.

Resep Pletus Kentang Sambal Santan


Suami saya itu makannya gak rewel, segala yang saya masak pasti dimakan, apalagi kalau masak makanan kesukaan dia. Nah, kebetulan masakan kesukaan dia itu sederhana banget, Pletus Kentang! 

resep Pletus kentang
Maaf ya fotonya berkabut dan tidak di plating cantik karena saya lagi malas plating, foto langsung fresh from the wajan saja, haha.

 Pletus kentang itu berupa kentang kecil-kecil (paling sebesar buah duku) yang dimasak dengan kulitnya. Kenapa namanya pletus kentang? Kalau kata si Ayah karena kentang kecil itu dimasak dengan kulitnya, jadi ada sensasi saat makan kentangnya, ketika kentang digigit terasa mletus gitu dech kentangnya. hahaha.

 Kebetulan dirumah masih ada stok kentang kecil dan bahan sambel, trus ada santan bubuk sample hadiah dari Hometesterclub. Ya udah dech saya mutusin masak Pletus Kentang Sambal Santan aza buat makan siang si Ayah. Walaupun pas masak saya harus menahan air mata & terus-terusan bersin saking pedes banget aroma sambalnya, hahaha.

Penasaran sama rasa dan sensasi makan Pletus Kentang?
Yuk coba masak dirumah, cara bikinnya gampang banget kok, intip resepnya disini..

**RESEP PLETUS KENTANG SAMBAL SANTAN**

Pletus kentang
Kentang kecil2 bisa dibeli di pasar atau di supermarket terdekat. Saya lebih suka beli di supermarket karena kentangnya sudah bersih.

‪‎Bahan bahan‬ Pletus Kentang Sambal Santan:
1. 500 gram Kentang kecil-kecil
Cara memasak pletus kentang: jangan dikupas kulitnya, cukup cuci hingga bersih, rebus kedalam air yang telah diberi sedikit garam hingga jika kentang ditusuk empuk, angkat, tiriskan. Goreng kentang sebentar hingga kulitnya agak keriput, angkat, sisihkan.
3. Sambal Pedas:
- 500 gram cabe (campuran cabe rawit hijau & cabe merah)
( #WARNING YANG GAK KUAT PEDES, DIKURANGIN AZA JUMLAH CABENYA )
- 8 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 3 buah tomat ukuran sedang
- 1/2 sdt merica
- 1/2 sdt garam
Cara membuat sambal: blender semua bahan jadi satu
3. 100 ml santan kental (saya pakai 1 sachet santan bubuk Sasa ditambah 100 ml air hangat)
4. Minyak goreng untuk menumis.

Cara Memasak‬ Pletus Kentang Sambal Santan:
1. Panaskan 100 minyak goreng, masukkan sambal, tumis hingga airnya sedikit berkurang.
2. Masukkan santan, aduk-aduk hingga rata dan sedikit mengental.
3. Masukkan pletus kentang, aduk rata, masak dengan api sedang sampai keluar minyaknya lalu kecilkan apinya, tambahkan lagi garam secukupnya sesuai selera yach (takutnya selera asin kita berbeda..xixixi tongue emoticon Saya gak suka pakai vetsin atau penyedap msg) aduk perlahan-lahan hingga matang. Angkat, hidangkan dengan nasi panas.

#Notes
- kalau suka, ketika memasukkan santan bisa menambahkan daun salam & lengkuas agar lebih sedap. Sayangnya pas masak kemarin gak ada bahannya, jadi gak pake dech,,hehehe.- Ini sambal pedasnya banget looh, kalau gak kuat pedes, kurangin aza jumlah cabenya jadi 1/2 nya, kalo mules jangan salahin saya yach, hahaha.


(^_^) HAPPY MLETUS, EH HAPPY COOKING!!
Suka dengan resep ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE. Terima Kasih..!!

3 comments:

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne