.

Cooking Life Hacks / Tips Memasak -Part 1-


Apa itu Cooking Life Hacks?

 Cooking Life Hacks itu tips sederhana untuk membantu kegiatan memasak yang seringkali tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya. Terkadang beberapa tips cooking life hacks terasa sedikit aneh tapi sesungguhnya tips-tips ini akan sangat membantu kita ketika memasak looh!

 Saya akan membuat postingan mengenai Cooking Life Hacks dalam beberapa part, "kenapa di pisah-pisah postnya?" Karena ada banyaaaaaaaak sekali cooking life hacks, tapi kalau ditulis semua di satu postingan ntar bacanya malah bikin pusing...xixixixi

 So lets check it out, Cooking Life Hacks part 1:


Cooking Life Hacks Tips Memasak
Masukkan sayuran yang telah direbus ke dalam mangkuk berisi air dingin/air es agar proses pemanasannya berhenti. Ini sangat berguna untuk menjaga sayuran yang akan dijadikan hiasan plating tetap berwarna cerah & terlihat segar.



Cooking Life Hacks Tips Memasak
Sebelum buah lemon diperas atau di jus, gulingkan buah lemon terlebih dahulu dengan cara ditekan oleh telapak tangan lalu buat gerakan maju-mundur selama beberapa menit (1-2 menit). Cara ini akan memaksimalkan air sari lemon yang keluar sehingga kita bisa mendapatkan jus lemon yang lebih banyak. 



Cooking Life Hacks Tips Memasak
Sering kesusahan ketika mencincang bawang bombay? 
Untuk menjaga agar bawang bombay tetap bersatu ketika dicincang, jangan memotong akar bawang bombay terlebih dahulu. Akar bawang bombay akan menjaga bawang bombay tetap bersatu sehingga lebih memudahkan kita ketika mencincangnya.



Cooking Life Hacks
Tangan bau bawang? Sudah cuci tangan tapi baunya tetap menempel?
Hilangkan bau bawang dengan menggosokkan tangan ke benda yang terbuat dari stainless steel (sendok, panci atau bahkan bak cuci piring!) selama kurang lebih 30 detik, lalu anda bisa cuci tangan dengan air seperti biasanya. Dijamin bau bawang akan hilang!



Cooking Life Hacks Tips Memasak
Saat sedang mencincang cepat terkadang talenan suka bergerak-gerak atau bergeser, ini jelas sangat berbahaya. Kita bisa menyiasatinya dengan menyimpan kain lap atau tisu dapur yg tebal dibawah talenan agar talenan tetap diam & tidak bergerak-gerak ketika kita sedang memakai talenan. 



Cooking Life Hacks Tips Memasak
Bekukan daging terlebih dahulu di freezer hingga membeku untuk memudahkan proses pengirisan daging ketika akan memasak makanan / tumisan yang memerlukan potongan daging yang tipis.



Cooking Life Hacks Tips Memasak
Untuk hasil yang terbaik ketika membuat kue / roti, jangan memakai butter atau telur yang baru di ambil dari kulkas. Pakailah butter & telur yang sebelumnya telah disimpan di suhu ruangan selama semalaman.



Ingin merebus pasta dalam waktu singkat?
Terlebih dahulu rendam pasta mentah ke dalam air, baru memasaknya dengan cara direbus seperti biasanya. Pasta akan matang hanya dalam waktu 60 detik alias 1 menit!



Pastikan anda selalu menggunakan sendok takar, timbangan kue atau alat pengukur takaran lainnya ketika memanggang kue. Jangan pernah menggunakan sistem takaran 'feeling' ketika memanggang kue, karena kesalahan dalam takaran bahan akan membuat kue / roti / pastry yang kita panggang gagal *kue menjadi bantet, roti keras, dll*



Source & image from The Cive



(^_^) COOKING LIFE HACKS MAKES YOUR LIFE MORE EASY 
Suka dengan post ini? Jangan lupa klik LIKE & SHARE yach...Terima kasih!!!

3 comments:

  1. Bermanfaat ϐªª♌ƍξeŤŤ bun.

    ReplyDelete
  2. thank youuu bun buat infonya yang bermanfaat, ditunggu part 2 nya ya <3

    ReplyDelete
  3. Such a rewarding piece of cooking knowledge!
    Thank you for sharing... :)

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne