Cara Membuat Tteok / Kue Beras Korea

resep cara membuat tteok kue beras
 Musim dingin begini bawaannya pengen ngemil terus. Kalau jajan diluar bisa bangkrut dech, hahaha. Jadi mending bikin cemilan sendiri aza dirumah. Lebih murah dan lebih meriah pastinya. Berhubung saya lagi demen banget nonton K-drama jadi cemilannya berupa cemilan yang sering dilihat saat nonton K-drama, Tteokbokki..!

  Kali ini saya mau share dulu resep dan cara bikin Tteok / kue beras korea. Biasanya bikin Tteok dengan cara dikukus, kali ini saya share resep bikin Tteok dengan cara langsung direbus. Bikinnya lebih praktis dan gak pakai ribet, hasilnya Tteok yang kenyal-kenyal nikmat. Simak resepnya yach...

**TTEOK / KUE BERAS KOREA**

Bahan Tteok / Kue Beras Korea:
- 300 gr tepung beras
- 40 gr tepung tapioka 
- 40 gr tepung terigu
- 320 ml air
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- 1/2 sdt garam halus
- 1/2 sdt gula pasir

Cara membuat Tteok / Kue Beras Korea:
1. Adonan 1: Campurkan bahan tepung terigu, tepung tapioka, bubuk kaldu, gula, garam dan air ke dalam panci, aduk rata. Masak dengan api kecil sambil terus di aduk-aduk hingga membentuk adonan yang kental. Bila meletup-letup dan adonan menggumpal, aduk terus aza agar adonannya tidak gosong dibagian bawah.
2. Tuang adonan 1 ke dalam wadah berisi tepung beras. Aduk hingga bahan tercampur rata, mengaduknya bisa menggunakan mixer atau spatula, jadi hati-hati yach jangan langsung pakai tangan. Jika adonan sudah agak mendingin, baru di ulenin dengan tangan hingga adonan kalis. 
3. Ambil sedikit adonan lalu bentuk silinder panjang (kira2 tebalnya sejari kelingking), lakukan sampai adonan habis.
4. Selanjutkan diamkan adonan yang telah dibentuk memanjang selama kurang lebih 30 menit, tutup dengan serbet bersih, penutup panci atau tudung saji agak tidak dilalerin yach. Setelah itu adonan bisa dipotong-potong dengan panjang kira-kira 5 cm / sesuai selera.
5. Masak air didalam panci hingga mendidih, jangan lupa beri 1 sdm minyak agar adonan Tteok yang direbus tidak saling lengket. Rebus adonan Tteok hingga matang (tandanya Tteok akan mengambang). Angkat, tiriskan. 
6. Kue beras / Tteok siap digunakan untuk berbagai masakan.


#CookingNotes
- Gomen ne kalo fotonya burem2 gelap, maklum pas bikin tteok ini mati lampu 😂😂 pokoknya kira-kira beginilah bentuknyaaa..
- Resep ini bisa untuk 2 porsi Tteokbokki.
- Saya pakai mixer spiral yang biasa untuk adonan roti saat pertama mengaduk adonan Tteok, karena pakai mixer hasilnya lebih tercampur rata. Baru setelah itu ulenin pakai tangan.
- Tepung tapioka itu sama dengan tepung kanji.
- Resep Tteokbokki / Kue Beras saus pedas manis menyusul.
- Ada pertanyaan silahkan tanya2 di komen yach.

👱 Next saya akan share resep Tteokbokki Abal-abal alias Tteokbokki yang tidak pakai gochujang (karena stok gochujang dirumah habis, xixixi)


(^_^) HAPPY COOKING
Suka dengan resep ini? Jangan lupa klik LIKE dan SHARE. Terima Kasih..!!

0 comments:

Post a Comment

Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam dan spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne