.

Oden Si Penghangat Malam


 Cuaca di Okinawa saat ini lumayan dingin walau tak sampai harus memakai jacket bulu-bulu yang tebal. Cuaca disini berkisar antara 18-19 C di siang hari & 15-16 C di malam hari. Naaaah, jeleknya kalau cuaca sejuk-sejuk dingin begini bawaannya jadi lapar terus, pengennya ngemil atau makan yang hangat-hangat.

 Malam-malam Saya pun melangkahkan kaki keluar menuju kombini (minimarket) terdekat, Lawson. Kebetulan kebanyakan Lawson di daerah Okinawa buka 24 jam, faktanya makin malam biasanya makin ramai saja orang pulang kerja yang berbelanja atau sekedar nongkrong mencari sesuatu yang bisa menghangatkan badan. Dan yang biasanya menjadi incaran ialah Oden, Si Penghangat Malam favorit Saya, xixixi.

Oden kuliner makanan jepang
foto di ambil dari Wikipedia tentang Oden

 Oden / お で ん Adalah hidangan musim dingin yang sangat populer disini (Jepang). Oden ini biasanya terdiri dari beberapa bahan isi seperti telur rebus, daikon (lobak putih), konjac, tahu, dan fishcakes (bakso ikan) yang diproses dengan cara direbus dalam dashi / kaldu khas Jepang. Bahan isian & rasa kaldunya bervariasi menurut wilayah dan tergantung selera masing-masing yang membuatnya.


 Saat musim dingin ini Oden sering dijual di gerobak makanan di pinggir jalan atau di banyak toko-toko di seantero Jepang. Oden dijual di pot/panci khusus Oden yang kuahnya masih mendidih jadi dijamin kita bisa menikmatinya hangat-hangat. Bila anda berkunjung ke Jepang di musim dingin ini, jangan lupa untuk menghangatkan badan Anda dengan mencicipi Oden. *kalau ketemu saya di Jepang, saya traktir dech!*  

Oden kuliner makanan jepang
  
 Ada berbagai macam oden yang dijual di Lawson, harganya pun bervariasi mulai dari 80 yen hingga 150 yen. Kalau sedang ada promo biasanya harganya didiskon jadi hanya 70 - 100 yen saja. Kita tinggal pilih mau beli berapa banyak, mau sedikit atau banyak nanti disediakan wadah (yang ada tutupnya juga jadi bisa dibawa pulang) oleh pihak penjual jadi gak perlu bawa mangkok dari rumah, hehehe. Plus dikasih bumbu sachet untuk menambah rasa tapi ini bukan sambal looh yach, pecinta pedas seperti saya harus sediain sambal sendiri, hehe. Plus bonus kuah, saya kalau beli Oden selalu minta dibanyakin kuahnya, sampai penuh mangkoknya dengan kuah, isi Odennya cukup 4 saja, hahaha.

Oden kuliner makanan jepang

 Rasanya???
Kuah kaldu dashi ini rasanya ringan sekali, bagi yang tidak terbiasa dengan makanan Jepang pasti akan berpikir "wah, kurang garam nech!" xixixi. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kuah Oden bermacam-macam jenisnya tergantung penjual tapi yang standar ya kaldu dashi yang ringan ini. Isi Oden sebenarnya hampir mirip seperti bakso / bakwan malang gitu. 

 Ada tahu yang menggunakan tahu sutera berkulit cokelat yang sebelum digoreng terlebih dahulu, rasa tahunya begitu lembut. Ada juga fishcakes atau bakso ikan, uniknya bakso ikan disini dibentuk bagaikan es krim stick, jujur saya gak suka ikan tapi saya sangat suka bakso ikan ini! Tahu & fishcakes adalah Oden favorit Saya, selain itu Saya juga suka daikon & chikuwa, makanan tradisional khas Jepang berbentuk tube panjang yang kenyal & rasanya mirip kamaboko (daging kepiting tiruan yang terbuat dari ikan).

 Aaaah, malam saya pun jadi semakin hangat berkat si Oden. Tak terasa 1 blogpost pun sudah saya tulis sembari makan Oden, memang perut yang terisi penuh bikin semangat untuk mengerjakan sesuatu, hahaha. Bagi yang penasaran sama Oden juga bisa membuatnya dirumah looh, saya juga pernah membuat Oden dirumah Indonesia, bisa memakai bumbu instan bisa juga membuat dashi sendiri. Hmmmm, nanti saya kasih resepnya dech!


(^_^) BADAN HANGAT, HATI PUN SENANG
Suka dengan post ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE yach, Terima Kasih..!!

2 comments:

  1. wah.. sepertinya enak tuh.. pas dengan cuaca di Indonesia yg lagi sering hujan.. :-D

    ReplyDelete
  2. wah kayanya enak tuh, kalo kuahnya pedas kaya bakso indonesia mungkin lebih yahud.

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne