.

Cara Mudah Bikin e-paspor [komplit dengan tipsnya!]


 Akhir-akhir ini heboh orang-orang bikin e-paspor agar bisa dapat visa gratis ke Jepang.

Saya salah satu dari yang golongan orang yang heboh itu, hehehe. Berkat e-paspor kita bisa lebih mudah mendapat visa ke Jepang tanpa ada penolakan. Bukan rahasia lagi jika orang agak males mengurus visa karena takut sakit hati bila visa ditolak, sakitnya ituuu melebihi sakit hati akibat cinta yang ditolak :-p 

cara bikin epaspor indonesia

 E-paspor jadi jalan keluarnya!
Berbahagialah karena warga negara Indonesia pemegang e-paspor akan mendapatkan sedikit keuntungan, yaitu bebas visa! Nantinya pemegang e-paspor akan bebas visa ke banyak negara, tetapi untuk saat ini yang negara yang memberikan bebas visa adalah negara impian banyak orang, negara bunga sakura, kampung halaman doraemon, rumah orangtua saya, Jepang!


 Eitss tapi tunggu dulu, bebas visa Jepang bukan berarti bisa langsung masuk Jepang begitu saja yach. Pemegang e-paspor tetap harus mendaftar ke kedubes Jepang terlebih dahulu untuk mendapatkan visa waiver. Postingan tentang waiver visa ada DISINI


Apa itu e-paspor?

e-paspor atau bahasa inggrisnya e-passport itu singkatan dari elektronik paspor alias paspor biometrik. Masa berlaku e-paspor sama seperti paspor biasa, yaitu selama 5 tahun. Persyaratan dan cara membuatnya pun hampir sama dengan paspor biasa. Bedanya e-paspor memiliki chip yang tertanam didalam untuk menyimpan data biometrik kita.


paspor biometrik epaspor indonesia
e-paspor baru berwarna biru cantik dengan logo chip didepannya.

 Paspor biometrik adalah jenis paspor yang memiliki data biometrik sebagai salah satu unsur pengaman paspor. Paspor biometrik ini telah banyak digunakan di beberapa negara sejak lama. Saya kurang tahu kapan tepatnya Indonesia mulai menggunakan sistem paspor biometrik, yang saya tahu pada awal tahun 2014 saat saya ke imigrasi sudah ada opsi pembuatan elektronik paspor. Nah, baru pada akhir tahun 2014 dan tahun 2015 ini semakin banyak warga negara Indonesia yang tahu tentang e-paspor, dan beralih ke paspor biometrik alias e-paspor ini.

 Data biometrik yang berfungsi sebagai unsur pengamanan pada paspor disimpan dalam bentuk chip yang tertanam pada paspor. Data biometrik yang digunakan dalam pembuatan e-paspor Indonesia adalah biometrik wajah pemegang paspor dan biometrik sidik jari sebagai data pendukungnya.


epaspor indonesia paspor biometrik
Halaman paling belakang e-paspor, ada keterangan cara menyimpan e-paspor agar tidak rusak. e-paspor tidak boleh ditekuk, dilipat, dilubangi, dicelupkan ke dalam air, terkena panas berlebih,  atau dibanting. Sooo...jaga e-paspor kamu baik-baik yach!

"Apa bedanya paspor biasa dengan e-paspor?"


Selain ke-istimewaan dapat free visa seperti yang saya ceritakan di atas, dari penampilan fisik luarnya juga sudah berbeda. Paspor biasa sampulnya berwarna hijau tua, lambang garudanya kecil di pojok atas. Sedangka e-paspor sampulnya berwarna biru. lambang garudanya berwarna emas, bentuknya lebih besar dan posisinya di bagian tengah, dibagian bawahnya terdapat lambang chip. Besarnya hampir sama, banyaknya halaman juga sama, akan tetapi lembaran dalam halamannya yang berbeda. Lembaran halaman e-paspor lebih cantik, lebih Indonesia!


Paspor biasa dan epaspor Indonesia
Kiri paspor biasa punya saya, kanan e-paspor baru punya Ayah.
epaspor indonesia


 Lembaran e-paspor kini semakin cantik dengan berbagai macam gambar yang menjadi ciri khas Indonesia. Ada aneka satwa khas Indonesia, tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi karena keindahannya, bahkan ada wayang! Saya sangat suka sekali dengan ide ini. Kita kan membawa paspor keliling dunia, nah lembaran-lembaran cantik ini mungkin ditujukan agar seluruh dunia bisa melihat betapa indahnya Indonesia walau hanya dari lembaran paspor! (^_^) *siapa tau setelah itu jadi berminat datang ke Indonesia* 


Lalu kalau mau bikin e-paspor, apa saja persyaratannya?
Pada dasarnya persyaratan e-paspor sama dengan paspor biasa. Silahkan simak apa saja dokumen yang harus disiapkan dibawah ini:

1. Warga Negara Indonesia (syarat terpenting).
2. KTP / Kartu tanda penduduk yang masih berlaku (Bila ingin membuat e-paspor dianjurkan sudah memiliki e-ktp terlebih dahulu).
3. KK / Kartu Keluarga.
4. Akta kelahiran atau akta perkawinan / buku nikah atau ijazah, atau surat baptis. (sebenarnya cukup pilih salah satu saja, tidak usah semuanya. Akan tetapi untuk jaga-jaga disiapkan saja semua datanya bila ada).
5. Surat Sponsor dari Perusahaan (bagi yang sudah bekerja) atau SIUP (bagi wiraswasta)
6. Paspor lama bagi yang sebelumnya pernah memiliki paspor.
7. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang pernah mengganti nama. (ini khusus bagi yang pernah berganti nama saja).

Untuk persyaratan pembuatan paspor anak ada sedikit perbedaan:
- Akta kelahiran anak
- KK / Kartu Keluarga
- KTP orang tua (Ayah dan Ibu)
- Akta pernikahan / buku nikah orangtua
- Surat pernyataan dari orangtua (inti dari isi surat pernyataan ini, menyatakan bahwa anak tersebut benar anak kita, kita selaku orangtua mengijinkan anak memiliki paspor dan kita bertanggung jawab penuh atas segala kemungkinan yang terjadi bila anak memiliki paspor. Biar lebih afdol jangan lupa TTD orangtua diatas materai)
- Paspor kedua orangtua (bila orangtua sudah memiliki paspor)

Info lebih detail tentang persyaratan pembuatan paspor dengan berbagai situasi dan kondisi bisa dilihat langsung di website imigrasi DISINI.


Semua persyaratan sudah disiapkan? 
Siapkanlah semua persyaratan ke dalam 1 map agar lebih mudah dibawa. Selain membawa dokumen yang asli, siapkan juga fotokopi dokumen tersebut. Format fotokopinya berbeda ya, fotokopi dokumen pada lembar kertas A4. Jangan dipotong!

persyaratan  e paspor
Contoh format fotokopi KTP untuk persyaratan paspor.
Semua dokumen di fotokopi dengan format sama seperti ini, posisi dokumen berada ditengah. (kecuali fotokopi akta atau ijazah yang memang besarnya seukuran A4, itu difotokopi seperti biasa saja)

*FOR YOUR INFO*
Saat ini pengajuan e-paspor tidak bisa melalui daftar online terlebih dahulu. Ini berarti kita harus DATANG LANGSUNG ke kantor imigrasi (walk-in) dengan membawa semua persyaratan. Walaupun memakai jasa agen, kamu tetap harus datang ke kantor imigrasi untuk foto paspor dan pengambilan data sidik jari, hal ini tidak bisa diwakilkan oleh siapa pun juga!


Semua sudah siap? Saatnya menuju ke kantor imigrasi!
Setelah yakin semua persyaratan sudah disiapkan, saatnya berangkat ke kantor imigrasi. 

1. Berangkatlah dari rumah pagi-pagi sekali, agar kebagian nomor antrian! 
Karena dalam sehari kantor imigrasi membatasi jumlah pemohon walk-in (dicampur looh ya antara pemohon paspor biasa dan e-paspor). Biasanya hanya 100 pemohon walk in/hari. Bila kantor imigrasi yang kamu tuju itu termasuk kantor imigrasi yang 'populer' siap-siap saja gigit jari tidak kebagian nomor antrian bila kamu datang kesiangan. Tips dari saya, berangkatlah sejak subuh, jangan lupa bawa bekal makanan agar tidak kelaparan saat mengantri, bawa buku bacaan, music player bahkan bantal leher agar bisa curi-curi waktu untuk bobo cantik juga boleh, hehehe.

Takut gak kebagian nomor antrian?? Informasi antrian nomor permohonan paspor walk in / online di semua kantor imigrasi Jakarta bisa di cek secara online looh! Cek KESINI aza!

2. Setelah mendapatkan nomor antrian kita masih harus menunggu. 
Tunggulah dengan sabar karena konter OOS (One Stop Service, sistem pengurusan paspor yang baru diterapkan Direktorat Jenderal Imigrasi) baru buka jam 8 pagi. Sembari menunggu kita bisa menyiapkan data-data dokumen ke dalam map khusus yang sudah disediakan, tenang aza map-nya gratis kok! Kita tinggal minta aza ke petugas map yang biasanya ada didekat pintu masuk. Ketika  kita dipanggil serahkan map dokumen kepada petugas yang bersangkutan, nanti dokumen kita akan di cek. Bila ada dokumen yang kurang kita akan disuruh melengkapinya. Pengecekan ini akan berlangsung cepat kok apabila semua dokumen lengkap dan asli bukan dokumen palsu. *Sambil nyanyi lagu ayu ting-ting, alamat palsu* xixixi
cara bikin e paspor
3. Dokumen sudah beres, saatnya wawancara.
Setelah dokumen kita dinyatakan "oke". Kita nanti disuruh geser sedikit menuju meja konter lain untuk wawancara dengan petugas imigrasi. Gak usah tegang, wawancaranya gak kayak wawancara kerja atau diwawancarain  calon mertua galak kok! Hehehe. Kita cuma akan ditanya hal-hal ringan seputar paspor, seperti "Baru pertama punya paspor?" "Mau pergi kemana? Ada kepentingan apa? Pergi ke luar negeri sama siapa?" Bahkan tak jarang petugas wawancara ini bertanya hal-hal yang lucu dan gak penting, pokoknya dibalik wajah yang sangar sebenarnya petugasnya ramah-ramah dech, jadi santai aza yach. Bila beruntung kamu bisa ketemu petugas yang ganteng/cantik dan kemungkinan masih single! *Halaaaaah*

4.  Selesai wawancara, waktunya di foto dan scan sidik jari.
Foto disini bukan foto selie gaya alay looh yach! Hehehe. Berpakaianlah yang rapih (kalau bisa pakaian berkerah), dandan sedikit biar muka kinclong, jangan lupa nyisir looh yach. Kamu gak mau menyesal selama 5 tahun kedepan dan malu untuk nunjukin paspor cuma gara-gara foto paspornya kucel kaaan?? Hehehe. Sebenarnya gaya rambut bebas tapi jangan sampai poni menutupi mata. Bagi yang berkacamata atau memakai softlens harus membuka kacamata dan softlensnya. Setelah selesai di foto, petugas akan men-scan satu persatu jari kita dengan alat khusus. 

Tips IbuMudaBijak:
-Rapihkan rambut terlebih dahulu,
 ini penting, seriusan! Kalau beruntung kamu dapat petugas yang mengingatkan agar 'dandan dulu' tapi kalau antrian lagi panjang dan kamu kurang beruntung.. baru juga duduk, belom sempet rapih-rapih, petugas akan langsung 'jepret' ambil foto dan selesai! Jadilah foto paspor seperti orang yang kaget dengan rambut yang 'nggak banget', hahaha.
-Jangan pakai softlens, biar gak ribet jangan pakai softlens dech pas ke imigrasi. Lebih baik pakai kacamata dulu aza yach buat yang matanya minus, daripada ribet disuruh buka softlens pas sesi foto paspor. Kalau bener-bener gak bisa lepas dari softlens, setidaknya pakailah softlens transparan alias tidak berwarna. Jangan pernah foto paspor pakai softlens warna yang beda dari warna asli mata kamu.
-Pakailah kerudung polos, bagi yang berhijab. Sebisa mungkin jangan memakai kerudung dengan motif yang ramai, gak perlu digaya-gayain juga hijabnya, kerudung simpel lebih baik, juga jangan memakai bros besar (apalagi bros blink-blink bikin silau). Karena fokus utama agar wajah kita terlihat jelas saat di foto.
-Senyum dikit boleh, senyum malu-malu kucing gitu dech. Hehehe. Tapi jangan senyum lebar atau senyum nyengir dan keliatan giginya yaaach! 

5. Saatnya bayar-bayar dan pulang kerumah.
Selesai proses wawancara dan foto, kita akan diberitahu kapan waktunya pengambilan paspor dan dikasih 'tanda terima permohonan paspor'. Setelah itu kita diminta untuk langsung menyelesaikan pembayaran ke bank terdekat. Biaya pembuatan e-paspor itu sebesar Rp 650.000 plus biasanya ada biaya bank sebesar Rp 5.000. Simpanlah baik-baik bukti pembayaran tersebut, jangan sampai hilang yach, karena pada saat mengambil paspor kita harus menunjukkan bukti pembayaran. Semua beres, saatnya pulang!

6. Kembali lagi ke kantor imigrasi di hari yang telah ditentukan.
Jadwal pengambilan paspor itu siang, tepatnya dimulai pada jam 13.00, jadi gak perlu berangkat subuh yach kali ini. Kita bisa lebih santai, berangkat setelah makan siang, atau malah menyuruh orang lain untuk ambil paspor kita. (yang penting dibawa slip bukti pembayarannya). Nanti kita disuruh mengambil nomor antrian lagi, kalau masalah ngantri lama atau sebentar itu sech gimana hoki kita aza. Hehehe. Nomor dipanggil, kita serahin bukti pembayaran, e-paspor dikasih, tanda tangan, selesai!


#UPDATE NOTES
Banyak yang merasa bingung, karena setelah ambil e-paspor tidak disuruh tanda tangan di paspor tersebut. Trus bingung melihat halaman belakang paspor yang kolom TTD-nya kosong dan bagian data diri pemegang paspor belum di isi. Gak usah khawatir, gak perlu bingung, itu bukan karena petugasnya 'kelupaan' tapi memang itu bisa kita isi sendiri kok! Kolom TTD di halaman belakang e-paspor bisa ditanda tangani oleh si pemilik paspor (ttd sama seperti ktp), lebih baik memakai pulpen tinta warna hitam. Untuk anak usia dibawah 17 tahun, dikosongkan saja, tidak perlu TTD. Sedangkan data diri pemegang paspor bisa kita biarkan kosong atau di isi menggunakan pensil 2B. Kenapa pensil? Disarankan memakai pensil saja, karena bila alamat berganti, kita bisa mengganti data dengan mudah. Gak perlu cemas, karena pada dasarnya chip yang terdapat di e-paspor sudah menyimpan data lengkap kita. Jadi form data diri di halaman belakang paspor itu cuma sebagai 'formalitas' aza. 


Selamat yaaaa, sekarang kamu sudah punya e-paspor baru! \(^_^)/ *hip-hip horeeee!!*

cara bikin epaspor indonesia
e-paspor punya Ade Virgie. Di bagian ini kertasnya dilaminating khusus, jadi kertasnya lebih tebal, licin dan ada efek hologramnya.


Harap diperhatikan dan diingat!
Proses ambil nomor antrian - serahin dokumen - wawancara - foto tidak secepat kamu baca postingan blog yang panjang ini. Cepat atau lama waktu tunggu tergantung hoki. tergantung dari jumlah pemohon paspor hari itu. Bila pemohon ada banyak alias kantor imigrasi penuh sesak, ya berarti kamu harus banyak bersabar. Kalau kesal kan bisa berjalan-jalan dahulu, jalan-jalan didalam kantor imigrasi maksudnya. Hehehe. Jangan pergi jauh-jauh, takutnya pas nomor antrian kamu dipanggil, kamunya gak mendengar, dilewat dech antriannya. Oleh karena itu, jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman yang cukup, baca-baca buku biar gak bosen, bobo cantik boleh tapi jangan ketiduran sampai pules banget, apalagi sampai ngorok! :-p

#NOTES PENTING BANGET#
Too bad kita tidak bisa membuat e-paspor di semua kantor imigrasi, karena hanya kantor imigrasi wilayah tertentu yang bisa melayani pengurusan e-paspor. Jadi kalau kamu berencana membuat e-paspor, jangan langsung pergi ke kantor imigrasi terdekat begitu saja. Mohon cek dahulu daftar kantor imigrasi yang menyediakan e-paspor dibawah ini. Pembuatan e-paspor tidak harus sesuai domisili ktp, e-paspor bisa dibuat dimana saja tapiii ya hanya di kantor-kantor imigrasi ini saja. Silahkan pilih salah satu kantor imigrasi yang paling dekat dengan lokasi kamu:

Kantor imigrasi daerah DKI Jakarta

- Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan
- Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat
- Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta
- Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat
- Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara
- Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok

Kantor imigrasi di luar daerah

- Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya
- Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam


 Bagi yang berasal dari luar daerah pasti akan lebih repot bila harus keluar kota demi mengurus e-paspor. Jalan keluarnya bisa dengan memakai jasa agen, saran saya pakailah jasa agen / travel agen yang terpercaya bukan sekedar calo biasa. Karena pengurusan paspor menggunakan banyak data penting dan biaya yang tidak sedikit, ada baiknya kita kroscek dulu jasa agen / travel agen yang akan kita pakai. Jangan sampai tertipu hanya karena iming-iming "biaya lebih murah" tapi e-paspor tak kunjung selesai.


 Bila memutuskan untuk memakai jasa profesional untuk mengurus pembuatan paspor kita, kita harus menyiapkan dana lebih! Iyap, karena biaya yang harus kita keluarkan bisa 2x bahkan 3x dari harga resmi paspor, tergantung berapa lama kita ingin paspor kita selesai. Extra cepat atau extra lama, uang yang bicara, hahaha.


 Mungkin kamu merasa sayang mengeluarkan dana lebih untuk biaya agen, tapi coba hitung dech. Berapa biaya yang harus kita keluarkan bila kita mengurus sendiri dan harus bolak-balik keluar kota? Bagi yang tinggal di kota sebelah mungkin masih bisa menekan ongkos, tapi bila tinggal di kota yang jauh atau bahkan di luar pulau itu yang bikin repot karena ongkosnya bisa lebih mahal daripada biaya paspornya. Jadi pertimbangkanlah secara seksama sebelum memutuskan untuk mengurus sendiri atau memakai jasa agen.


 Saya sendiri memakai jasa travel agen Nata Tours untuk pembuatan e-paspor si Ayah dan anak-anak kemarin. Keputusan untuk memakai agen saya ambil karena jarak Sumedang ke imigrasi terdekat di Jakarta itu lumayan jauh. Saya bikin e-paspor untuk suami dan 2 anak, anak-anak agak rempong dibawa pergi keluar kota jadi kondisinya tidak memungkinkan untuk sampai di Jakarta subuh (mau berangkat jam berapa? masa harus nginep dulu). Kalau telat sampai nanti kehabisan nomor, bisa-bisa saya nangis guling-gulingan karena rugi bensin. Hehehe. Kalau pakai agen saya cukup datang sekali ke kantor imigrasi pas waktu foto dan wawancara, langsung dapat giliran foto dan wawancara di siang hari menyesuaikan dengan jadwal kita. Paspor selesai, langsung di kirim oleh agen ke alamat rumah! Buat saya cara ini lebih praktis walaupun memakan biaya yang lumayan uhuk-uhuk-uhuk . *mendadak tenggorokan gatal memikirkan isi dompet* 


 Semoga postingan saya mengenai e-paspor ini bermanfaat yach, walaupun bikin sedikit migrain bacanya karena panjaaaaang banget. Hihihi. Sekarang keputusan ada ditangan kamu.. *setel musik horror..jreng-jreng-jreng* Pergi mengurus sendiri atau pakai agen?? 
 Pastikan keputusan kamu sudah matang, terencana dan yang paling penting sekali...............sesuai dengan isi dompet! Hahahaha.



Bingung nyari tiket pesawat murah?
Baca dulu postingan tentang 5 situs pencari tiket pesawat murah
(^_~)* SELAMAT TRAVELING DENGAN E-PASPOR BARU!

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE. Terima kasih..!!

122 comments:

  1. Waah enak banget ya e paspor.Bisa bebas visa Jepang.Pas paspor anak-anak beberapa waktu lalu abis pengin perpanjang pakai e paspor.Sayangnya mahal ya.Hampir dua kali lipat.Lagian juga belum.tentu ke Jepang.Jadi bikjn paspor biasa aja lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sengaja anak2 bikin e-paspor biar gampang kalau mau kerumah neneknya, hehehe...padahal kenapa gak sekalian e-paspor aza mom, siapa tau nanti ada rezeki bisa jalan2 ke Jepang :-D emang sech lebih mahal tapi iming2 free visanya itu looh, lebih menguntungkan juga!

      Delete
  2. pas sekali saya lagi cari info tentang epaspor, terima kasih infonya ya bun! ditunggu info tentang visa waiver jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. postingan tentang visa waiver sudah ada yaa :-) silahkan di search aza

      Delete
  3. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    ReplyDelete
  4. Kalau menggunakan KTP smentara bisa tidak karena E-KTP saya masih belum selesai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, kamu yg kirim email kan ya? *takut salah* hehe...sudah dijawab sama aku yaa via email :-)

      Delete
  5. thanks banget infonya....
    bisa keluar masuk jepang nich...
    andai saja kalau ke korea bisa pakai e passpots hmmmm mantap
    thanks ya bun have nice day

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke korea bebasa visa looh menggunakan visa jepang (visa standar bukan yg waiver) free visa max 30 hari kalau paspor kita ada visa jepangnya...jadi kalau kita mau ke jepang atau pulang dari jepang, kita bisa sekalian mampir ke korea, gak perlu repot urus visa korea lagi..

      Delete
    2. Caranya bagimana bisa bebas visa ke korea

      Delete
  6. gmn cara memperpanjang masa kunjung e paspor di jepang yg 15 hari mnjadi 2bln/3 bln.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atas 15 hari harus pakai visa standar, jadi harus mengajukan langsung ke embassy japan yach, cara mengajukannya sama seperti visa biasa, visa waiver maximal cm 15 hari

      Delete
  7. Wah, berguna sekali. Saya emang lagi perlu info ini.
    Saya mau tanya. Saya juga pake KTP sementara, e-Ktp belum jadi. Bagaimana? Terus saya ini tinggal di kalimantan. Harus ke Jakarta untuk bikin e-paspor. Perlu berapa hari ya jadinya? Kalau pake jasa agen travel, kita harus datang ke kantor imigrasi buat interview kan? Jadi percuma saja, tetap harus ke Jakarta.
    Mohon infonya ya. Thanks banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. looh gak percuma dong, Kalau gak datang ke jakarta trus nanti foto paspor & sidik jarinyanya gimana? masa foto paspornya mau kosong? hehehe
      pakai agen travel itu berguna buat orang luar daerah karena kita hanya perlu datang pas jadwal foto dan interview saja. hanya butuh 1 hari, setelah itu kita bisa lngsung pulang ke daerah asal, berapa lama selesainya tergantung biaya yg dibayarkan ke agen sesuai perjanjian awal, kilat atau standar, hehehe.

      Delete
    2. info yang bagus saya orang luar daerah , please info agen yang bisa saya contact thank you

      Delete
  8. Alhmdulillah banget walaupun 3x lipat dri hrga standar yg pnting da dibtangan saya e paspor tinggal milih wktu kpn ke jpanx....

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai agen ya :-) gpp mahal dikit yang penting terima beres,,hehehe
      Happy holiday yaach!

      Delete
    2. kontak agen ny mnta dong gan hehe

      Delete
  9. waktu pembuatan e-passport berapa lama mbak? denger2 lebih lama dibanding passport biasa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu pembuatan biasanya 7 hari kerja, tapi di beberapa kantor imigrasi tertentu bisa lebih lama, kalau yg bikin e-paspor lagi banyak..

      Delete
    2. Maksud 7 hari kerja, apakah hari minggu termasuk?

      Delete
    3. hari kerja itu hanya senin s/d jumat yach, tidak termasuk hari sabtu-minggu atau hari libur tanggal merah.

      Delete
  10. Mba nanya dong kalau akta lahir asli hilang adanya foto copyan bisa ga ya buat e paspor? Atau bisa diganti ijazah kuliah/ sma? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya di persyaratannya kan bisa bawa akta atau ijasah, tapi pada kenyataannya akta itu penting :-( krn pengalaman saya waktu itu kehilangan akta, pas mau perpanjang paspor di imigrasi bandung, disuruh bikin akta baru dulu, jadilah saya bikin akta baru ke jkt (sebelumnya minta surat kehilangan dulu ke kantor polisi, baru bikin akta baru). Ada baiknya ditanyakan dahulu via tlp ke kantor imigrasi yg akan dituju, krn beda imigrasi agak beda 'kelonggaran' persyaratannya..

      Delete
  11. mba bikin e-paspor ga bisa online ya?trus kalo udh bikin e-pasport mau ke korea sdh bisa ga perlu pake visa lg?keuntungan bikin e-paspor cuma biar bebas visa jepang aja atau gimana?
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. e-paspor harus 'walk in' alias datang langsung yach..e-paspor saat ini free untuk visa jepang saja, ke korea masih harus mengajukan visa lagi. e-paspor nantinya bisa free visa ke negara lainnya, tapi belum ada info lagi negara mana, jd sementara baru jepang aza yg free.. hehehe

      Delete
  12. mba bikin e-paspor ga bisa online ya?trus kalo udh bikin e-pasport mau ke korea sdh bisa ga perlu pake visa lg?keuntungan bikin e-paspor cuma biar bebas visa jepang aja atau gimana?
    trimakasih

    ReplyDelete
  13. Halo mbak, saya mau tanya. Untuk proses setelah kita foto+ tanda tangan sampai dengan dapat buku fisik e-paspor nya berapa lama ya? Apakah sekitar semingguan seperti paspor biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lamanya tergantung saat itu yg mengajukan ada banyak atau tidak, seharusnya bisa selesai 3-4 hari kerja, tapi saat ini yg saya tahu pengajuan e-paspor lg meningkat jd rata2 e-paspor selesai dalam waktu 7 hari kerja (gak ngitung hari libur ya), yg mana itu bisa sampai 2 minggu...

      Delete
  14. Halo mbak, saya mau tanya. Untuk proses setelah kita foto+ tanda tangan sampai dengan dapat buku fisik e-paspor nya berapa lama ya? Apakah sekitar semingguan seperti paspor biasa?

    ReplyDelete
  15. Hiii mba, mau info dong unt persyaratan nya yg point 5. Surat Sponsor dari Perusahaan (bagi yang sudah bekerja) atau SIUP (bagi wiraswasta), kalo ibu rumah tangga ngga usah pake surat2 ky gt kan ya, mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu rumah tangga gak perlu kok,saya juga status ktp ibu rt, hehe...jadi gak perlu bawa sponsor perusahaan / siup segala, itu optional untuk yg bekerja saja.. :-)

      Delete
    2. Hallo Mba, mau tanya nih sehubungan dgn perihal ini kalau KTP ku statusnya masih karyawan swasta tapi sudah lagi gak bekerja gimana ya? :(

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. MBA, MW tanya.. itu surat rekomendasi perusahaan seperti apa ya? ada conyohnya? soalnya saya PNS

      Delete
  16. kalo belum e-KTP bagaimana? terus kalau Kartu Keluarga aslinya gak dibawa masih bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin e-ktp dulu yuk! :-) bikin e-ktp skrg mudah & cepat looh, tinggal ke kelurahan saja..hehe Karena sepengetahuan saya untuk bikin e-paspor hrs ada e-ktp krn ada datanya akan disamakan & disimpan di dalam chip e-paspor. Bila e-ktp masih dalam proses pembuatan, cukup bawa saja surat keterangan dari kantor kelurahan bahwa sedang proses pembuatan e-ktp. Sebisa mungkin semua dokumen asli dibawa saat wawancara ya, karena nanti akan diperiksa oleh petugas imigrasi :-)

      Delete
    2. mba, aku sudah ikutin saran mba untuk membuat e-KTP, namun ternyata sekarang e-paspor lagi ga bisa... gimana ya mba? tiket sudah dibeli PP, apakah bisa tanpa e-paspor? trus pengajuan visanya bagaimana?

      Delete
    3. e-paspor lagi habis bukunya, jadi pihak imigrasi tidak menerima pembuatan e-paspor dulu. Tiket kamu sudah fix? berangkat kapan? Kalau memang tiket tidak bisa dicancel, Jalan keluarnya bisa ajukan visa biasa langsung ke japan embassy. 3-4 hari kerja juga sudah selesai kok visanya (kalau lolos) :-)

      Delete
    4. fixed mba, karena tiket promo..

      terus, masalahnya paspor lama saya habisnya tanggal 16 September 2016, sedangkan tiket keberangkatan tanggal 23 Maret 2016, harus diperpanjang dulu atau bisa langsung mengajukan visa? terima kasih

      Delete
    5. wah udah mepet2 yaaaa,,,skrg langsung perpanjang paspor aza, trus baru ajuin visa, kalau ajuin visa dulu nanti visa kamu bisa ditolak karena paspor kamu expired 6 bln kurang sblm berangkat. jadi cepet2 perpanjang paspor dari skrg, mumpung msh ada waktu :-)

      Delete
    6. mba, puji Tuhan saya sudah ngurus e-paspor, jadi sehari sebelumnya saya email Kantor Imigrasi Kelasi I Jakarta Pusat menanyakan perihal e-paspor sudah bisa dilayani atau belum, dan ternyata sudah bisa.. dan kemarin saya langsung ngurus, katanya bisa diambil 4 hari kerja setelah melakukan pembayaran (mudah-mudahan tepat) .. terus saya mau nanya lagi boleh kan? kalo e-paspor sudah ada, bisa langsung ngajuin visa waiver? itu prosesnya beneran 2-3 hari? jadi kalo kasus saya masih keburu kan?

      Delete
    7. Hai mbak ehara putri, anyway tq atas infonya.

      Mbak abrar aashiq : pd saat mbak perpanjang paspor, e-paspor benar kah bs di ambil dalam 4 hari kerja? Soalnya saya ada minat untuk perpanjang paspor dan diganti ke e-paspor.

      Delete
    8. paspor baru jadi bisa langsung ajukan visa waiver...visa waiver prosesnya cuma 2 hari kerja, sekarang mengajukan, besok siang selesai kalau tidak ada halangan (terpotong tanggal merah atau ada problem khusus)

      Delete
  17. Transit ke Korea memakai visa jepang apa bisa sambil jalan" di Korea.. trimss..😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapiiii visa jepang standar BUKAN visa waiver. Syaratnya harus memiliki visa jepang turis yang biasa, free masuk korea maximal 30 hari, bisa masuk ke korea ketika transit akan ke jepang atau pada saat transit pulang dari jepang.

      Delete
  18. halo mba ingin tanya, kira2 untuk surat sponsor dari perusahaan itu apakah ada format tertentu? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya surat sponsor perusahaan itu berisi keterangan dari perusahaan bahwa kamu berkerja di perusahaan tersebut dan suratnya memakai kop / stempel perusahaan. Untuk contoh detailnya bisa di google yach :-)

      Delete
  19. Jadi kalau pake visa waiver ngak bisa ya? Terima kasih sudah mau menjelaskan.. 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. visa waiver gak bisa untuk free masuk ke korea yach...visa jepang biasa yang bisa :-)

      Delete
  20. Salam kenal mba.. mau tanya kaLo untuk anak dibawah 17 th kan blom punya e-KTP gimana ?
    trus buat saya yang punya e-KTP status karyawati tetapi sekarang sudah berhenti kerja, bagaimana dengan surat sponsor dari kantor / perusahaan, mohon info penjelasan ..... trims ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak dibawah 17 thn bisa membuat e-paspor karena biasanya ikut data orangtuanya yg punya e-ktp. Saya kemarin bikin e-paspor untuk suami plus 2 anak saya. Kalau sudah berhenti bekerja berarti masuknya ibu rumah tangga, gak perlu surat sponsor tapi kalau bisa disiapkan surat keterangan berhenti bekerja untuk jaga-jaga bila ditanya oleh petugas imigrasi.

      Delete
  21. Maaf mbak mau tanya,bikin epaspor lewat travel agen berapa ya biayanya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga benar2 tergantung dari travel agennya, makanya saya gak bisa tulis harganya, biasanya sech 2x lipat dari harga normal :-)

      Delete
  22. Makasih infox mba...sangat2 bermanfaat,apalagi buat saya yang rencana baru mau buat e-passpornya,hehehe ...:), Oh ya mba skalian nanya nie, klo kita tujuannya ke Jepang wisata trus ada teman dsna yg mau di kunjungi,gmn ya cara jawabnya klo ditanya sm konseler,makasih sblumnya atas pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bilang saja mau jalan2 sekaligus mengunjungi teman, sebenarnya saat bikin e-paspor gak akan banyak pertanyaan kok, cukup mudah dan simple :-)

      Delete
  23. Kalo ga punya e ktp gimana , sedangkan saya lagi kuliah merantau jauh, harus ada kah e ktp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengetahuan saya bikin e-paspor harus punya e-ktp terlebih dahulu, karena nanti data yang ada di chip e-paspor disamakan dengan data e-ktp kita. Untuk lebih jelasnya bisa menghubungi kantor imigrasi di kota kamu terlebih dahulu. Pengurusan e-paspor pun hanya bisa di imigrasi tertentu seperti yang sudah saya tulis di atas ya

      Delete
  24. Hlo bisa pakai travel agent ya? Sy kira untuk e paspor harus walk in langsung ke tempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong :-) travel agent sangat membantu untuk yang tinggal di luar kota...tapi kita tetap harus datang saat foto paspor, selanjutnya diuruskan oleh agent :-)

      Delete
  25. INFORMASI MENGENAI PERUSAHAAN
    Salam kepada bapak/ibu yang terhormat, Saya Ashrof sekedar ingin memberikan informasi terupdate untuk proses pengurusan perijinan tenaga kerja asing, seperti misalnya :

    -RPTKA
    -KITAS
    -IMTA
    -VISA TELEKS
    -PEMBUATAN PASSPORT WNI
    -PEMESANAN TIKET HOTEL & PESAWAT
    -ALIH SPONSOR WNI/WNA
    -PERNIKAHAN
    -DOKUMEN PERUSAHAN (PMA)
    -PEMBUATAN STNK/SIM (WNI/WNA)
    -PEMBUATAN PERUSAHAAN (SWASTA/NASIONAL)
    -DAN LAIN LAIN

    Layanan Mesra :
    No. HP : 085959137195 / Ashrof Alhabsyi
    Email : Imigrasistats@gmail.com

    Sekian dan terimakasih untuk informasi yang sekedar nya bisa membantu proses untuk bapak/ibu sekalian.

    Regard's
    Ashrof Alhabsyi
    Marketing Excecutive

    ReplyDelete
  26. hi.. info nya sangat berguna sekali.. terima kasih sudah berbagai…
    saya mau tanya, dokumen saya lengkap semua kecuali akte lahir tidak ada asli nya..
    apakah tidak bermasalah nantinya? terima kasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. akte lahir itu dokumen yang paling penting, pengalaman saya dulu akkte lahir saya hilang saat pindahan rumah, akhirnya ketika perpanjang paspor saya harus bikin akte baru dulu (sebelumnya bikin surat pernyataan hilang ke kantor kepolisian baru bikin akta lahir pengganti). karena saat wawancara & pengecekan data nanti pasti di cek semua dokumen aslinya

      Delete
  27. Mba mau tanya, surat sponsor dari perusahaan itu yang seperti apa ya mba?

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Halo Selamat Malam Ibu Ehara,

    Mau menanyakan terkait pembuatan e-paspor, Terkait kebutuhan kelengkapan dokumen yang di informasikan di post ibu :

    1. Warga Negara Indonesia (syarat terpenting).
    2. KTP / Kartu tanda penduduk yang masih berlaku (Bila ingin membuat e-paspor dianjurkan sudah memiliki e-ktp terlebih dahulu).
    3. KK / Kartu Keluarga.
    4. Akta kelahiran atau akta perkawinan / buku nikah atau ijazah, atau surat baptis. (sebenarnya cukup pilih salah satu saja, tidak usah semuanya. Akan tetapi untuk jaga-jaga disiapkan saja semua datanya bila ada).
    5. Surat Sponsor dari Perusahaan (bagi yang sudah bekerja) atau SIUP (bagi wiraswasta)
    6. Paspor lama bagi yang sebelumnya pernah memiliki paspor.


    Untuk point nomo 4 apakah terkait akta kelahiran bisa digantikan oleh Ijazah Universitas saja bu? Karena akte kelahiran saya ada di daerah kampung halaman saya (ada di sukabumi jawa barat, tidak saya bawa-bawa ke Jakarta).

    Saya ingin mencoba menanyakan ke kantor imigrasi namun tidak pernah diangkat sama sekali (saya menghubungi semua nomor yang ada di website kantor imigrasi) . Jadi saya menanyakan dulu saja ke bu Ehara , mohon bantuan advise / info nya bu terkait hal ini :)

    Soalnya jika saya tanya-tanya ke biro jasa, katanya orang di kantor imigrasi kadang melihat muka, jika tampangnya keturunan tionghoa seperti saya biasanya mereka tetap meminta akte lahir walaupun sudah di provide dengan dokumen ijazah dan surat rekomendasi dari kantor. Mohon bantuan pencerahannya ya bu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo golan, saya sudah reply message kamu yang di inbox facebook yach :-) Tapi saya balas lagi disini..

      untuk akte ini memang amat sangat perlu dibawa ya....memang tulisannya di website imigrasi bisa digantikan dokumen lain, tapi pada kenyataannya di lapangan tidak bisa. Karena saya sendiri mengalami kehilangan akte, ketika akan memperpanjang paspor, saya ditolak oleh petugas imigrasi bandung karena tidak bisa menunjukkan akte asli, padahal saya sudah bawa surat pendukung laainnya dan bawa surat keterangan akte hilang dari polisi. Pada akhirnya saya harus bikin akte pengganti ke jakarta dan itu memakan waktu & biaya. Dan iyes, itu semua karena saya berwajah oriental makanya petugas imigrasi agak tidak percaya dengan lembaran copy akta lama saya.

      Delete
  30. Tks.. Info ini sangat membantu kita yang mau jalan- jalan k negri jepang, semoga bermanfaat bagi negara indonesian.

    ReplyDelete
  31. kak mau nnya sya ingin membuat e-paspor namun saya KTP nya sumbar tapi saya lagi kuliah d pekanbaru saya cuma punya foto copy kk sama ktp dan akte kelahiran yg asli
    soal nya kk yg asli tinggal d kampung tu gimna tu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pa-pa kok say, karena bikin e-paspor memang harus di kantor imigrasi khusus seperti yang saya sebutkan diatas. Nah, untuk dokumen asli itu harus dibawa yach, kamu bisa kok minta orang dirumah untuk mengirim dokumen tersebut menggunakan jasa kurir ekspedisi (contohnya jne atau tiki) jadi kamu bisa bawa dokumen tersebut saat ke kantor imigrasi

      Delete
  32. kebetulan saya baru resign dr kantor, dan beralih jd wirausaha sehingga blm sempat urus siup. kira2 saya ttp memerlukan surat rekomendasikah? atau perlu menyediakan surat keterangan berhenti kerja? mohon pencerahannya suhu, trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sediakan saja surat keterangan berhenti bekerja, itu sudah cukup. Mbak gak perlu lagi pakai surat rekomendasi karena posisinya sudah jadi wiraswasta.

      Delete
  33. Mbak ehara, mau tanya, kalau sudah punya passport biasa apakah masih bisa bikin e-passport? Saya tunggu kabarnya ya mbak, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tinggal datang saja ke imigrasi untuk bikin e-paspor dengan tata cara yang sama.

      Delete
  34. Nice Info...
    Mbak aku mau nanya, dipersyaratan ada Surat Rekomendasi dari perusahaan, jika ketika kita mengurus Paspor tetapi sudah resign apakah surat itu wajib dibutuhkan dlm pengurusan e-pasport.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah resign dan tidak bekerja lagi tidak perlu surat rekomendasi perusahaan lagi, tulis status pekerjaannya tidak bekerja saja. Bila diperlukan bisa disiapkan surat bukti resignnya (tapi biasanya gak ditanyain kok)

      Delete
  35. Besok pagi saya mau coba bikin e-pasport di imigrasi SoeTa .. kira2 sudah ada bukunya belum ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai sorry for late reply, gimana sudah bikin e-paspornya? sekarang banyak yang minat bikin e-paspor jadinya stok bukunya cepat habis. hehehe

      Delete
    2. hallo, iya nih boleh dishare gimana bikin e-paspornya mba Nunik. apakah berhasil hehe :) aku mau coba hari Selasa depan nih.

      Delete
  36. Mba, maaf mau nanya yaa ��
    Kalau paspor biasa saya baru expired 2 tahun lagi, bisa gak yaa langsung buat e-paspor mba?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, langsung ajukan saja e-paspor ke kantor imigrasi yang sesuai dengan wilayah kamu. Daftar kantor imigrasi yang menerima pembuatan e-paspor ada di atas yach!

      Delete
  37. Hi bu terima kasih ya buat info nya. Mau tanya donk kalo paspor anak saya blm habis masa berlaku nya apakah bisa diganti ke e-paspor? trus untuk pengambilan nomor istri dan anak saya apakah bisa saya yg ambil ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, gak harus menunggu paspor lama habis kok. Karena bila bikin e-paspor hampir sama seperti membuat paspor baru. Pengambilan nomor bisa diwakilkan oleh siapa saja, tapi ketika wawancara & foto yang bersangkutan harus hadir yach..

      Delete
  38. Sist ..
    Saya sudah punya paspor biasa tau lama tapi hilang, bisa atau tidak ya saya mengurus paspor biometrik ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa,bikin e-paspor pada dasarnya mengulang semua proses seperti bikin baru. Jadi kamu bisa langsung e-paspor saja. Mengenai paspor lama yang hilang. Apakah hilangnya sudah lama? karena baru saja hilang bisa menyertakan surat keterangan kehilangan dari kantor polisi (tenang, bikin surat seperti ini gratis kok)

      Delete
  39. pagi mbak
    mau nanya mbak bikin e-paspor di kantor imigrisi jakarta mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bikin di kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara

      Delete
  40. Wahh sangat membantu postingannya, terima kasih untuk infonya mbak.

    ReplyDelete
  41. Indonesia termasuk yang paling akhir menerapkan e-paspor, tapi gak apa-apa toh sekarang sudah bagus pelayanannya. Tips saja sih, lebih baik diurus sendiri karena memang prosesnya gak ribet, hindari pake agen apalagi agen travel, biasanya sih lebih mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas, lebih baik mengurus sendiri karena sebenarnya prosesnya sangat mudah & biaya lebih murah. Tapi untuk yang dari luar daerah seperti saya, pakai jasa agen sedikit membantu, karena kalau ngitung ongkos PP jatuhnya lebih mahal, hehehe

      Delete
  42. mbak mau kontak travel agent yg bs ngurus e paspor nya dl dong, soalnya saya jg di luar kota. thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kemarin pakai Nata tour, coba aza di google, ada websitenya kok :-)

      Delete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Mbak, mau tanya dong. Kebetulan saya dulu pernah punya passport cuma passport itu hilang tapi memang sudah expired juga passportnya. Fotokopinya juga tdk ada. Apa perlu saya sebutkan saya pemegang passport atau anggap aja bikin baru? Mohon infonya ya mba

    ReplyDelete
  45. mba di imigrasi bandung sudah bisa e-passport blum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum, baru Jakarta, Surabaya dan Batam

      Delete
  46. mau tanya kalo ke shenzhen apa bisa pakai epasspor juga ? reply as soon a possible . atau reply ke sissyrocknroll@hotmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. epaspor bisa untuk keseluruh negara, tapi sepengetahuan saya free visa untuk pemegang e-paspor saat ini baru berlaku untuk negara jepang aza,

      Delete
  47. Mba, kalau pekerjaan kita PNS, apa perlu melampirkan sejenis surat promo dari perusahaan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. surat sponsor / surat izin perusahan itu wajib untuk yang sudah bekerja, kalau pns berarti pakai surat yang ditanda tangani kepala instansi anda, untuk contoh suratnya bisa di cek di google yach

      Delete
  48. Aku berencana mau buat e-paspor tpi saya di kota palembang. Saya berencana buat e-paspor di kota
    Batam sekalian main ke tempat saudara disana. Kira2 pembuatannya bs sampai brp lama mbak ? Soalnya saya masih anak kuliahan semester 4. Mohon pencrrahannya , hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kondisi, kalau musim liburan sudah pasti banyak yg bikin e-paspor, jadi pilihlah bulan yang jauh liburan atau tanggal merah, hehehe. Dari mulai pertama masukin data hingga paspor selesai kalau cepat bisa 3-7 hari kerja selesai tapi kalau imigrasi lagi sibuk bisa 10-14 hari kerja

      Delete
  49. saya mau tanya ,saya adalah ex pekerja migaran , data passpor lama beda dengan data asli saya , saya akan travel ke EU dalam beberapa bulan ke depan , dan berencana bekin e paspor , selain melengkapi dokumen yang sudah di sebut oleh ibu di atas , perlu tidak surat rekomendasi dari pihak or instansi mana terkait masalah saya , ingin mengembalikan data saya ke yang asli , dan saya penduduk luar jawa n jakarta , perlu apakah perlu juga surat rekomendasi dari yang terkait, mohon infonya kalau pake agen , nama agen yang bisa saya hubungi , thanks alot feeed back later .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for the late reply, waaaah..ini kalau udah beda data begini ya berarti mending pengajuan bikin e-paspor baru tanpa bawa-bawa data paspor lama, daripada kena masalah. Maaf, Paspor yang sebelumnya paspor ilegal ya? Hehehe. lebih baik dibuang saja kalau begitu, ajukan e-paspor seolah anda tidak pernah punya paspor lama yang datanya beda itu. Bawa semua data diri asli anda saat mengajukan epaspor dan Kalau sekarang anda bekerja, wajib bawa surat sponsor perusahaan. Dulu saya pakai agen Nata tour, silahkan di google untuk cari websitenya

      Delete
  50. Minta tolong tanya mbak,
    Sy sdh ada passport biasa dan ktp lampung. Sy mau rubahh ke e paspor tp paspor biasa hilang.. apakaha bisa buat epaspor di jakarta dgn surat keterangan polisi di jkt.. kira2 berapa lama proses jadinya trimaskasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for the late reply...Bikin baru, perpanjang paspor atau mengganti paspor yang hilang prosesnya sama aza seperti yang sudah aku jelaskan di atas :-)

      Delete
  51. Mbak mau nanya, paspor saya dulu melanjutkan paspor hijau tapi dipakai untuk haji. Kalau ke Arab Saudi khan harus minimal 3 kata, sehingga ditambahi nama orang tua dan kakek, akibatnya paspor tsb tidak sama dengan akta kelahiran atau tdk sama dengan KTP. Berapa lama saya bisa mengganti nama paspor yg dipakai haji menjadi paspor saya yg sesuai KTP dan Akta kelahiran.? Trims infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengetahuan saya tinggal bikin saja e-paspor baru sesuai data diri yang sebenarnya, karena e-paspor dibuat mengikuti rekam data dari e-ktp. nanti jadinya paspor yang ada nama tambahan itu jadi tidak berlaku lagi.

      Delete
  52. Nice info Bunda! :)
    Ku mao tanya, saat ini saya sedang tinggal di Jakarta, namun keluarga saya berada di luar Jakarta (tidak jauh dari Jakarta). Nah kira-kira bisa tidak ya kalau saya datang subuh2 untuk mengambil nomor antrian saya dan untuk antrian keluarga saya? Jadi saya yang mewakilkan pengambilan nomor antriannya, sehingga keluarga saya tidak perlu datang subuh2, cukup pagi2 saja (karena kantor imigrasi pun baru bisa melayani pembuatan paspor jam 8 pagi kan)
    Terima kasih atas infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru reply komennya, pasti sudah bikin e-paspor kan ya sekarang, hehehe. Gak pa-pa jawab aza dech, pelayanan bikin paspor emang jam 8 tapi pengambilan nomor biasanya sudah dimulai sejak subuh, terkadang di kantor imigrasi yang sangat ramai jam 3 sudah ada pengantri looh, nomor antrian biasanya disimpan di meja satpam / pos penjaga.

      Delete
  53. Nice post, paspor saya juga udah mau expire bentar lg, untungnya di Batam bisa bikin e parpor, jadi bisa ngurus sendiri, hehe..

    ReplyDelete
  54. mbk mau nanya klau saya udah eks kenshusei,dan sekarang udah balik di indonesia selama 5 tahun,saya punya paspos yag biasa tp masih berlaku,kalau misalakan saya mau ganti e paspor bisa nggk ya,trus persyaratanya apa aza ya? mohon informasinya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin e-paspor ya seperti biasa aza, caranya sudah saya jelaskan dengan detail di atas kan. Eks kenshusei tidak akan berpengaruh apa-apa saat bikin e-paspor, visa waiver tidak bisa dipakai untuk visa bekerja.

      Delete
  55. mbk mau nanya klau saya udah eks kenshusei,dan sekarang udah balik di indonesia selama 5 tahun,saya punya paspos yag biasa tp masih berlaku,kalau misalakan saya mau ganti e paspor bisa nggk ya,trus persyaratanya apa aza ya? mohon informasinya terimakasih

    ReplyDelete
  56. Mbak, bisa tanya link website ato nomer telpon agen tour yang bisa bantu bikin e-paspor? Soalnya dari luar pulau jawa.

    ReplyDelete
  57. Mbak mau tanya ya kalau mau buat epaspor untuk ibu bapak saya kk dan ktp tangerang, buat di kantor imigrasi bandara soeta, apakah perlu surat lain selain kk,ektp,akte lahir dan paspor lama?(kondisi sudah pensiun/tidak bekerja lagi)..mohon infonya tx ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah pensiun tidak akan diminta surat lain-lain lagi kok, karena akan terlihat langsung di e-ktpnya kan.

      Delete
  58. Asli blogger yg satu ini mantap banget penjelasannya... 🙋🙋👍👍

    ReplyDelete
  59. benar juga pakai agent biarpun mahal tapi lebih baik daripada udah datang2 pagi2 ga dapat no antrian. ini mau antri sendiri setelah baca infonya jadi lemes liat antriannya. hahahaa.. tq infonya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin ada yang bilang di imgrasi jkt mana gitu udah gak pakai antri lagi, ternyata masih ngantri ya, hehehe. Saya bawa anak2 sech, jadi gak sanggup kalau harus antri dan nunggu lama, 'terpaksa' bayar dikit biar cepet prosesnya dan anak gak rewel, hehe.

      Delete
  60. Kak kalo boleh tau kemarin buat epaspor sama nata brp ya? Soalnya ga ada harganya buat epaspor :( thanks a lot :)

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne