.

Resep: Spaghetti Panggang / Baked Spaghetti

Spaghetti Panggang / Baked Spaghetti

  Anak-anak mau makan spaghetti tapi si Ayah bosan makan spaghetti biasa, biar semua senang saya akhirnya bikin Spaghetti Panggang atau bahasa kerennya Baked Spaghetti !! 

 Makan spaghetti jadi lebih spesial rasanya dengan resep Baked Spahetti ini, apalagi lelehan keju mozarela yang super banyak didalamnya. Hmmmm, kejunya melted dimulut bercampur dengan saus bolognese & pasta spaghetti yang lembut...yummy banget! *bikin ngiler gak tuch???* 

 Cara membuatnya pun cukup mudah kok! Karena saya lagi agak malas masak, kali ini saya memakai saus spaghetti siap pakai. Hanya dalam sekejap spaghetti panggang hangat siap disantap oleh seluruh keluarga.


Resep dalam bahasa Indonesia & inggris.
Recipe on bahasa Indonesia & english.

**BAKED SPAGHETTI**

Bahan-bahan:
- 250 gram  daging sapi cincang 
- 1 bungkus saus spaghetti Bolognese siap pakai (saya pakai merk LaFonte)
- 1 kotak kecil pasta spaghetti LaFonte
- 5 sdm saus sambal pedas (ini optional, saya suka pedas jadi saya tambahin sambal)
- 1/2 bawang bombay ukuran sedang, potong dadu kecil 
-  200 gram keju Mozzarella, parut kasar (gunakan parutan besar)
- 50 ml susu cair segar
-  bubuk oregano, basil, garam dan merica secukupnya
- 2 sdm minyak untuk menumis


Cara Membuat:
1. Tumis daging cincang dengan bawang bombay.
2. Rebus spaghetti dengan air panas selama kurang lebih 8 menit atau hingga al dente. Tiriskan spaghetti.
3. Campur spaghetti dengan tumisan daging, saus bolognese, beri garam, merica, bubuk oregano & basil secukupnya atau sesuai selera. Aduk hingga semua merata.
4. Siapkan loyang atau pinggan tahan panas, masukkan spaghetti sedikit demi sedikit, dan taburi dengan keju mozzarella di tengah-tengah lapisan spaghetti. Beri sisa keju mozzarella yang banyak di atasnya. Tuangkan susu cair di atasnya, biarkan hingga susu meresap kedalam.
5. Panggang pada suhu tinggi selama sekitar 30 menit, atau hingga terlihat kejunya berbuih.
6. Keluarkan loyang dari oven, dinginkan sesaat, Baked Spaghetti siap disantap!

#NOTES#
- Keju yang digunakan gak harus mozzarella cheeese, bisa juga digantikan dengan keju cheddar atau jenis keju lainnya. Tapi memang lebih enak jika memakai keju dengan tipe yg gampang meleleh.
- Mau pakai saus spaghetti buatan sendiri? boleh banget! Jadinya akan lebih enak bila memakai saus pasta tomat buatan sendiri. Cuma karena sedang malas & ingin lebih praktis saya memakai saus spaghetti instan, hehehe.


**RECIPE ON ENGLISH**

Ingredients :
- 250 grams of minced beef
- 1 pack of instan Bolognese spaghetti sauce ( I use the brand lafonte )
- 1 small box of spaghetti pasta 
- 5 tablespoons hot chili sauce ( this is optional , I like spicy so I add chilli sauce )
- 1/2 medium-size onion, diced small
- 200 grams of mozzarella cheese, grated ( use a large grater )
- 50 ml of fresh liquid milk
- oregano, basil, salt and pepper to taste
- 2 tablespoons oil for sauteing

How to Make :
1 . Sauté the minced beef with onions .
2 . Boil spaghetti with hot water for about 8 minutes or until al dente . Drain the spaghetti .
3 . Combine spaghetti with meat, bolognese sauce, add salt, pepper, oregano and basil to taste. Stir until all mix evenly.
4 . Prepare a baking sheet or heat resistant dish, put the spaghetti little by little, and sprinkle with mozzarella cheese in the middle layer of spaghetti. Give the rest of the mozzarella cheese on top. Pour milk over it, let the milk seep into spaghetti.
5 . Bake at a high temperature for about 30 minutes, or until the cheese is look bubbly.
6 . Remove the baking sheet from the oven , let cool for a moment, Baked Spaghetti ready to eat !

# NOTES # 
- Mozzarella cheeese, can also be replaced with cheddar cheese or other cheese types. But it is much better & much delicious if you use the type of cheese that melts easily. 
- Want to use homemade spaghetti sauce? yes you can! Homemade spaghetti sauce will taste more delicious but if you want more simple & easy cooking just use the instant spaghetti sauce.


(^_~)*  HAPPY COOKING
Suka dengan resep ini? Jangan! lupa klik LIKE & SHARE yach...Terima Kasih!!  

19 comments:

  1. I've never tried baked spaghetti, didn't know you could bake it only boil it haha. I am rubbish with cooking.

    ReplyDelete
  2. woo next time I'll try this recipe..it look soooo delicious!

    ReplyDelete
  3. Great tips looking delish ! I shall try this out tomorrow .. :)
    www.smallnhot.com

    ReplyDelete
  4. Looks really yummy! I've never tried this recipe thank you for posting dear! :) I'm actually practicing different recipes now that I'm becoming a mommy and this one helps alot! :) ♥ #giglove

    http://switbbydoll.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. A must try! It looks very delicious and yeah I love spaghetti. Great post pretty :)

    http://www.itsdaintychic.com/2014/04/that-sweet-round-skirt.html

    ReplyDelete
  6. Wow, baked spaghetti. Interesting! Anything baked and anything pasta sure is delish! :-)

    ReplyDelete
  7. I've never heard of a Baked Spaghetti - this is new for me ;-) I like it!

    ReplyDelete
  8. Reading through your recipe brought back memories... lived in Jakarta for three years :-)
    Just haven't got around to writing up my adventures there.

    http://www.stepsonair.info/

    ReplyDelete
  9. I never knew we can bake spaghetti! Will give this a shot sometime soon!

    ReplyDelete
  10. yum that's a really great idea that I am going to steal and try :)

    ReplyDelete
  11. Im strictly away from all flour and junk eating hence this post is SO tempting to me :-D Loved the recipe and I shall try it when I can for sure ^_^

    ReplyDelete
  12. Keliatannya enak Kak, Kaka pandai masak deh, fotonya keren-keren.

    ReplyDelete
  13. saya di Indonesia jarang makan spageti Bu. Saya pengin coba bikin spageti pake resep ibu. Boleh ya... trims.

    ReplyDelete
  14. selalu tertarik nyobain masakan yg pake panggang2 tapi masalahnya di oven hihihi dirumah gk ada oven....kira2 klo ut manggang selain pake oven pake apa ya bund....xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi beli oven dong :-D
      sebenarnya bisa aza kok di akalin bikin Baked spaghetti di rice cooker! yes, di rice cooker yg buat masak nasi itu,,xixixi pakai loyang alumunium foil yg kecil aza buat wadahnya, masukin ke rice cooker trus masak hingga matang! tapiiii...matengnya agak lama dibanding pake oven, hehehe
      atauuuu bisa juga pakai pan sejenis happycall itu looh, tapi lagi2 terhalang pas loyangnya aza,,pakai loyangnya harus yang ceper kalau mau di masak pakai pan happycall (^_^) semoga tipsnya bisa membantu

      Delete
  15. I've never tried spaghetti before. Can you believe it? So, baked spaghetti is still unknown to me haha. But the recipe looks really good. So yum!

    ReplyDelete
  16. Wow, this looks so good! Thank you for sharing the recipe. :)

    ReplyDelete
  17. nyammmmm....... bikin ngiler aja Bunda

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne