.

Tips Bijak Mengatur Budget Liburan Akhir Tahun

Tips hemat mengatur Budget liburan
Liburan dengan pesawat terbang tak selamanya mahal looh..!

 Akhir tahun menjadi momen untuk berlibur bersama keluarga atau teman. Pada saat liburan akhir tahun kita cenderung menghabiskan uang besar-besaran, akan tetapi selesai berlibur kita bingung sendiri karena dompet kosong, kemana larinya semua uang itu? Akibat antusiasme liburan kita jadi lupa berapa banyak uang yang sudah kita habiskan, ujung-ujungnya menyesal dech. 

 Nah saya disini mau kasih beberapa tips bijak cara mengatur budget liburan akhir tahun, mulai dari awal merencanakan liburan hingga pelaksaannya, agar anda tidak gigit dompet saat liburan berakhir, hehehe 

1. Buat Rencana Liburan
Sebelum pergi berlibur sebaiknya kita membuat rencana liburan, tentunya berdasarkan anggaran biaya yang kita punya. Anda tidak harus pergi ke tempat-tempat wisata yang jauh dan membutuhkan banyak biaya. Rencanakanlah pergi ke tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari rumah sehingga dari sisi biaya lebih murah. Jika lokasi wisata yang Anda pilih jauh dari rumah, Anda sebaiknya memesan tiket pesawat & hotel dari jauh-jauh hari karena harganya akan lebih murah. Dengan begitu Anda masih dapat menghemat budget liburan. 

2. Mencari Promo
Carilah promo tiket pesawat, hotel yang murah, diskon tiket tujuan wisata di internet kemudian bandingkan harganya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk booking. Anda bisa mencari promo diskon tiket pesawat yang banyak tersebar di situs agen travel & melihat rekomendasi hotel murah serta tempat wisata dari para traveler lainnya. Dengan mencari harga promo yang murah, tentu akan sangat-sangat menghemat budget liburan akhir tahun Anda.

3. Bayar dengan uang tunai
Sebaiknya Anda simpan kartu kredit baik-baik didalam dompet untuk biaya cadangan / biaya emergency selama liburan. Janganlah terbiasa menggesekkan kartu kredit di setiap toko yang anda temui, belanjalah menggunakan uang tunai! Mungkin Anda berpikir ribet membawa uang tunai, akan tetapi pembayaran menggunakan uang tunai akan mengontrol pengeluaran belanja Anda selama liburan. 

4. Gunakan Voucher
Saat ini hampir semua tempat makan, tempat wisata atau tempat belanja mengeluarkan voucher/gift cards. Menggunakan voucher belanja juga bisa sedikit mengerem angka pengeluaran saat liburan. Voucher/gift cards bisa di beli di website shopping online dengan harga promosi, atau mungkin Anda mempunyai voucher hadiah dari kuis? Tentunya Anda bisa semakin menghemat budget liburan denganmenggunakan voucher tersebut.

5. Catat Pengeluaran / Simpan Struk

Selalu catat pengeluaran Anda di notes kecil, atau Anda bisa menyimpan struk / kwitansi belanjaan untuk dihitung di akhir hari. Apakah pengeluaran Anda hari ini boros atau sudah hemat? Dengan melihat jumlah pengeluaran di hari ini, Anda akan lebih cermat lagi dalam mengatur pengeluaran di esok hari.


 Menikmati liburan akhir tahun tidak berarti membuat Anda harus menguras semua isi dompet & tabungan Anda. Berlibur dengan budget 'hemat' pun bisa menjadi liburan yang tak terlupakan asal di rencanakan dengan matang. 


(^_^) HAPPY TRAVELING
Suka dengan postingan ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE yach, Terima Kasih...!!

0 comments:

Post a Comment

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne