.

Resep Ayam Mandi Cabai

resep ayam goreng cabe hijau


Bensin naik, semua kebutuhan pokok biasanya ikut naik juga harganya tapi bukan berarti kita jadi gak bisa makan enak looh yach. Kita masih tetap bisa masakin makanan enak buat keluarga dengan budget yang terbatas, contohnya resep hemat AYAM MANDI CABAI di bawah ini.

 Hanya dengan budget dibawah 50.000 kita bisa masakin 1 keluarga menu makanan Ayam Goreng yang pedasnya nendaaaaaaang!! Yuk ach di intip resepnya disini, pssstttttttt udah termasuk rincian harga detailnya looh!



**AYAM MANDI CABAI**

Bahan-bahan:- 1/2 kg Paha Ayam utuh --> RP. 15.000 
- 1/2 sdt garam --> Rp. 500 
- 1 sdm air jeruk nipis --> Rp. 500
- 2 lembar daun salam --> Rp. 500
- 1 ruas lengkuas, pipihkan --> Rp. 500
- 500 ml minyak goreng --> 6000
- 500 ml air --> Rp. 1000

Bumbu halus (di ulek hingga halus):
- 1 sdt ketumbar --> 500
- 2 butir bawang putih --> 500
- 1/2 ruas kunyit --> 500
- 1/2 ruas jahe --> 500
- 1 sdt garam --> 500

Bahan bumbu cabai hijau:
- 10 butir tomat hijau, belah masing-masing menjadi 4 bagian --> 2000
- 6 buah cabai hijau besar, potong menjadi 3 bagian --> 2000
- 20 buah cabai rawit hijau --> 3000
- 5 siung bawang merah --> 1000
- 1 sdm air jeruk nipis --> 500
- 1 sdt gula pasir --> 500
- 1 sdt garam --> 500

Total seluruh belanjaan --> Rp 36.000

Cara Memasak Ayam Goreng:
1. Cuci bersih daging ayam, remas-remas ayam dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit, cuci bersih.

2. Siapkan wajan, masukkan ayam, bumbu halus, salam, lengkuas, dan air. Rebus ayam hingga empuk dan matang, jika air habis dan ayam belum matang, tambahkan lagi air dan lanjutkan merebus hingga matang. Angkat ayam dari kompor.

3. Siapkan wajan, anti lengket lebih baik, panaskan minyak goreng. Goreng ayam hingga matang kecoklatan, angkat dan tiriskan. 

Cara Memasak Bumbu Cabai Hijau:
1. Masukkan tomat, cabai dan bawang merah, ke dalam panci, tambahkan air hingga bahan terendam. Rebus sebentar hingga agak lunak. Tiriskan.
2. Ulek kasar semua bahan bumbu cabai, anda juga bisa menggunakan food procesor/blender. Jangan di ulek terlalu halus, karena tekstur sambal cabai hijau biasanya agak sedikit kasar. 

3. Siapkan wajan bersih, beri 4 sdm minyak bekas menggoreng ayam. Tumis sambal hijau hingga tidak terlalu basah, tambahkan sedikit garam, air jeruk nipis, dan gula pasir. Aduk rata, Angkat.

4. Siapkan ayam goreng di piring saji, lumuri ayam dengan bumbu sambal cabai hijau hingga seluruh ayam bermandikan cabai. Sajikan dengan nasi putih hangat.



*NOTES*
- Harga di atas berdasarkan harga di pasar yach, belanjanya pake nawar gitu looh :-p kalau belanjanya di Supermarket mungkin totalan harganya jadi lebih mahal dikit, hehehe.




(^_~)* Happy Cooking
Suka dengan resep ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE yach...TERIMA KASIH !!

6 comments:

  1. wah enak banget nih kayanya, boleh dicoba nih< salam perkenalan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya Sis Putri (eh nama kita samaan, hehe)
      Silahkan dicoba resepnya, walau cabe sekarang naik harganya tp makan pedes jalan terus,,hehe

      Delete
  2. hmmmm yummyy, jadi ngiler pasti enak, biasanya di rumah makan padang suka ada tuh ayam bumbu cabe hijau, salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga :-) Memang ayam ini terinspirasi dari ayam sambel hijau padang, tapi kalau beli terus di restoran kan mahal jadi bikin sendiri aza,,hehe

      Delete
  3. jam segini liat postingan tentang ayam sambel hijau mendadak perut ini jadi lapar.. mesti ke pasar nih pulang kerja beli bahan & bumbu.. nyampe rumah di coba dech.. hmm nyummy

    dari Batam > http://eobatam.blogdetik.com/

    ReplyDelete
  4. boleh dicoba de..kelihatanya enak banget.. :)

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne