.

Resep: Tahu Bulat Anti Mainstream

Resep Tahu Bulat
"Tahu bulat, tahu bulat, lima ratusaaaaan..
Digoreng dadakan dina katel, enyoooooyyyyy"

Begitulah kira-kira 'nyanyian' tukang tahu yg biasa lewat depan rumah. Saya sampai hafal sama jingle tahu bulat karena setiap hari lewat depan rumah. Tapi lama-lama bosan juga jajan tahu bulat yang kopong, gak kenyang! Hehehe


 Saya pun memutuskan untuk bikin tahu bulat sendiri dirumah. Tapi ini bukan resep tahu bulat biasa yang sudah mainstream dijual abang tahu bulat keliling looh. Ini Tahu Bulat Anti Mainstream

 Bentuknya memang bulat, tahunya kopong, tapiiiiiii kalau digigit, 'nyeeessss ada isinya yang bikin tahu bulat makin nikmat!!
** TAHU BULAT ANTI MAINSTREAM **

Bahan-bahan:
- 15 tahu putih ukuran sedang
- 3 kuning telur
- 1 sdt munjung baking powder
- 1 bungkus penyedap rasa
- Minyak untuk menggoreng

Bahan isian:
- kornet sapi, bumbui dengan sedikit bubuk cabe (bila suka pedas), bikin bulatan kecil.
- Keju (bisa pakai cheddar, lebih enak pakai keju mozzarella), potong dadu kecil.

Cara Memasak Tahu Bulat Anti Mainstream:

1. Siapkan 15 buah tahu putih ukuran sedang. Cuci tahu putih hingga bersih.
Resep Tahu Bulat
2. Hancurkan tahu dengan cara bungkus kedalam kain bersih (saya pakai jilbab bahan kain sifon ceruti) lalu remas tahu hingga keluar airnya. Peras hingga semaksimal mungkin dan tinggal ampas tahu seperti gambar dibawah ini.

#FYI
ada alasan khusus kenapa saya pakai jilbab ini, jadiiii kemarin pas Kaka Viqie bikin tahu bulat, dia diam-diam pakai jilbab saya ini, masih baru! (T_T) sedih banget, tapi memang kalau pakai kain jillbab ini hasil perasannya lebih bagus, jadilah sekarang jilbab ini beralih fungsi jadi kain saringan, hahaha.

Resep Tahu Bulat


3. Tambahkan 3 buah kuning telur, 1 sdt munjung baking powder, 1 bungkus penyedap rasa (saya pakai Royco All in One), campur semua bahan lalu aduk adonan tahu hingga merata.

#CookingNotes Royco ini bisa diganti pakai royco biasa, masako atau bila ingin bebas MSG bisa memakai 1 sdt garam + 1/4 sdt merica (takut keasinan atau kurang asin? cicipin dulu aza adonan tahunya hingga terasa pas di lidah kamu)

Resep Tahu Bulat

4. Bulatkan adonan tahu kecil-kecil menggunakan tangan (jangan lupa cuci tangan dulu yang bersih yach). Untuk tahu bulat yang akan diberi isi, beri isian ke tengah adonan tahu lalu dibulatkan kembali menggunakan tangan adonan tahu menjadi bulat & mulus (tidak ada retakan). Simpan bulatan adonan tahu ke dalam wadah tertutup, masukkan kedalam kulkas (kulkas biasa, jangan simpan di freezer), diamkan selama 3-4 jam. Sebelum digoreng, diamkan terlebih dahulu selama 10 menit di suhu ruangan.
Resep Tahu Bulat


5. Tuang minyak yang banyak kedalam wajan, lalu panaskan minyak dengan api besar hingga benar-benar panas. Ketika minyak sudah panas, kecilkan api. Masukkan adonan tahu bulat, masak sambil terus di aduk-aduk secara perlahan dengan sodet agar tahu mengembang dengan bagus. Proses mengaduk-ngaduk ini penting agar tahu menjadi bulat sempurna & matangnya pun merata. Masak selama 10-15 menit hingga tahu bulat berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan.

#CookingNotes Minyak kurang panas, terlalu sebentar memasak, ketika memasak didiamkan saja tidak di aduk-aduk akan menyebabkan tahu bulat jadi mudah kisut atau keriput setelah di angkat dari wajan.


Resep Tahu Bulat

6. Ini adalah penampakan Tahu Bulat Anti Mainstream before - after. Tampak jelas perbedaannya yach, setelah digoreng tahu akan mengembang hingga 2x lipat. Ketika dibelah pun akan tampak bagian dalam tahu kopong, tapi ada isiannya.  


Resep Tahu Bulat


 Rasakan sensasi makan tahu bulat yang benar-benar beda dari tukang tahu bulat mainstream. Begitu digigit akan terasa kenikmatan Tahu Bulat Anti Mainstream yang tiada duanya. Rasa kornet yang pedas tapi nikmat & rasa cheesy cheese yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya. Udah pernah makan tahu sama keju belum??? Kalau belum pernah, inilah saatnya kamu mencoba! Hahahaha 
Resep Tahu Bulat isi kornet
Resep Tahu Bulat isi sambal
Ini isian tahu bulat kesukaan si Ayah, dari luar bentuknya sama kayak yang lain tapi pas digigit 'nyeeessss, gurih-gurih nyooooyyyy pedesnyaa!
 
Tahu Bulat Anti Mainstream isi Sambal Terasi dengan level kepedasan; Ditinggal nikah. ahahaha *ngenes*

Resep Tahu Bulat
Biarpun sudah berjam-jam Tahu Bulat Anti Mainstream ini bentuknya tetap bulat, gak kisut ataupun jadi mengkerut, xixixi

Bagaimana?? Mudah bukaaaan....
Resep tahu bulat ini juga bisa dipakai untuk membuat tahu bulat standar tanpa isi, hasilnya akan tetap kopong kok kalau cara memasaknya benar. Bila ingin mengganti isian tahu dengan yang lainnya juga bisa kok, misalnya: sossis, irisan cabe rawit, dll. Selamat berkreasi dengan resep Tahu Bulat Anti Mainstream
 dari saya. 


Sedikit cerita tentang si tahu bulat yang menjadi viral..
Resep Tahu Bulat Anti Mainstream awalnya saya upload ke album foto Facebook pribadi saya, niatnya sech cuma mau berbagi resep dengan teman-teman, Eh, tanpa saya duga, banyak yang share album ini, hanya dalam semalaman Album resep Tahu Bulat Anti Mainstream ini sukses bikin notif Facebook saya terkena 'tsunami' yang mengakibatkan HP sampai nge-hang! Hahahaha.
Resep Tahu Bulat


Bila ada pertanyaan seputar resep ini, silahkan bertanya disini atau bisa juga ke Facebook page Blog Ibu Muda Bijak. Mau posting hasil foto re-cook kalian juga boleh kok, silahkan posting fotonya di facebook saya atau Facebook Page Blog Ibu Muda Bijak.


(^_^) HAPPY COOKING
Suka dengan resep ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE yach...Terima kasih !!

10 comments:

  1. Yeeaay . . !! Thanks resep tahu bulet antimainstream nya bund.. nanti mau dicobain.. ahh.. enak kayanya untuk buka puasa.. :)

    ReplyDelete
  2. Save dulu nih resep nya :D
    Sekalian berimprovisasi dengan isian ya bun.. Aku suka lo tahu bulat yang isi sambal terasi level ditinggal kawin. Cetar plus gokil resep nya. :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. munjung itu istilah untuk 1 sendok penuh hingga membentuk gunungan, hehehe

      Delete
  4. Teteh, info dong.. Kalau dgn bahan2 yg teteh pake hasil tahu bulatnta jd brpa buah yaa..?

    ReplyDelete
  5. nah ini dia... ternyata saya salah. selama ini ga pake diperas dulu. maka jadilah ia seperti perkedel tahu... ô ternyata kudu diperas dulu ya mba... terima kasih nih resepnya mantap dan mudah... mau coba lagi ah..

    ReplyDelete
  6. Tahu bulat yang ini lebih banyak dan bikin kenyang ya Mbak :D

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne