Resep: Crispy Onion Ring (Super Gampang!)


onion ring

 Si bulat-bulat yang seperti gelang ini bisa bikin vampir lari kalang kabut, hahaha. Bawang bombay goreng tepung atau lebih dikenal dengan nama keren; Onion Ring. Menu yang satu ini kalau beli di restoran harganya lumayan mahal, tapi dapatnya lumayan dikit. Biar lebih ngirit, lebih baik bikin sendiri aza! 

resep onion ringresep onion ring

Cara membuat Crispy Onion Ring:

Pertama-tama pilih bawang bombay berukuran besar dan bulat sempurna. 1-2 buah bawang bombay cukup untuk porsi sekeluarga.


#CookingNotes Bahan yang diperlukan hanya tepung bumbu instan & sedikit air. Saya suka pakai merk Sajiku Golden Crispy karena hasilnya tepung menempel sempurna, dan lebih crispy (bukan endorse, haha) tapiii kamu bisa pakai merk lain sesuai selera kok.

Selanjutnya; Kupas kulit bawang bombay, cuci bersih, iris membentuk lingkaran dan lepas satu persatu lapisannya hingga si bawang bombay ini menyerupai bentuk gelang.

Siapkan mangkok, larutkan 1/3 tepung bumbu dengan air matang hingga menjadi adonan yang cair. (Dikira-kira aza banyak airnya, jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental. Lebih bagus pakai air dingin atau air kulkas)

Tuangkan sisa tepung bumbu ke piring. Ambil irisan bawang bombay, celupkan ke adonan cair lalu baluri dengan tepung bumbu hingga tertutup rata. Celupkan lagi kedalam adonan cair dan baluri kembali dengan tepung bumbu. Lakukan proses ini pakai tangan yach, biar bisa sambil diremas-remas adonan tepungnya dengan jari agar si adonan tepung menempel hingga ke sisi dalam bawang bombay. Jadi bawang bombaynya tertutup semua oleh adonan tepung. 

Panaskan minyak diwajan, minyaknya agak banyak biar pas digoreng matangnya sempurna. Gunakan api sedang. Masak hingga matang atau berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.

Crispy Onion Ring siap disajikan sebagai cemilan, hidangkan dengan cocolan mayonnaise atau saus sambal. Cocok untuk cemilan ringan atau teman makan nasi. 

sandwich dan onion ring
ITADAKIMASU...!


(^_^) HAPPY COOKING...!
Suka dengan resep ini? Jangan klik LIKE & SHARE...Terima Kasih!

2 comments:

  1. Thanks so much for share Bund... aku baca yg Kojiesan jg waahh manfaat bgt postingan bunda 😊😊😊🙏

    ReplyDelete

Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam dan spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne