas gini, ayay dan anak-anak langsung rebutan dech, makan sambil ngedumel "Iiih gila pedasnya kebangetan!" ...tapi terus dimakan aza. Hahaha

(^_^) KEEP CALM & MAKAN ASINAN PEDAS BIAR MELEK!

0 comments:

Post a Comment

Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam dan spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne