.

Bebas Keluar Masuk Jepang Dengan Visa Waiver!


 Visa waiver mendadak jadi sesuatu yang di idam-idamkan banyak orang, apalagi orang yang memang sudah lama ngidam pengen ke Jepang. Karena dengan pemilik visa waiver bisa bebas keluar masuk Jepang selama maksimal 15 hari, sepanjang masa aktif visa waiver. Berapa lama masa aktif visa waiver? 3 tahun! tigaaa tahuuun! Asyik banget kaaan???



Visa Waiver Bebas Visa Jepang

 Mau makan ramen, tinggal pergi ke Jepang. Mau piknik dibawah pohon sakura, tinggal pergi ke Jepang. Mau beli perlengkapan cosplay, tinggal pergi ke Jepang. Mau cari jodoh se-kawaii anggota AKB48 atau sekeren kenji samuraiX, tinggal pergi ke Jepang. Mau bolak-balik setiap bulan ke Jepang juga bisa! Tinggal pikirin aza gimana cara nyari duit berkarung-karung buat beli tiket pesawatnya, hehehehe.

Tapi bila sudah mempunyai e-paspor tak ada salahnya kan sambil menunggu punya duit sekarung, kita bisa mendaftarkan diri kita terlebih dahulu ke Japan embassy agar mendapatkan visa waiver. Tenang aza, kalau ini gak perlu duit sekarung alias gratis-tis-tisss!



Visa Waiver Bebas Visa Jepang
Make a wish.....Someday your dream to visit Japan will comes true!


 Pasti kalian semua sudah tau kaaan, untuk mengajukan visa ke Jepang ada beberapa syarat yang harus kita penuhi. Dan syaratnya itu lumayan banyak, mulai dari dokumen diri, booking tiket pesawat & hotel, rekening tabungan, jadwal perjalanan selama di Jepang, mengisi formulir khusus, wawancara, dll. Bahkan persyaratannya bisa jadi lebih banyak lagi kalau ternyata ada dokumen kita yang menurut petugas kedutaan kurang meyakinkan.

 Ribet??? Yaaaa tergantung orangnya juga sech. Bila sudah pernah ke Jepang maka pengajuan visa berikutnya pun akan lebih mudah lagi. Saya juga tidak mengalami kesulitan saat mengajukan visa karena orangtua tinggal di Jepang, saya tinggal mengajukan visa kunjungan keluarga, tak pakai banyak syarat, tak pakai wawancara lagi, 2-3 hari visa saya beres. Tapiiiii itu semua tidak berlaku untuk suami saya, sudah 2x pengajuan visa suami ditolak, entah karena alasan apa, padahal semua dokumen komplit dan jumlah nominal tabungan pun jauh di atas jumlah minimal tabungan yang sering digosipkan (hehe, pasti tau kaan berapa??). Kemungkinan besar, kedutaan mencurigai kalau suami hanya sekedar kawin kontrak dengan saya. OMG, belasan tahun menikah dengan 2 anak disangka kawin kontrak? hahaha. Mama dan Papa cuma bisa geleng-geleng kepala, karena ada banyak sekali kasus imigran ilegal masuk Jepang dengan cara kawin kontrak ini.

 Sudah sejak beberapa tahun lalu berita tentang visa waiver sudah berhembus di media Jepang, dan ketika akhirnya pada akhir tahun 2014 kemarin, visa wiver mulai resmi berlaku untuk penduduk Indonesia pemegang e-paspor. Saya langsung buru-buru mendaftarkan suami dan anak-anak, agar kami bisa pulang kampung ke Jepang bersama-sama!

 Berbekal e-paspor, hanya dalam hitungan hari akhirnyaaaaaaaaaaaa....si Ayah dan anak-anak bisa bebas keluar masuk Jepang selama 3 tahun kedepan! Berkat visa waiver!



"Apa bedanya visa Jepang biasa dengan visa waiver Jepang???"


Bentuk fisik visa biasa dan visa waiver jauh berbeda. Lihat baik-baik foto dibawah ini;
Kiri, Penampakan hantu, hehehe :-p Ini adalah visa Japan saya untuk kunjungan keluarga dengan masa berlaku 90 hari / 3 bulan. Sticker visa ini besarnya 1 halaman paspor, dilapisi dengan hologram, di isi dengan keterangan jenis visa dan masa berlaku visa, komplit dengan foto si pemegang visa.
Kanan, visa waiver punya suami saya. Sticker visa waiver lebih kecil, lebih simple, gak pakai foto, cuma berupa tulisan keterangan saja dengan latar belakang gambar gunung fuji dan ada stempel bertinta merah. Masa berlaku visa waiver 3 tahun/sampai masa berlaku paspor habis (mana yg lebih cepat).

Perbedaan bentuk sticker visa biasa dengan visa waiver..
Visa Waiver Bebas Visa Jepang

"Bagaimana cara mendapatkan visa waiver???"
Pertama-tama kalian harus sudah punya e-paspor terlebih dahulu, cara bikin e-paspor ada di postingan sebelum ini yach. Setelah itu kalian bisa langsung menuju Japan embassy. Oh ya, harap dicatat yach, biaya pembuatan visa waiver itu FREE atau GRATIISSSS....!




Visa Waiver Bebas Visa Jepang
Japan embassy Sumber foto
  1. Address: Jl. M.H. Thamrin No. 24, Jakarta pusat.
    Phone:021-31924308

1. Siapkan dokumen yang diperlukan; e-paspor dan registration form. Lebih baik formulirnya di isi terlebih dahulu dirumah, disarankan menggunakan pulpen tinta hitam. 
Formulirnya pendaftaran visa waiver bisa di download DISINI
2.  Datang ke Japan embassy (alamat lihat dicaption foto), usahakan datang pagi hari bila tak ingin mengantri lama. Waktu pengajuan visa waiver mulai dari jam 8.30 pagi sampai dengan jam 12 siang.
3. Pintu masuk depan Japan embassy dijaga oleh pintu besi, kita harus mengantri yang tertib, masuk pun bergantian, tidak boleh rombongan, jadi kita cukup bawa 1 pendamping saja yach, gak usah bawa keluarga besar buat mengantar. Saat masuk ke dalam embassy kita dan pendamping yang ingin masuk harus menyerahkan kartu identitas kita (ktp atau sim) kepada petugas yang berjaga di pos security. Lalu kita akan melewati proses scan pemeriksaan selayaknya mau masuk kedalam bandara.
4. Langsung masuk ke area pendaftaran visa, jangan lupa untuk mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Mesin nomor antrian ada di depan tempat duduk, tepatnya disebelah jajaran loket. Ambillah nomor antrian di mesin antri A (ada disebelah kanan). Setelah itu duduk manis menunggu nomor antrian kamu dipanggil.
5. Ketika nomor kamu dipanggil, pergilah menuju loket tersebut. Serahkan e-paspor asli dan registration from yang telah di isi sebelumnya. Sebenarnya booking tiket & hotel tidak diwajibkan, tapi untuk berjaga-jaga boleh saja dibawa. Tapiiii, pas kemarin saya ngajuin visa waiver gak ditanya ach, prosesnya cepat sekali, 5 menit beres! Padahal saya masih mau berlama-lama disana, adem sech, hahaha.
6.  Nanti kita akan dikasih bukti penyerahan paspor. Visa waiver akan selesai dalam waktu 2 hari kerja. 
7. Ambil paspor. HARAP DI INGAT. Waktu pengambilan paspor dimulai pada siang hari, jam 1 siang atau sesudah jam istrihat. Tempat pengambilan sama, cara masuk ke Japan embassy pun sama yach seperti saat kita pertama datang. 


FORMULIR PENDAFTARAN VISA WAIVER
CONTOH FORMULIR PENDAFTARAN VISA WAIVER
Anak usia dibawah 17 tahun atau anak yang belum bisa menulis, formulirnya di isi oleh orang tua saja. Bila anak belum bisa tanda tangan, kolom tanda tangannya juga bisa di tanda tangani oleh orang tua (TTD dan tulis nama orang tua).


Urus Visa Waiver untuk keluarga, perlukah ikut semua ke embassy?

 Gak perlu mengajak seluruh keluarga untuk ikut, kita bisa kok mewakilkan anggota keluarga yang lain. Misalnya mau bikin visa waiver untuk sekeluarga, yang pergi ke embassy cukup 1 orang saja sebagai perwakilan. Yang terpenting formulir pengajuan visa waiver telah di isi dengan benar dan di tanda tangani oleh si pemohon visa waiver yang datanya tertera di formulir tersebut (formulir untuk anak di isi oleh orangtua) Plus jangan lupa e-paspor aslinya dibawa yach, itu yang paling penting. Hehehe. 

Gak punya waktu untuk mengurus sendiri? Tinggal diluar kota?


 Bila tak bisa datang langsung ke embassy Japan, kita bisa kok menggunakan jasa travel agent. But it's not free yaaach! Besaran biayanya tergantung dari kebijakan travel agent yang kita pakai. Untuk yang lokasinya diluar Jakarta, menggunakan travel agent ini biayanya akan lebih murah ketimbang bolak-balik ke Jakarta. Kita tinggal mengirimkan e-paspor kita kepada pihak travel agent, formulir bisa kita isi lalu kirim file scannya ke pihak agent. Setelah itu mereka yang akan mengurusnya, setelah e-paspor kita sudah tertempel sticker visa waiver pihak travel agent akan mengirimkan e-paspornya kepada kita lagi via paket (saya sarankan gunakan jasa paket kilat berasuransi) Jauh lebih mudah kaaaan??  Yaaaa jadi kita anggap aza biaya yang kita bayar ke travel agent itu pengganti uang ongkos jalan mereka, plus uang buat beli air minum, hehehe.


**WARNING**

-Tidak semua permohonan visa waiver diterima (apalagi bila kamu pernah terlibat kasus kejahatan, dicekal, atau dideportasi sebelumnya) Bila permohonan visa waiver kamu ditolak, maka kamu harus mengajukan visa biasa.
-Punya visa waiver buka berarti kamu bisa bebas selamanya di Jepang. Masa tinggal di Jepang dalam setiap kunjungan maksimal 15 hari. Saya sarankan bila kamu ke Jepang menggunakan visa waiver, jangan sampai melebihi batas waktu yang ditentukan atau pihak imigrasi akan menangkap dan mendeportasi kamu. Aturlah jadwal kunjungan paling lama 14 hari atau 2 minggu saja, dengan asumsi 1 harinya untuk jaga-jaga kalau ada delay pesawat. 
-JANGAN MENYALAHGUNAKAN VISA WAIVER. Oh please, jangan menyalahgunakan kebaikan yang sudah dikasih pemerintah Jepang. Visa waiver untuk untuk visa turis, visa jalan-jalan, BUKAN VISA KERJA. Bila ingin tinggal lebih lama di Jepang, atau ingin berkerja di Jepang, silahkan mengajukan visa biasa yang mempunyai masa kunjungan 30 hari atau visa yang memang untuk visa bekerja. 
-JANGAN LANGSUNG PERGI KE JEPANG MENGGUNAKAN E-PASPOR TAPI BELUM PUNYA VISA WAIVER! Punya e-paspor bukan berarti bisa langsung bebas ke Jepang looh yach! Kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke embassy Jepang, lalu mendapat sticker visa waiver, barulah kita bisa bebas keluar-masuk Jepang dengan syarat seperti yang saya tulis diatas. Langsung pergi ke Jepang menggunakan e-paspor tanpa punya sticker visa waiver, itu sama saja menyerahkan diri ke pihak imigrasi Jepang, lalu minta dideportasi lagi ke Indonesia, ke Jepang cuma sampai bandaranya saja, hehehe. Ini sangat beresiko, karena kamu juga bisa di penjara karena melanggar hukum imigrasi.


Visa waiver sudah ditangan? Tunggu apa lagi! Ayo Jalan-jalan ke Jepang!!
Segera bongkar celengan untuk membeli tiket pesawat! Eh, tapi sekarang dollar lagi tinggi jadi harga tiket pesawat international naik, jadi kamu harus bongkar lebih banyak celengan dan merogoh kocek lebih dalam lagi untuk biaya tiket plus biaya hotel dan lain-lainnya. Tapiiii bila semua diperhitungkan dengan cermat, jalan-jalan ke Jepang gak akan sampai bikin bangkrut dech! Next time saya akan bikin artikel tentang hotel murah, makanan murah, wisata murah dan semua yang serba murah-murah di Jepang! 



Traveling ke Jepang

Selamat jalan-jalan ke Jepang yach! 
Kalau butuh guide, boleh kok ajak saya, tapi bayarin tiketnya yaaaach! Hahahaha :-p

Bingung nyari tiket pesawat murah?
Baca dulu postingan tentang 5 situs pencari tiket murah 

(^_^) KEEP CALM & URUS VISA WAIVER
Suka dengan postingan ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE yach! Terima Kasih!!

74 comments:

  1. hua............................ bikin ngiler..... harus bikin e-pasport dulunih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo pak huddy segera bikin e-paspor, siapa tau nanti dapat rezeki jalan2 ke Jepang, hehe.

      Delete
  2. Duh saya kepengen dapat visa jepang tapi paspornya masih yang biasa belum punya epasport

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin e-paspor dulu agar bisa daftar visa waiver :-)

      Delete
    2. Maaf mau nanya, aku udah bikin e-paspor, biar dpt visa waiver nya harus ada minimal tabungan gak ya ? Makasih :d

      Delete
    3. Halo Sis Sari Rivai, untuk bikin visa waiver gak perlu nunjukin buku tabungan kok, cukup isi formulir yang sudah disediakan saja

      Delete
  3. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete
  4. Apakah masuk ke jepang menggunakan visa waiver harus memiliki tiket pesawat pergi pulang terlebih dahulu?mhn infonya,trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya saat mau mengajukan visa waiver? kalau saat mendaftar visa waiver ke embassy jepang tidak perlu memiliki tiket terlebih dahulu ya....tapi kalau saat pergi ke jepang tentu saja kita perlu tiket pesawat :-) hehehe

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Mba tau ga travel agent yang recommended (dan kalo bisa murah hahaha) buat bikin e-paspor + visa waiver? Jadi sekalian gitu abis bikin e-paspor langsung visa waiver. Domosili saya di Palembang soalnya mba.

    makasih ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah membandingkan harga & tentu saja melihat travel agen itu trusted atau tidak, saya pakai nata tour, dan saya cuma perlu datang sekali pas foto paspor saja, selanjutnya visa waiver di urus oleh mereka & setelah selesai dikirim via kurir JNE. Untuk detailnya silahkan ditanyakan langsung ke nata tour nya yach, atau bisa coba bandingkan harga dulu dengan travel agen lain, hehehe.

      Delete
    2. Dear Mr Anoymous

      Perkanalkan nama saya hasan, jika butuh bikin baru / perpanjang E-Paspor saya bisa bantu urus di kantor imigrasi dan sekalian di buatkan Visa Waiver, pembayaran bisa belakangan / setelah semua selesai.

      Hubungi saya
      Kristal Tour
      Jl. Bungur Besar Raya No.38A
      Telp : 021-4259966
      Hp 081385786196

      Delete
    3. Berlaku nya visa utk berapa lama ya kita bs stay dsna

      Delete
  7. Mba mau tanya apakah visa waiver/ free visa ke jepang bisa transit ke korea? Ingin sekali mengunjungi 2 negara itu.. terima kasih.. 😀😀😀

    ReplyDelete
  8. visa jepang yang biasa apa ada yg jenisnya multiple entry ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada visa biasa yang multiple entry, biasa berlaku 3 / 5 thn. Kalau ingin mengajukan bisa langsung ditangakan ke embassy jepang

      Delete
  9. selamat pagi mau tanya jika kita sudah punya visa waiver kan masa tinggal 15 hari, berarti sebelum 15 hari kita wajib pulang lg ke indonesia, jika mau ke jepang lg itu Visa waiver ttp bisa di gunakan dng masa tinggal kembali lg 15 hari,jadi maksut saya dng mempunyai Visa waiver kita bisa bolak balik ke jepang dng masa tinggal 15 hari dng masa aktif Visa waiver 3 tahun dan syarat sebelum masa berakir tinggal 15 hari wajib pulang ke indonesia dan bisa berangkat lg ke jepang.

    brrti kita tidak bs mengurus lebih 15 hari tinggal pada saat di jepangnya ya?

    andai mau bekerja di sana berarti Visa waiver tidak bisa di gunakan dan wajib urus lg di indonesia visa kusus kerja atau bisa dari Visa waiver mengganti visa buat kerja pas di jepangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wisa waiver tidak bisa dipakai untuk bekerja yach..saat ini banyak sekali yang menyalahgunakan visa waiver, sehingga banyak sweeping di jepang, untuk mengecek pekerja menggunakan visa waiver atau visa kerja. Saat saya pulang ke jepang kemarin saja, ada beberapa warga indonesia yang kena cekal & deportasi paksa karena ketahuan memakai visa waiver tapi niatnya mau bekerja di Jepang. Itu amat sangat disayangkan sekali. Kalau memang mau bekerja bisa langsung mengurus visa bekerja dari Indonesia. Sepengetahuan saya status visa waiver tidak bisa diganti dengan visa bekerja walaupun di urusnya di jepang, karena visa waiver itu peruntukannya untuk wisata.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Halo Sis Ehara! Saya butuh penjelasan nih soal Maximum tinggal di jepang, saya berniat akan tinggal disana selama 30 hari, apakah visa wisata reguler mengijinkan untuk wisata selama 30 hari? (bukan waiver). Soalnya kalo saya baca-baca di blog lain selalu orang tinggal selama 15 hari maksimum, jadi saya mulai mengira kalo batesannya tuh 15 hari.

    mohon penerangan petromaxnya sis Ehara.
    Thank you!

    ReplyDelete
    Replies
    1. maximum tinggal dijepang bisa 90 hari, kalau kamu ngikutin postingan saya, thn 2014 saya pernah stay dijepang selama 3 bulan, pas 90 hari sesuai visa. Sebenarnya kenapa rata2 visa biasa masa berlakunya cuma 15 hari karena kebanyakan orang ngetrip cm 2 mingguan kan...kalau mau liburan lebih lama, bisa kok dapat visa turis yg 30 hari...pihak imigrasi itu menyesuaikan dengan itinerary yang kamu ajukan. Nah, jadi kalau berencana tinggal dijepang selama 30 hari kurang, bisa ambil visa yg 30 hari..tapi dihitung dengan benar ya, jangan pas banget 30 hari, masukin perkiraan jaga2 kalau kena delay pesawat (kamu gak mau dideportasi karena overstay kaan) jadi masa stay dijepang disarankan hanya 28 hari aza. kalau kamu kesana sebagai turis (tidak ada kerabat di jepang) pastikan data dokumen pendukungnya kuat..dalam rangka apa? mau mengunjungi siapa? tinggal dimana? tulis itinerary yang jelas & lengkap dengan data pendukung seperti print tiket pesawat & hotel..kalau kamu ke jepang untuk mengunjungi kerabat, surat undangan dari kerabat di jepang yang berperan penting (plus nilai surat jaminannya, hehehe) :-D

      Delete
    2. Wah Sis Ehara, terimakasih sudah reply panjang lebar menjelaskan soal visa nya. Jujur saja saya ketar ketir, sudah ngitung kerugian kalo visa ditolak. Tapi setelah penjelasan Sis Ehara, jadi bisa sedikit nafas saya :).

      Kalo bole tanya sedikit lagi, Pekerjaan saya kan Illustrator, saya bekerja sendiri tanpa kantor (Self Employed) Pas di formulir nanti bisa saya tulis saja Self Employed : Artist. gitu kan ya? soalnya ada alamat kantor segala O_O. dan kalo tidak ada kenalan disana berarti Guarantor dan Inviter di formulir bisa dikosongkan blas gitu ya?

      Makasih sekali lagi Sis :)

      Delete
    3. Aku sarankan alamat kantor bisa tulis alamat rumah kamu, kalau ditanya kamu bisa bilang kamu bekerja dari rumah jadi rumah itu merangkap kantor kamu, hehehe. Wait, kamu ke Jpn murni berangkat atas biaya sendiri? guarantor & inviter kamu kosongin aza, tapi ini berarti kamu hrs siap buku rekening. Bukan mau nakutin, tp kalau berangkat sendiri tanpa guarantor kamu harus siap punya rek tab yg banyaknya sesuai dengan biaya hidup selama kamu di jepang. Hitungannya kasar kira2nya, biaya hidup sehari di Jepang biayanya 10.000 yen di X berapa lama kamu stay. Pny CC card? tunjukin semua bukti2nya juga, untuk memperkuat status keuangan kamu. Sekali lagi itinirary harus jelas & detail karena ingin staynya lama & tanpa guarantor. Mohon maaf, tapi pasti ada kemungkinan orang embassy curiga sama kamu ingin stay disana, nah kamu harus nunjukin bukti juga kalau kamu cuma mau berkunjung kesana & pasti bakal pulang lagi ke Indo :-) That's all...semoga bisa membantu yaaa,,,gak perlu takut rugi, visa dibayarnya setelah lolos kok, hehehe.

      Delete
  12. Thanks Sis! Iya hasil jerih payah nabung akhirnya bisa juga ke Jepang. Oke berarti nanti siapkan rekening koran yang sudah dilegalisir bank deh. CC card juga ada, pokoknya ntar ajang pamer deh ahahaha, plus minus buku tabungan ketulis 70 juta, harusnya cukup ya. Yang takut rugi itu karena tiket pesawatnya sudah dibayar lunas ahaha :) Tapi Thanks ya, sudah kasi banyak penjelasan jadi lebih percaya diri deh sekarang!

    Have a nice day Sis Ehara!
    Thank you!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry baru baca komennya, gimana sudah dapat visanya? atau malah sedang asyik menelusuri jalan di Jepang & piknik dibawah bunga sakura, hehehe.

      Have a great vacation di jepang yach!

      Delete
    2. Hi aku baru baca-baca komen Sis Ehara ke orang lain, jadi malah ketakutan lagi, banyak orang ditolak, dideportasi, karena usia produktif laki2, jalan sendirian, passport saya juga kosong karena baru diperbarui untuk mengikuti prosedur visa (6 bulan masa berlaku). Sekarang saya ketar ketir lagi, biaya-biaya sudah habis 12 juta. T_T

      Delete
  13. halo, terima kasih sebelumnya atas infonya..

    saya mau tanya, sekarang saya punya paspor biasa berlaku sampai feb 2017, kalau saya mau ganti ke e-paspor bulan maret ini gak masalah kan ya?

    terus mengenai visa waiver, kira2 apa ya yang bikin permohonan ditolak? walaupun ga pernah ada riwayat kejahatan/deportasi, tapi tetep aja serem baca kalimat "Tidak semua permohonan visa waiver diterima. Bila permohonan visa waiver kamu ditolak, maka kamu harus mengajukan visa biasa."
    terus terang saya berencana ke jepang tahun ini, tapi belum jelas kapan dan berapa lamanya. maksudnya mau urus e-paspor + visa waiver dulu biar nanti kalau mau berangkat tinggal berangkat aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry ya baru kebaca komennya (>_<)
      gak masalah kok, jarak beberapa tahun baru perpanjang paspor pun gak jadi masalah, hehehe.
      untuk permohonan visa waiver ke embassy, 95% pasti dikasih itu sticker visa waiver. e-paspor baru jadi sehari pun tetap bisa dapat visa waiver kok, kalo kamu ragu, bisa pakai jasa travel agen, udah pasti dapatnya, bayarnya murah kok (karena emang pada dasarnya visa waiver itu gratis) hahaha. Ketakutan ditolak visanya itu saat akan memasuki Jepang alias pas di bandaranya. Kalau baru pertama kali ke Jepang & paspor masih kosong melompong saya sarankan jangan masuk ke Jepang sendirian, JANGAN. karena pihak imigrasi Jepang lagi gencar2nya deportasi wn Indonesia yang menyalahgunakan visa waiver. Pergi sendirian, usia produktif, cowok pula, pasti akan lebih dicurigai 'mau masuk jepang tapi gak mau pulang lagi ke Indo' hehehehe.

      Delete
    2. wah terima kasih penjelasannya. kebetulan saya sudah urus e-paspornya dan jadinya masih sekitar tgl 23. rencananya sih abis ambil paspor di imigrasi jaksel, saya mau langsung ke kedutaan jepang untuk apply visa waiver

      waduh, saya memenuhi syarat2 itu tuh. paspor kosong (paspornya baru kan), usia produktif, cowok, sendirian lagi. soalnya saya rencananya kesana mau ngunjungin temen yang lagi kuliah disana. kalo memang mereka curiga, kira2 kalo saya tunjukin tiket pulangnya bisa membantu gak ya? atau apa perlu bawa paspor lama yang udah ada cap2 dari beberapa negara juga buat meyakinkan? jadi serem juga nih :(

      Delete
  14. Saya pernah di depor imingrasi jepang cuma sampai bandara..orang indo yg msuk ke jepang sekarang susah..pdahal sya punya e paspor n visa maiver.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo pak Rohady, punya visa waiver gak menjamin bisa masuk jepang, karena masih ada petugas imigrasi di setiap bandara Jepang yang menentukan. Kalau misalnya anda bingung "kan udah bebas masuk kok masih dideportasi?" Naaah, karena punya visa waiver bebas masuk Jepang itulah banyak warga negara Indonesia yang menyalahgunakan kebebasan tersebut untuk masuk ke Jepang dengan visa waiver, melebihi masa tinggal & menjadi pekerja ilegal. Oleh karena itu sekarang ini petugas imigrasi Jepang lebih selektif dalam mengizinkan siapa-siapa yang boleh masuk ke Jepang, baik itu visa waiver atau visa biasa sekalipun. Lebih amannya masuk ke Jepang secara rombongan dengan keluarga, jangan seorang diri/backpacker karena lelaki usia produktif pergi ke Jepang sendirian lebih dicurigai akan menjadi pekerja ilegal.

      Delete
    2. Bu Ehara, gmn caranya kita meyakinkan pihak imigrasi jepang seandainya kita dicurigai imigrasi sana. saya memenuhi syarat2 itu. e-paspor kosong (paspornya baru kan)passpor lama ditahan pihak imigrasi tapi sudah ada visa waiver di e-passpor , usia produktif, cowok, tapi saya berangkat bareng temen saya berdua. soalnya saya rencananya kesana liburan aja bu. kalo memang mereka curiga, kira2 kalo saya menunjukkan kartu identitas pegawai pemerintahan Indonesia, itenary perjalanan liburan saya, voucher menginap hotel selama saya di jepang dan tiket USO, disneysea dll sama tiket pesawat pulangnya bisa membantu gak ya, bu?
      Saya berangkat bulan April ini bu.

      Terima kasih

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Bu Ehara, gmn caranya kita meyakinkan pihak imigrasi jepang seandainya kita dicurigai imigrasi sana. saya memenuhi syarat2 itu. e-paspor kosong (paspornya baru kan) passpor lama yang sudah ada stempel dr negara lain ditahan pihak imigrasi tapi di e-passpor baru saya yg masih kosong sudah ada visa waivernya ,

    Usia saya masih produktif, cowok, tapi saya berangkat ke sana bareng temen saya berdua. soalnya saya rencananya kesana liburan aja bu selama 8 hari 6 malam. kalo memang mereka curiga, kira2 kalo saya menunjukkan kartu identitas pegawai aktif di pemerintahan Indonesia/PNS saya, itenary perjalanan liburan saya, voucher menginap hotel selama saya di jepang dan tiket USO, disneysea dll sama tiket pesawat pulangnya bisa membantu gak ya, bu? Saya jadi agak was2 setelah baca ini. Yang katanya punya visa waiver bisa dideportasi.

    Saya berangkat bulan April ini bu.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab ya. saran saya tunjukan bukti booking pesawat pulang pergi saat diminta oleh imigrasi jepang ya. terus jangan kelihatan kampungan penampilannya apalagi baju gak rapi. imigrasi jepang hafal sekali mana orang indonesia bermental pembantu sama yang tidak. harus ramah, sopan dan murah senyum ke petugas imigrasinya sekalipun petugas imigrasi kadang jutek gak usah dimasukan hati.

      Delete
    2. sorry for the late reply, saran bro onjie di atas sudah bener. Japanese people bener2 memperhatikan detail penampilan! Jadi pastikan kamu bergaya se fashionable mungkin yaa, hehehe. Bukan bermaksud kasar, tapi biasanya yg berniat mencari kerja penampilannya (maaf) agak lusuh dan terkesan seadanya. Tap[i juga terkadang terlewat rapih seperti pakai kemeja & jas kantoran, pastinya petugas imigrasi akan curiga kaaaan...masa jalan-jalan pakai jas kerja, hehehe. Selain itu bawa kartu dinas atau surat keterangan kamu bekerja dengan kop dinas bisa menjadi back up data jikalau kamu nanti disana kena 'random check' petugas imigrasi

      Delete
  17. paspor saya masih 3 tahun lagi masih lama 2 tahun yang lalau baru di perpanjang... tepi pengen jadi e-pasor

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok langsung bikin e-paspor, tinggal minta ganti aza ke e-paspor ke imigrasi yang sudah saya tulis di atas.

      Delete
  18. Selamat Siang :D
    saya mau tanya, untuk pembuatan Visa Waiver nya minimal H-berapa ya sebelum keberangkatan? :D
    H-7 Sebelum berangkat bisa gak?
    oh iya, sebelum mengurus visa waiver apakah kita harus booking/beli tiket pesawat terlebih dahulu seperti mengurus Visa biasa?
    mohon dijawab ya :D Arigatou :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaik-baiknya mengurusnya visa minimal 10 hari sebelum keberangkatan, untuk jaga-jaga kemungkinan ada kendala dalam proses pembuatan visa waiver. Mengajukan visa waiver cuma butuh e-paspor asli & mengisi form saja, tidak perlu beli tiket dulu kok :-)

      Delete
    2. Hontou ni arigatou, Terima kasih banyak bu Ehara :D

      Delete
    3. oh iya, boleh minta saran bu?
      gini, saya ada rencana untuk berangkat ke jepang tgal 30 Juni dan akan pulang pada tanggal 6 Juli. Saya belum beli tiket Pesawat ataupun booking hotel, dan paspor saya masih paspor biasa dan akan saya ganti menjadi e-paspor pada tgal 20 Juni (tanggal itu saya pilih karena libur kantor :p) naah. Menurut ibu Ehara, lebih baik saya membeli tiket sebelum membuat e-paspor yang kemudian berlanjut untuk mengurus Visa Waiver atau membeli tiket setelah E-paspor jadi? (Sebelum berlanjut mengurus visa waiver)

      Butuh sarannya ya. Thank You :D

      Delete
    4. wait....
      Rencana ke Jepang tgl 30 Juni (tahun ini kan?) Baru mau urus e-paspor tgl 20 juni??? gak salah hitung??
      Saya menyarankan menyajukan visa waiver setidaknya 10 hari sebelum keberangkatan, bukan berarti bikin e-paspornya juga 10 hari sebelum berangkat, hehehe.
      Terlalu berisiko tinggi, amat sangat tidak disarankan. Karena saat ini peminat e-paspor sangat tinggi, jadi ada kemungkinan pembuatan e-paspor selesai dalam waktu lama. Karena sudah ada beberapa teman saya yang pembuatan e-paspornya selesai setelah 2 minggu dikarenakan stok buku e-paspor kosong. Apalagi kamu pergi dibulan juni, golden week, pasti akan banyak sekali yang bikin e-paspor (>_<) Cari aman dengan bikin e-paspor 1 bulan sebelum rencana keberangkatan, lalu ajukan visa waiver, setelah itu baru pesen tiket. Tidak perlu pesan tiket dulu kok untuk bikin e-paspor.

      **Saya bukan mau nakutin sech, tapi ini berdasarkan pengalaman saya kemarin di embassy jepang ada ibu2 bawa koper, kata dia pesawatnya besok pagi berangkat, tapi e-paspor dia belum jadi (dia baru urus seminggu sebelumnya, via travel agent pula yg seharusnya 3 hari selesai), dan dia ke embassy untuk memohon agar dikasih visa waiver duluan, jelas saja dia ditolak mentah2....Jangan sampai kepanikan kayak gini terjadi sama kamu :-)

      Delete
    5. waah, setelah mengikuti arahan dari bu Ehara akhirnya saya membatalkan niat untuk pergi ke Jepang akhir bulan juni kemaren :D ehh ujung2nya akhir juni kemaren main ke SG hehe.
      .
      oh iya, akhirnya saya ganti ke e-paspor loh, dan masih proses 14 hari .__. *lama*.
      naah yang mau saya tanyakan nih, kalo semisal e-paspor udah jadi dan langsung cuus ke konjen Jepang Sby buat ngurus visa waiver kan gak perlu mempersiapkan bukti booking pesawat toh?.
      .
      rencana saya ke Jepang itu tgal 18 desember, naah andai kata saya batal ke Jepang pada tanggal itu, visa waiver masih bisa berlaku/bisa digunakan kapan pun kita mau ke Jepang kan?
      .
      mohon pencerahannya bu :D
      hontou ni arigatou

      Delete
  19. Malam sis. Maaf saya mau tanya. Saya sudah ada visa waiver dan saya sudah gunakan satu kali ke Jepang. Nah tanggal 17 juni ini saya berencana akan pergi kesana lagi tapi masa tinggal saya melebihi 15 hari. Kurang lebih 3 minggu sista. Tapi dalam waktu 3 minggu itu saya akan singggah ke Taiwan 4 hari. Rencananya 2 minggu pertama *kurang dari 15 hari* saya tinggal di jepang. Kemudian berangkat ke taiwan 4 hari. Kemudian kembali ke jepang beberapa hari*kurang dari 2 minggu* baru saya akan kembali ke indonesia. Apakah bisa seperti itu mbak? Mohon sarannya .terimakasi mbak @ehara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, visa waiver memang izinnya hanya max 15 hari. Jadi kalau mau tinggal lebih lama di Jepang sebelum 15 hari, harus keluar dari jepang, masuk negara lain (atau pulang ke Indonesia) baru bisa masuk lagi ke Jepang. Mau bolak-balik seperti itu terus juga bisa, tapi tentunya akan boros di ongkos, xixixixi.

      Delete
  20. Malam Mba. Mohon infonya, utk visa waiver Jepang kan berlaku 3 tahun, berarti jika sudah lewat masa 3 tahun kita hrs mengajukan lagi atau bagaimana? Thanks infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengajukan ulang lagi ke japan embassy dengan cara yang sama, dengan syarat paspor masih berlaku ya :-)

      Delete
  21. kak mau nanya, atasan saya mau ke taiwan lalu apa bener bisa saya pakai visa jepang yan g waiver dengan sertifikat ROC itu? saya ke taiwan dari singapore menggunakan scoot apa bisa hanya itu aja pas diimigran?
    soalnya saya telfon ke dutaan taiwan yang di jakarta hanya itu aja namun dia bilang untuk konfirmasi ke maskapai apa bisa hanya menggunakan itu,sedangkan saya telfon ke maskapai tiger air itu kalau maskapai tidak ada dokumen2 seperti itu hanya perlu tiket aja jadi kaya lembar lembaran ka
    ini saya kan ngurusin punya atasan saya , jd tanggung jawab saya besar sekali
    mohon bantuan ya kak
    kak tolong bantuannya ya

    ReplyDelete
  22. Kak mau nanya sy mau ke san fransisco transit di Jepang Narita,rencana mau jalan2 utk 4 malam apa bisa beli visa begitu tiba di jepang sedangkan passport sy bukan e passport,cfm tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengetahuan saya warga indonesia tidak bisa mengajukan visa on arrival ke jepang dech, apalagi untuk 4 malam, saran saya lebih baik mengajukan visa biasa. Tapi untuk lebih detailnya bisa langsung contact japan embassy 021-31924308

      Delete
  23. halo sis sy punya passport manual yg belum habis masa berlaku, trs mau pindah ke e-passport bisa gak ? trs form pengajuannya nanti dibilang apa ya , pengajuan e passport baru atau gimana atau nt pengalihan atau gimana .

    ReplyDelete
  24. Halo Sis. Saya ingin mengajukan visa waiver juga untuk istri saya. Apakah yang bersangkutan harus hadir juga di kedutaan Jepang ? Seandainya tidak bisa hadir, dokumen a[a saja yang harus dibawa ? Teddy

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak perlu ikut istrinya, dokumennya ya seperti yg saya jelaskan di atas, hanya e-paspor & formulir yg sudah di isi yaaa

      Delete
  25. halo, apabila saya sdh punya visa waiver dan tiba di bandara jepang apakah ada dokumen lain lagi di periksa selain epasport yg sdh ada visa waiver dan mengisi costums declaration. krn saya ke jepang jalan jalan dengan teman teman yg sdh mengajukan visa krn gunakan pasport biasa.mohon infonya. terimakasih. mimien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Actually, gak ada yg bakal di cek lagi sech...ya cuma nunjukin e-paspor & kertas costums aza. Tapi di Jepang ada yang namanya random check (semua bandara ada kayaknya) jadi kalau sewaktu-waktu kena random check, jangan panik. Paling cuma diminta menunjukkan data diri lain seperti ktp, cc, print booking hotel & tiket pulang misalnya...soalnya banyak yg menyalahgunakan visa waiver, jadi mereka sedikit lebih waspada terhadap pengguna visa waiver.

      Delete
  26. waah, setelah mengikuti arahan dari bu Ehara akhirnya saya membatalkan niat untuk pergi ke Jepang akhir bulan juni kemaren :D ehh ujung2nya akhir juni kemaren main ke SG hehe.
    .
    oh iya, akhirnya saya ganti ke e-paspor loh, dan masih proses 14 hari .__. *lama*.
    naah yang mau saya tanyakan nih, kalo semisal e-paspor udah jadi dan langsung cuus ke konjen Jepang Sby buat ngurus visa waiver kan gak perlu mempersiapkan bukti booking pesawat toh?.
    .
    rencana saya ke Jepang itu tgal 18 desember, naah andai kata saya batal ke Jepang pada tanggal itu, visa waiver masih bisa berlaku/bisa digunakan kapan pun kita mau ke Jepang kan?
    .
    mohon pencerahannya bu :D
    hontou ni arigatou

    ReplyDelete
    Replies
    1. visa waiver gak perlu bukti booking tiket, e-paspor baru jadi fresh from the oven juga bisa langsung mengajukan waiver kok. Syaratnya cuma yang aku tulis di atas aza, plus doa mungkin, hehehe.

      Visa waiver bisa digunakan berkali-kali, dengan masa tinggal di jepang maximal 15 hari. Masa berlaku visa waiver itu 3 tahun dari tgl dikeluarkan atau saat e-paspor habis masa berlakunya (yang paling cepat)

      Delete
    2. aku dah punya visa waiver nya.n dah punya tiket Perginya tgl 6 agustus.tiba dijepangnya itu pagi tgl 6.sy masih bingung apa boleh sy beli tiket tgl 20 ato tgl 21 ya untuk

      Delete
    3. @Muthi visa waiver itu cuma 15 hari, kalau kamu beli tiket tgl 21 itu kamu dihitungnya overstay, nanti bakal bermasalah ketika kamu akan masuk imigrasi jepang. Lebih baik beli tiket yg tgl 20, jadi pas 15 hari :-)

      Delete
  27. Ayo pada kesini... Jepang kebanjiran turis Indonesia yg gak pengin pulang lagi.hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha yg gak mau pulang lagi itu yg bikin sebel yach :-p

      Delete
  28. Hi, Mba Putri. Saya sedang riset tentang orang yg pernah pergi ke Jepang dengan visa waiver. Boleh minta kontak mba Putri dikirim ke email saya farha.301090@gmail.com ?
    thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan hubungi saya di kontak yang tertera di bio yach

      Delete
  29. Mbak Ehara mau tanya utk pastinya. Jd visa waiver itu bisa dipakai lagi untuk ke Jepang meskipun sudah pernah dipakai sebelumnya ya? Masa berlaku masih 2,5 tahun lagi. Apa saya perlu melapor remcana keberangkatan di kedutaan Jepang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, visa waiver bisa dipakai berkali-kali selama masa berlakunya masih aktif, dan setiap keberangkatan tidak lebih dari 15 hari

      Delete
  30. Mbak Ehara,
    Saya akan ke Jepang berdua anak perempuan saya. saya sendiri yang akan berangkat untuk mengurus visa waivernya. Apakah perlu surat kuasa atas nama anak saya?
    Perlu gak saya lampirkan dokumen e-ticket dan hotel bookingnya?

    Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  31. Mbak Ehara,
    Saya akan ke Jepang berdua anak perempuan saya. saya sendiri yang akan berangkat untuk mengurus visa waivernya. Apakah perlu surat kuasa atas nama anak saya?
    Perlu gak saya lampirkan dokumen e-ticket dan hotel bookingnya?

    Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  32. Mbak ehara, saya Maudy, pada bulan mei tahun depan 2017 sy sudah dibookingkan tiket pesawat pp ke Jepang untuk 1 minggu berempat dengan kakak perempuan saya dan 2 org temannya, nah saya sebelumnya belum pernah keluar negeri dn gapunya paspor lalu sy lgsg disuruh bikin e-paspor, stlh baca postingan mbak ehara apabila perlu visa waiver untuk dpt masuk kesana , pengurusan visa waiver apakah hanya bisa diurus dijakarta? sy domisili surabaya apakah tidak bisa diurus di konjen surabaya? terimakasih

    ReplyDelete
  33. Halo Mbak Ehara, ss Freddy, bulan des 2016 ini, sy dan keluarga akan brngkt ke jpang, tp baru mau urus visa waiver. Pertanyaannya sy dan istrinya sdh e-paspor tp anak sy masi paspor biasa, apa anak sy hrs urus visa biasa atau boleh ikut ortu di visa waiver? kalopun urus visa biasa , data apa yg hrs disiapin. thanks

    ReplyDelete
  34. Hallo mbak Ehara,saya mau tanya,bulan desember nanti saya mau kejepang untuk liburan saya sudah ada Visa waiver baru saja di daftarkan,tante saya tinggal di jepang ikut suaminya yang orang jepang,kira kira saya perlu bawa dokumen atau tidak ya?karena saya hanya liburan selama 13 hari disana,saya agak khawatir karena saya perempuan dan akan berangkat sendiri nanti,saya juga masih sekolah di Indo,kira kira di Imigrasi sulit tidak ya?terimakasih 😊

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne