.

Kangen Masakan Indonesia (plus resep Cah Kangkung Okinawa)


 Hampir sebulan di Jepang, saya kangen pengen makan makanan Indonesia. Ada sech restaurant khusus makanan Indonesia tapi wuih harganya jangan ditanya. 

 Eh, pas lagi belanja ke supermarket saya melihat sayur hijau yang sangat familiar, kangkung! Tanpa basa-basi langsung saya ambil 2 ikat, eh langsung saya balikin 1 ikat, jadinya beli 1 ikat aza, tipiiiisss pula ikatan sayurnya alias dikit, abis harganya mahal! ahahaha *emak-emak hemat*

sayur kangkung

 1 ikat kangkung Jepang atau ensai menurut nama jepangnya harganya 178 yen / Rp 20.000 !! Kalau beli di Indonesia segitu bisa dapat 20 ikat! Untunglah karena saya belanja di malam hari jadi dapat diskon 30 yen, ya lumayanlah biar hemat, hehehe. Sayur kangkung atau ensai ini sayur lokal yang asli ditanam di Okinawa dan jarang ada di daerah Jepang lainnya. Sayapun tertarik untuk memasaknya menjadi Cah kangkung!

resep cah kangkung

 Nah, saat memasak Cah Kangkung pun saya agak bingung, karena bawang merah dan bawang putih mahal harganya. Cabe keriting pun tidak ada di supermarket. Jadilah saya memasak Cah Kangkung dengan bumbu `ala kadarnya` hahaha. 


Bahan-bahannya:

- 1 ikat ensai / kangkung Okinawa, potong terlebih dahulu, pisahkan daun & batangnya.
- 1/4 buah bawang bombay ukuran sedang, iris tipis memanjang.
- 2 buah wieners / sosis sapi, iris tipis.
- 2 sdm saus tiram.
- 1 sdm sambal instant (pengganti cabe).
- garam & air secukupnya.
- minyak untuk menumis.

Cara membuat:
1. Tumis bawang bombay hingga harum, lalu masukkan potongan batang sayur kangkung, tumis hingga agak layu.
2. Masukkan daun sayur kangkung dan irisan wieners, aduk hingga daun layu, masukkan saus tiram dan sambal, aduk kembali hingga bumbu merata. Tambahkan garam dan air secukupnya, aduk hingga rata. Biarkan sesaat hingga matang.
3. Cah Kangkung Okinawa ala Bunda siap dihidangkan!


 Rasa ensai atau sayur kangkung Okinawa ini terasa lebih crunchy. Akan tetapi rasa bumbu Cah Kangkung memang gak sama dengan Cah Kangkung yang biasa saya masak dirumah, mungkin karena kurang bumbu dan pakai saus tiram jadinya rasanya sedikiiit berbeda. Tapi Alhamdulillah yach sesuatu, rasanya tetap nikmaaaaat sekali, mungkin karena sudah kangen masakan Indonesia kali yaaa..



(^_^)  OISHIIIII NE...!
Suka dengan post ini? Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima Kasih!! 

1 comments:

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne