.

Resep Martabak Anlene


 Karena sedang semangat ikut program undian dari Anlene saya jadi menyetok banyak sekali susu Anlene dirumah. Setiap hari minum susu, tapi stok susunya gak habis-habis, hahaha. Makanya saya membuat aneka kreasi cemilan menggunakan susu Anlene, salah satunya Martabak Anlene ini..


Resep Martabak Manis
Martabak Anlene Mocha Caramello, perpaduan rasa susu cokelat & ada sedikit aroma kopinya, Oishii desu ne..!


**MARTABAK ANLENE**

Bahan-bahan:
- 250 gram Tepung Terigu protein sedang (saya pakai segitiga biru)
-3 sdt susu Anlene
-50 gram gula pasir
-1/4 sdt baking powder
-1/4 sdt garam
-300 ml Susu Anlene Mocha Caramello yg telah diseduh (jangan panas suhunya, dingin lebih bagus)
-1/2 sdt ragi instan (saya pakai fermifan)
-1 butir telur ayam
-1/4 sdt baking soda
-2 sdm margarin (dicairkan)
Bahan Topping:
-Meises cokelat
-Keju cheddar parut
-Blueband Cake & Cookies

Cara membuat Martabak Anlene:
1. Campur tepung terigu, susu bubuk, baking powder & garam hingga rata (gak perlu di ayak, di ayak juga boleh aza).
2. Tambahkan gula pasir. Buat lubang di tengahnya lalu masukkan susu Anlene sedikit demi sedikit sambil terus di aduk dengan wisk / pengocok tangan (gak perlu pakai mixer) hingga semua terkocok rata.
3. Tambahkan ragi instant, aduk rata. Tutup dengan kain bersih dan biarkan selama 30 menit.
4. Setelah 30 menit, adonan akan mengembang. Tambahkan soda kue & telur, aduk sampai rata. Lalu tambahkan margarine cair, aduk kembali hingga rata.
5. Panaskan cetakan martabak mini (karena saya males bongkar lemari, saya pakai teflon yang biasa untuk goreng telor aza). Pastikan api kompor kecil, jangan terlalu besar. Panaskan dulu cetakan martabak/teflon (jadi pas nuang adonan bunyi, cessssss gitu)
6. Aduk dulu adonan setiap akan dituang, tuang adonan hingga 1/2 penuh. Bila pakai cetakan martabak, tekan bagian tengah adonan dengan sendok sayur agar adonan pada nempel ke pinggir cetakan, kalau pakai teflon tinggal angkat teflonnya dan miring-miringkan agar adonan menutup hingga pinggiran teflon.
7. Tutup cetakan / teflon, Masak dengan api kecil agar tidak gosong hingga terbentuk buih-buih dan bolong-bolong pada martabak.
8. Angkat dari cetakan/teflon, olesi bagian atas martabak dengan margarin (saya lebih suka pakai blueband cake & cookies, karena lebih beraroma) selagi masih panas agar margarine meresap kedalam martabak. Beri topping taburan meises cokelat dan keju parut atau yang lainnya sesuai selera.

ヽ(´▽`)/ Itadakimasu.. 🍴

#CookingNotes
-"Martabak Anlene aman dimakan anak?" Insyaallah aman-aman aza kok, anak-anak saya hampir setiap hari minta dibikin martabak Anlene ini  :-) 
-Tapi bila merasa kurang yakin, susu Anlene bisa diganti dengan rasa apa aza, ganti susu biasa juga gak pa-pa kok, sesuai dengan stok susu dirumah aza. Sebisa mungkin susu bubuk atau ganti susu cair segar, jangan pakai susu kental manis.
-Resep martabak ini airnya diganti dengan susu, seduh susunya yang agak kental biar lebih berasa 'milky', 300ml / 7-9 sdm susu bubuk. Tips; Susunya seduh dulu dikit pakai air panas, trus kasih air dingin.
-Martabak yang saya buat ini warnanya cokelat karena pake susu rasa cokelat-kopi 😂😂 kalau mau martabak yg kayak biasanya pakai susu vanilla atau susu segar plain.
-Kalau gak punya cetakan martabak mini bisa banget pakai teflon kecil yang biasa untuk goreng telur dadar. Saya pakai teflon maxim 18cm karena cetakan martabak mini disimpen di gudang (males ngeluarinnya) hahaha.

-Inget yach, masaknya pakai api kompor kecil biar kulit luar martabak gak cepet gosong.
-Topping martabaknya bisa apa aza, di kasih susu skm, irisan pisang, selai buah, oreo dibubukin, chocolate chip, potongan cokelat biar jadi martabak kekinian 😉 Semua sesuai selera kamuuh!


(^_^) HAPPY COOKING
Suka dengan resep ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE yach..Terima kasih!!

1 comments:

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne