.

Resep Roti Mini Abon Pedas ala BreadTalk


Kita sekeluarga paling suka duduk santai, ngobrol sambil ngopi atau minum ocha. Biasanya kalau sedang ngumpul begini harus ada sesuatu yang bisa dikunyah-kunyah, alias cemilan. Karena kalau ngobrol gak sambil ngemil itu sepi rasanya. Hehehe.

Kebetulan kita sukanya cemilan yang 'berat', yang bikin kenyang gitu. Karena anak-anak bosen sama pizza, saya pun memutuskan untuk bikin roti abon ala-ala BreadTalk. Tapi saya bikin versi pedas dan mungilnya, alias Roti Mini Abon Pedas! 



Roti Mini Abon Pedas ala BreadTalk
Roti abon versi mini, makan satu dijamin kurang kenyang! Hahaha.

 Roti Mini Abon Pedas ini jadi favorit baru di rumah, rasanya dijamin gak kalah dech sama buatan bakery yang itu. Hehehe. Yuk ikutan bikin roti dirumah, bikinnya mudah kok, yang pasti jauh lebih hemat daripada beli roti di bakery. Lihat resepnya disini yach... Roti Mini Abon Pedas ala Bunda..!

**ROTI MINI ABON PEDAS ALA BUNDA**

Bahan-bahan Roti Mini Abon Pedas ala Bunda: 
- 500 gram Tepung terigu (saya pakai Bogasari cakra kembar
- 100 gram Gula pasir 
- 5 gram Bread improver (saya pakai bakerine plus) 
- 10 gram Ragi instan (saya pakai merk fermipan)
- 25 gram Susu full cream bubuk (saya pakai dancow)
- 1 sdm peres Garam 
- 100 ml Susu cair segar plain (susu UHT) 
- 50 gram Kuning telur (3 butir telur uk kecil) 
- 180 ml Air es (ini takarannya kurang lebih, karena biasanya tidak akan terpakai semua) 
- 50 gram Margarin (saya pakai Blueband)
- 50 gram unsalted Butter  (saya pakai Orchid)

Bahan-bahan isi & toping Roti Mini Abon Pedas ala Bunda: 
bahan isi:
- 200 gram mayonnaise 
- 50 ml susu kental manis 
(mayonnaise dicampur dengan susu kental manis)
Toping:
- Saus Sambal secukupnya
- Abon sapi secukupnya 

Cara Membuat Roti Mini Abon Pedas ala Bunda: 
1. Campur adonan kering (terigu, gula pasir, bread improver, ragi instant, susu bubuk) hingga rata ke dalam wadah besar.
2. Tambahkan susu cair, kuning telur, air es (tuang air es sedikit demi sedikit, jangan langsung dituang sekaligus) sambil di uleni adonannya hingga 1/2 kalis. 
3. Masukkan mentega, butter, dan garam, uleni lagi sampai menjadi adonan yang benar-benar kalis. (kalis itu adonan sudah tercampur dengan benar, jika diambil sedikit atau ditarik dan dibentangkan maka adonan akan seperti karet yang melar, tidak putus) 
4. Tutup adonan dengan menggunakan kain bersih, Istirahatkan adonan selama 20 menit agar mengembang.
5. Kempiskan adonan yang sudah mengembang, bagi adonan dengan berat sesuai selera (tergantung besar kecilnya ukuran roti yang ingin Anda buat), diamkan lagi adonan tersebut sampai mengembang (sekitar 30 menit sampai 45 menit).
6. Bentuk adonan yang sudah mengembang sesuai selera, kalau untuk roti ini saya bentuk menjadi oval. Susun di atas loyang untuk memanggang, beri sedikit jarak di antara roti (jangan saling menempel). Diamkan sekitar 15-20 menit, oles bagian atasnya dengan kocokan kuning telur. 
7. Panggang di dalam oven bersuhu kurang lebih 170 derajat celcius sampai matang. (kira-kira 15 menit). Saya disini menggunakan oven listrik, waktu memanggang pun kurang lebih sama seperti menggunakan oven gas, timernya dipasang sekitar 15 menit. 
8. Setelah roti matang, biarkan agak mendingin, iris roti di bagian tengah tapi jangan sampai putus yach. lalu isi bagian tengah roti dengan campuran mayonnaise dan susu kental manis. Kemudian olesi pemukaan roti dengan saus sambal, lalu taburi dengan abon sapi. Selesai..!

Resep ini ini bisa jadi 30 buah Roti Abon Pedas ukuran mini, kadang jadi lebih banyak kalau bikinnya kecil-keciiil banget. Hehehe. Hasilnya lumayan banyak kan, cukup buat ngemil sekeluarga, bagi-bagi tetangga, sampai buat sarapan keesokan harinya dan bekal anak-anak ke sekolah. Hehehe


Roti Mini Abon Pedas ala BreadTalk
Roti abon yang ini kreasinya Kaka Viqie, Chef  kecil Bunda yang selalu rajin bantuin Bunda di dapur, mulai dari disuruh-suruh sampe ngulenin adonan. xixixi.


#NOTES#
- Boleh banget kok pakai mixer untuk mencampur adonan roti. Tapiiiii saya ini termasuk doyan ngulenin adonan roti, jadi saya lebih senang mengulenin sendiri dengan tangan agar hasilnya lebih kalis dan sekalian olahraga. Hehehe. 
- Merk yang saya pakai ini hanya sebagai referensi aza yach, kalian gak perlu menggunakan Bahan-bahan sama persis merknya kok. Boleh-boleh aza menggunakan merk lain yang biasa kamu gunakan dirumah.
- Mau bikin roti abon versi ukuran asli atau ukuran besarnya? bisa banget kok, tinggal dikalikan 2 aza semua bahan-bahannya (biar jadi banyak rotinya)

- Semua bahan-bahan roti ini bisa dibeli di supermarket atau Toko Bahan Kue terdekat di kota anda yach! Atau kalau gak mau ribet bisa belanja online ke blibli aza.
(^_^) HAPPY BAKING!
Suka dengan resep ini? Jangan klik LIKE & SHARE yach! Terima Kasih..!!

2 comments:

  1. andaikan tangan ini bisa masuk ke blog mbak, aku minta satu ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana kalau tangannya masuk ke dapur aza, biar bisa langsung dicomot & bikin kenyang gitu. Hehehehe

      Delete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne