.

Tips Menjaga Kebersihan Botol Susu

Tips Menjaga Kebersihan Botol Susu

 Bagi anda yang memiliki anak bayi / balita, menjaga kebersihan botol susu si kecil adalah hal yang penting. Anda tidak ingin anak anda sakit hanya karena kebersihan botol susunya tidak terjaga kan?  

 Mencuci botol susu agar selalu bersih sebenarnya sangat gampang, akan tetapi anda juga harus memperhatikan tempat penyimpanan botol susu di tempat yang tepat. Hal ini mungkin terkesan sangat sederhana, namun mampu memberi dampak besar bagi kesehatan si kecil loh! Karena anak kecil terutama usia dibawah 5 thn sangat rentan terkena virus penyakit. Anda bisa mengikuti beberapa tips menjaga kebersihan botol susu yang sudah saya rangkum berikut ini...

1. Selalu cuci dot botol susu
 Anda harus mencuci dot / puting botol setiap hari. Saat mencuci, Anda perlu membersihkan dot botol susu menggunakan spon lembut agar tidak merobek dot. Anda harus mencucinya dengan seksama, terutama pada ujung dot & sudut-sudut tutup botol.

2. Jangan menyimpan sisa susu di dalam botol susu
 Bila anak tidak meminum susu sampai habis, Anda perlu membuang sisa susu di dalam botol. Jangan menyimpan sisa susu dalam botol, sisa susu yang dibiarkan tersimpan lama di dalam botol hanya akan menumbuhkan bakteri dan menyebabkan bau busuk pada botol. Hal ini tentu akan menurunkan tingkat kebersihan botol susu si kecil.

3. Jaga botol susu agar selalu kering
 Setelah mencuci botol susu jangan langsung disimpan dengan keadaan basah & tertutup, karena botol yang basah dan dibiarkan tertutup dapat menjadi rumah bagi bakteri dan kuman. Setelah mencuci botol susu, Anda harus segera mengeringkannya menggunakan kain bersih atau bisa mengangin-anginkan botol susu, dot & tutup botol susu di rak khusus botol susu.

4. Sterilkan botol dan dot secara berkala 
 Cara sederhana untuk membebaskan botol susu dan dot dari kuman-kuman adalah dengan cara mensterilkannya. Bagaimana cara mensterilkan botol susu & dotnya? Yaitu dengan cara merebus botol susu, dot & tutup botol serta perlengkapan lainnya yang telah dicuci bersih ke dalam panci berisi air. Usahakan agar botol susu terendam dalam air. Rebus hingga mendidih lalu matikan api kompor, biarkan botol susu di dalam panci selama minimal 3-5 menit setelah air mendididih. Lalu keluarkan botol susu dengan menggunakan penjepit botol khusus agar kesterilannya tetap terjaga. Keringkan botol susu dengan cara di lap / di angin-anginkan di rak botol susu khusus. Jika botol susu tidak segera digunakan, simpan dalam wadah yang bersih dan tertutup.



(^_^) SEMOGA TIPSNYA MEMBANTU
Suka dengan tips ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE yach...Terima Kasih!!!

1 comments:

  1. Keponakan lagi sering sakit ni. Apa karena kurang steril juga ya. Susternya yang cuci botol susu dia :( klo soal susunya, dia suka minumnya susu bayi Morinaga. Ada tanda-tanda apa ya di botol susu kalo cucinya kurang bersih?

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne