.

Resep Crispy French Fries



Oke, ini resep buat kentang goreng renyah alias Crispy French Fries yang tadi aku post yach..

Pertama-tama, saya jelasin dulu kalau resep ini beda dengan resep kentang goreng renyah yang pernah saya posting. Resep ini gak perlu merebus kentang ataupun masukin kentang ke kulkas terlebih dahulu. Resep ini lebih praktis, lebih simpel, lebih renyah kriuk-kriuk hasilnya. Resep kentang goreng ini cocok untuk bikin cemilan dadakan. Saya bikin resep ini tanpa takaran pasti, jadi 'use your feeling' alias pake metode kira-kira..hahaha..ini resepnya simpel banget, kuncinya ada pada remasan..wkwkwk :-p

Iyes, tehnik meremas tepungnya agar membentuk adonan crispy itu yang paling penting!

** CRISPY FRENCH FRIES **

Bahan-bahan:
- Kentang (lebih bagus jenis kentang mentega)
- Tepung terigu 
- Baking soda / Soda kue
- Garam
- Merica
- Minyak untuk menggoreng
Bahan Optional Untuk Pecinta Pedas:
- Bubuk Cabe

Cara Memasak Crispy French Fries ala Bunda:
1. Campur tepung terigu dengan garam, merica & baking soda hingga tercampur rata. Takaran saya.. 500gram terigu = 1 1/2 sdt garam = 1/2 sdt merica = 1/4 sdt baking soda. Kalau bikin banyak tinggal dikalikan saja.
2. Kupas kentang, cuci bersih, potong memanjang. 
3. Siapkan wadah berisi air bersih yang telah diberi 1 sdm garam. Masukkan potongan kentang, rendam selama 3-5 menit. Angkat kentangnya, masukkan kentang ke wadah berisi campuran tepung.

4. Baluri kentang dengan tepung agar tepung menempel rata, aduk-aduk lagi, lalu cipratkan air (inget! diciprat yach bukan dituang, jadi maksudnya celupin tangan ke air trus airnya diciprat2 gitu ke kentang, jadi kentangnya gak sampai basah banget) lalu beri lagi tepung, taburi sedikit baking soda (dikit aza, sejumput tangan) lalu remas-remas kentang hingga tepung membentuk adonan keriting2. Cara cipratin air & remas-remas ini bisa dilakukan beberapa kali hingga dapat adonan tepung crispy keriting-keriting yang diinginkan. Gak masalah kalau kentangnya ada yang saling menempel dengan tepung.

5. Panaskan minyak, minyaknya yang banyak yach biar kentangnya berenang, api sedang saja. Masukkan kentang, lalu langsung pisah-pisahkan kentang yang menempel dengan sodet, aduk-aduk hingga kentang terpisah, adonan tepungnya akan jadi gorengan crispy. Selama menggoreng sesekali di aduk-aduk yach. Setelah warnanya kuning keemasan, dan kentangnya terlihat 'kaku', angkat, lalu tiriskan. 
6. Selagi kentang masih hangat, beri taburan bubuk cabe. 



#CookingNotes
- Saya gak suka pakai msg / penyedap rasa tambahan, tapi kalau mau pakai silahkan aza yach. Atau silahkan tambahkan bumbu sendiri sesuai selera, pakai bawang putih bubuk biar lebih ‘beraroma’ atau pakai ground leaf oregano agar lebih delicioso! 
- Kalau gak suka pedas atau buat anak-anak gak perlu pakai tambahan bubuk cabe. Biasa pakai bumbu lainnya yang lebih ‘kids friendly’ seperti keju bubuk atau bumbu barbeque (ada dijual bumbu kentang yang kemasan sachet)
- Resep dan tehnik meremas-remas tepung ini bisa untuk bikin gorengan crispy lainnya seperti jamur tiram.


(^_^) HAPPY COOKING
Suka dengan resep ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE. Terima Kasih!!

1 comments:

  1. beneran..crispy ya mba... belum pernah coba sih.. enak nih buat camilan..anak.. katanya mesti direndam air kapur.. trims resepnya.. salam kenal..

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne