.

Berani Traveling Ke Luar Negeri Sendirian


Tips Solo Traveling
Saya paling suka traveling ke pantai <3

 Sejak masih kecil saya memang sudah bepergian naik pesawat seorang diri, bahkan ke luar negeri sendirian, biasanya nanti Mama akan menjemput di bandara tujuan, alasannya biar saya mandiri. Nah, kalau dulu saya pakai sticker label khusus (yang saya lupa tulisannya apa) & selalu dijagain pramugari, sekarang saya harus jaga diri sendiri dong, gak perlu di stickerin lagi, hahaha.

 Pergi sendirian mungkin masih sedikit menakutkan bagi sebagian wanita tapi buat saya saat-saat seperti inilah yang jadi 'ME time' & saya selalu manfaatkan kesempatan ini untuk jalan-jalan dulu di kota / negara tempat pesawat saya transit. Setiap pulang ke Jepang saya selalu mencari pilihan kota / negara untuk transit yang berbeda biar saya bisa pergi ke tempat baru. Perjalanan Indonesia ke Okinawa lumayan panjang & melelahkan karena harus beberapa kali transit, terkadang transit ke 2 negara, maklum letak Pulau Okinawa memang jauh karena terpisah dengan pulau utama Jepang. Jalan-jalan sendirian di negara orang, menelusuri tempat baru hingga nyasar-nyasar walau sudah buka google maps bisa membangkitkan adrenalin saya *halaaaah* it's really fun & I feel free! *lanjut gaya bobo-boboan Princess S di lantai bandara* (^ o^) hahahaha


3 Alasan utama kenapa harus mencoba traveling sendirian:
1. Buat yang setiap hari sibuk bekerja atau kemana-mana selalu beramai-ramai (baca: Ibu Rumah Tangga dengan anak seperti saya, hahaha), traveling sendirian bisa menjadi obat pelepas penat & lelah, karena saat inilah kita bisa mendapat 'Me time' yang sebenar-benarnya karena anda benar-benar seorang diri, hahaha. Saat sendirian ini bisa jadi saat untuk bersantai tanpa diganggu orang lain, bisa untuk merenung & intropeksi diri, atau saat pencarian jati diri *buat yang masih galau ini mah*, nyari jodoh *buat yang masih jomblo*, atau saat untuk bersyukur, kayak saya, bersyukur bisa pergi sendirian tapi setelah itu sibuk bikin rencana "Ah, next time mau ajak anak-anak main disini, trus beli ini, coba makan ini....Wah, nanti si Ayah harus di ajak pergi kesini..." hahaha

2. Bebas mengikuti keinginan hati! Yup, kalau pergi sendirian kamu bisa bebas menentukan mau pergi kemana, mengikuti kemana kaki melangkah saja, pas salah baca petunjuk arah pun gak bakal ada yang marahin, hahaha. Saat mau makan, bebas mau pilih makanan apa saja tanpa takut ketahuan gagal dietnya. Saat shopping gak ada yang ngomelin, tapi kalau tagihan CC membengkak tanggung sendiri yaaaa, hahaha.

3. Bisa melatih kemampuan diri. Traveling sendirian itu bisa melatih diri kita, mulai dari melatih kemandirian, keberanian, kesabaran, kewaspadaan hingga kemampuan beradaptasi cepat, dll. Saya gak akan bohong, pergi sendirian pasti bakal ada aza rintangan yang menghadang, entah itu nyasar, kehilangan sesuatu, harus adaptasi dengan penduduk asli yang bahasanya kita gak ngerti samasekali, hingga yang paling buruk jadi korban kejahatan. Perjalanan ini benar-benar akan melatih diri kita untuk bisa melewati semua itu.....sendirian. Takut duluan? Jangan dong sayang, it's really worth it to try. Kalau kita sukses melewati semua rintangan saat traveling seorang diri, kita akan pulang ke rumah dengan perasaan puas, wawasan bertambah, kemampuan diri semakin terasah, jadi lebih mandiri, & bonus segudang cerita yang kalau dibikin novel bisa sepanjang sekuel Harry Potter, siapa tau pulang traveling mendadak jadi penulis gitu, hehe.


Tips Solo Traveling
Berjalan-jalan keliling bandara adalah favorite saya, saya paling suka foto pesawat untuk kenang-kenangan, hehe.


Masih belum berani pergi traveling ke luar negeri sendirian?

- Belajar traveling dengan pergi ke luar kota terdekat terlebih dahulu. Masa sech gak berani menjelajahi negeri sendiri? hehehe. Jalan-jalan ke kota yang belum pernah kita datangin dengan naik angkutan umum itu menyenangkan loh! Naik-turun angkot gak perlu mikirin parkir mobil dimana? Bisa icip-icip kuliner khas yang menggoda selera kita tanpa debat dulu "mau makan dimana?", bisa belanja souvenir oleh-oleh selama mungkin yang kita mampu tanpa ada yang melototin, xixixixi.

- Sudah berani pergi traveling keluar negeri sendirian? Pergilah ke negara tetangga terdekat yang bisa ditempuh tanpa harus transit. Karena terkadang proses transit / pindah pesawat ini sedikit membingungkan bagi yang belum terbiasa. Singapura atau Malaysia bisa jadi negara tujuan buat yang baru belajar solo traveling, anda tidak akan merasa sendirian disana karena dijamin (saya jamin dech!) anda pasti ketemu sesama warga Indonesia disana buat teman ngobrol, hahaha. Jangan kaget juga kalau nanti ketemu tetangga atau kerabat yang lagi liburan disana. 




Tips Penting Solo Traveling:

1. Tak kenal maka tak sayang, tak kenal daerah maka nyasar, hehehe. Ketahui dahulu daerah yang akan dituju, tak ada salahnya untuk browsing tentang tempat wisata menarik, hotel yang aman, tempat makan, tempat beli souvenir murah di google. Kebiasaan saya saat solo traveling itu meng-google sampai ke hal terdetail (misalnya letak kamar mandi di bandara!), & baca-baca blog pengalaman orang saat pergi ke tujuan tersebut. Jadi ketika sampai tujuan untuk pertama kalinya saa sudah punya 'gambaran' di kepala kalau letak ini disana, posisi itu ya ada disitu, tinggal saya cari sesuai dengan apa yang sudah saya lihat di internet, walau resiko nyasar tetap ada, hehehe.

2. Bawa minimal 1 gadget untuk alat komunikasi, pastikan operator telepon yang anda pakai bisa digunakan di negara tujuan (roaming) atau setidaknya bisa untuk wifi, free wifi ada di banyak tempat, jadi anda bisa tetap saling kontak dengan keluarga dirumah via chatting di media sosial (selain untuk upload foto selfie lagi jalan-jalan) *buat yang super narsis, tongsisnya jangan kelupaan*

3. Jangan bawa banyak barang! Packing semua barang anda di 1 tas ukuran sedang, bisa ransel ataupun koper plus 1 tas selempang kecil untuk menyimpan dompet, paspor & data penting. Anda akan lebih nyaman jalan-jalan dengan bawaan yang sedikit & tidak berat. Membawa barang bawaan / tentengan terlalu banyak juga ada resiko barang tertinggal karena anda akan kerepotan sendiri sehingga lupa dengan barang yang dibawa. Ya kecuali kalau lagi ada SALE besar-besaran, nenteng kantong belanjaan sebanyak apapun kayaknya rela, xixixixi. Tapi lebih baik acara 'ngeborong' ini pas waktu pulang saja jadi semua barang tinggal masuk bagasi pesawat.

4. Tulis nama & nomor kontak orang yang bisa dihubungi untuk keadaan darurat dibalik fotokopi paspor anda, simpan di kantong baju / celana & selalu bawa kemanapun anda pergi selama perjalanan. Ini sangat penting untuk keadaan tidak terduga kalau-kalau anda kehilangan tas anda atau kemungkinan terburuk terjadi kecelakaan, karena anda pergi sendirian tanpa ada rekan yang menemani. Kenapa fotokopi paspor bukan ktp? karena paspor adalah tanda pengenal international, pihak keamanan di seluruh bagian dunia manapun akan lebih mudah membantu kita dengan melihat paspor kita. Selembar kertas ini akan mengurangi resiko panik saat kita kehilangan tas yang isinya paspor asli. Inget ya, fotokopi paspor dibagian lembaran foto, no paspor, & data diri kita. Pada bagian belakang kertas fotokopian tulis nama & nomor kontak orang yang bisa dihubungi (komplit dengan kode negaranya). Bikin 2 / 3 lembar buat cadangan.


tips traveling ke luar negeri solo traveling
Ini barang saya bawaan sepulang solo traveling, demi oleh-oleh untuk anak saya rela mendorong koper besar & menenteng banyak tas, haha.

 That's it! Masih banyak sech tips lainnya, tapi kayaknya post saya sudah kepanjangan dech! hahaha. Bagaimana sudah tertarik untuk solo traveling atau jalan-jalan ke Luar Negeri sendirian??? Mungkin ada yang mau berbagi tips solo traveling di kolom komen? atau berbagi pengalaman saat traveling sendirian? I will love to read it!


(^_^) HAPPY SOLO TRAVELING
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE yach, THANK YOU...!!

6 comments:

  1. psst, cobain selfie pake Fotoku deh. pas banget buat traveling sendirian. framenya lucu2 :) ini bukan spam loh, cuma ngasih tau aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for the info yach, akan saya coba nanti :-)

      Delete
  2. sudah pernah ke banyuwangi? di tempat ku banyak pantai yang indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah pernah, sering malah, hehe, tapi sudah agak lama, saya sudah keliling2 pulau jawa. tapi sayang banget file foto jalan2 yang lama terhapus jadi gak bisa upload (>_<) Mudah2an nanti bisa main kesana lagi bawa anak2 :-)

      Delete
  3. betul tuh mak kalau traveling sendirian kita pasti terpaksa harus mandiri dan melatih keberanian :D
    Btw, terimkasih juga buat tipsnya... kapan kapan mau nyoba traveling sendiri juga deh :D
    Pantangan

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne