.

5 Tips Agar Mata Tetap Sehat Saat Memakai Lensa Kontak

5 Tips Agar Mata Tetap Sehat Saat Memakai Lensa Kontak
"The eyes are the window of the soul."

 Lensa kontak saat ini tidak hanya diminati oleh orang yang memiliki mata minus, lensa kontak juga banyak dipakai hanya untuk sekedar gaya (aksesoris fashion). Pemakaian lensa kontak juga dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan mata, seperti mata merah, infeksi, bahkan peradangan kornea mata jika kamu tidak mengikuti petunjuk dokter mata atau tata cara pemakaian lensa kontak yang benar. 

Berikut adalah 5 tips agar mata tetap sehat walaupun sering memakai lensa kontak, selamat menyimak:

1. Selalu cuci tangan saat sebelum memasang atau akan melepas lensa kontak kamu. Tangan bisa menjadi pusat bakteri karena selalu menyentuh segala macam benda yang belum tentu bersih. Bakteri pada tangan kamu dapat dengan mudah ditransfer ke lensa kontak jika kamu memakai dan melepas lensa kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Selalu cuci tangan kamu dengan air hangat dan jangan lupa memakai sabun, lalu keringkan tangan dengan handuk bersih sebelum memegang lensa kontak. 

2. Salah membersihkan lensa kontak. Sebagian orang berpendapat membersihkan lensa kontak cukup dengan cara merendamnya saja selama beberapa jam. Akan tetapi hanya merendam lensa kontak sebenarnya tidak dapat menyingkirkan protein dan lipid yang berada pada permukaan lensa, ini adalah sumber utama makanan bagi mikroorganisme. Lensa kontak akan menjadi sangat tidak nyaman dan mata gampang iritasi bila ada mikroorganisme yang menempel pada permukaan lensa kontak. Untuk itu kita harus membersihkan lensa kontak dengan cara menggosok lensa kontak pelan-pelan didalam genangan solusi segar / cairan pembersih lensa kontak selama kurang lebih 10 detik. 


5 Tips Agar Mata Tetap Sehat Saat Memakai Lensa Kontak
[REVIEW] BABY-COLOR Softlens Super Yogurt ada di blog Miss Ehara`s Closet

3. Gantilah lensa kontak Anda secara teratur. Semua lensa kontak memiliki masa expired atau berapa lama lensa kontak bisa dipakai. Mencoba untuk berhemat dengan tidak mengganti lensa kontak padahal waktu expirednya sudah lewat hanya akan merugikan diri kamu sendiri looh! Lensa kontak mengalami penurun kualitas dari waktu ke waktu karena penggunaan, pembersihan, dan penyimpanan. Lensa kontak akan semakin terasa tidak nyaman dimata dan cenderung gampang membuat mata menjadi iritasi bila kamu masih memaksakan diri untuk memakainya. Jadi jangan sampai lupa untuk mengganti lensa kontak kamu yach.

4. Jangan memakai lensa kontak saat tidur. Tidur dengan memakai lensa kontak adalah suatu hal yang harus kamu hindari. Senyaman apapun lensa kontak dimata kamu, tidur dengan memakai lensa kontak akan membuat stres hipoksia (kekurangan oksigen) pada kornea mata Anda. Stres ini dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan mata merah, iritasi mata hingga dapat merusak mata kamu. Ngeri banget kan? 

5. Beralih dari lensa bulanan ke lensa sekali pakai. Tidak ada yang lebih sehat untuk mata kita selain lensa kontak yang baru, yang masih steril dan pastinya masih sangat nyaman dipakai. Lensa kontak harian memang lebih mahal daripada lensa kontak bulanan, akan tetapi kamu tak perlu lagi memusingkan tentang perawatan lensa kontak karena setelah memakai lensa kontak harian kita tinggal membuangnya dan memakai lensa kontak harian yang baru. Boros? Yaaa mungkin memang harga lensa kontak harian sedikit lebih mahal, tapi sebenarnya kita juga berhemat karena tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli cairan pembersih lensa kontak.


 Oke, tadi adalah 5 tips mata tetap sehat saat memakai lensa kontak berdasarkan pengalaman pribadi saya yang telah memakai lensa kontak selama belasan tahun, hehe. Semoga tips ini berguna untuk menjaga mata Anda sehat selama memakai lensa kontak. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar lensa kontak atau memiliki tips lainnya, jangan ragu untuk komen dibawah ini yach!


(^_~)* JAGALAH KESEHATAN MATA, KARENA MATA ADALAH JENDELA HATI
Suka dengan post ini? Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima Kasih!!   

3 comments:

  1. Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    BW gan kunjungi nyapnyap.com

    ReplyDelete
  2. Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    ReplyDelete
  3. Mata sangat rentan penyakit, sering baca terlalu dekat, sering melihat layar terlalu sering, pasti akan terkena masalah mata. Sebaiknya sebelum terlambat memang harus kita rawat dan jaga mata sebaik mungkin.

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne