.

Tips Mengajarkan Anak Tidur Sendiri

 Anak-anak masih tidur sama Mama-Papanya padahal sudah besar?
Membiasakan anak tidur sendiri di kamarnya memang perlu waktu, apalagi bila anak sudah terbiasa tidur sama orangtuanya sejak kecil. Padahal tidur di kamar sendiri bisa membangun kemandirian & rasa percaya anak looh. 

 Paling bagus mengajarkan anak tidur sendiri sejak dini, bahkan sejak usianya masih dibawah 1 tahun! Kita bisa mulai mengajarkan anak tidur sendiri di boksnya (tempat tidur khusus bayi). Seperti saya dulu, saya mulai mengajarkan anak saya tidur sendiri sejak masih bayi baru lahir. Saya menaruh boks bayi di ujung kamar kami, saya & suami sepakat anak harus tidur di ranjangnya sendiri tidak bergabung di kasur orangtua. Jadi walaupun bayi baru lahir itu sering sekali terbangun di tengah malam, saya tetap menidurkan Kaka Viqie (yang saat itu baru lahir) diranjang. Bila dia menangis saya akan menyusuinya di kursi goyang (salah satu benda favorit saya), setelah dia tertidur saya akan menyimpannya kembali ke ranjangnya lalu saya kembali tidur ke ranjang saya. Ribet? memang sedikit ribet tapi ini semua demi melatih kemandiriannya sejak bayi.

 Setelah Kaka Viqie berusia 2 tahun, barulah saya membuatkan kamar khusus untuknya. Tak sulit untuk Kaka Viqie tidur di kamarnya sendiri karena dia sudah terbiasa tidur di ranjangnya sendiri. Selain itu, anak usia 2 tahun sudah memiliki ego & mulai mengerti rasa ingin memiliki. Ini adalah saat yang tepat untuk mengajarkan anak tentang ruang pribadi yang bisa dia miliki bila anak tidur di kamarnya sendiri. 


Mengajarkan Anak Tidur Sendiri
Sejak usia 2 thn Kaka Viqie nyaman tidur di kamarnya sendiri, saya biarkan ia memilih sendiri sprei & selimut berdasarkan tokoh kartun favoritnya saat itu. Tak pernah sedikit pun dia merasa takut saat tidur sendiri, bahkan dia berkata "Ninja ga boleh takut bobo sendiri" hahaha
 (difoto ini usianya sudah 4 tahun)


 Akan tetapi anak pasti akan merasakan sedikit rasa kehilangan & tidak nyaman saat pertama kali tidur di kamarnya sendiri. Karena anak akan kehilangan sosok orangtua yang biasa menemaninya saat dia tidur. Apalagi bila anak anda sejak kecil terbiasa tidur dengan orangtuanya, semakin lama anak terbiasa tidur bersama orangtuanya maka anak akan semakin merasa bergantung dengan kehadiran kita. Anak pun akan semakin sulit untuk di ajarkan tidur di kamarnya sendiri. 

 Masih ragu / kesulitan mengajarkan anak tidur sendiri? Anda tidak perlu khawatir, ada banyak cara agar anak mau tidur di kamarnya sendiri. saya akan kasih beberapa tips yang bisa orangtua lakukan saat akan mengajarkan anak tidur sendiri..


1. Siapkan kamar tidur anak
 Pilihlah kamar tidur untuk anak yang berlokasi dekat dengan kamar orangtua agar anak tetap merasa tenang saat tidur. Siapkan kamar tidur anak dengan senyaman mungkin tanpa melupakan keamanan untuk anak. Pilihan warna cat tembok, kasur, perabotan & dekorasi yang ada didalam kamar bisa disesuaikan dengan kesukaan anak anda. Anak perempuan pasti akan lebih menyukai kamar bernuansa warna girly seperti pink atau ungu. Sedangkan anak laki-laki akan lebih menyukai warna terang seperti biru atau mungkin hijau muda. Ajaklah anak anda untuk turut serta ketika mengecat kamarnya, mengatur posisi perabotan atau ketika memilih sprei & selimut, sehingga anak akan lebih antusias tidur di kamarnya sendiri. Tapi jangan lupa pastikan cat tembok yang anda pakai ramah lingkungan & semua perabotannya itu menggunakan bahan yang aman untuk anak-anak.

2. Berilah pujian saat anak berhasil tidur sendiri
 Di hari pertama mungkin anda masih menemani anak anda tidur di kamarnya. Entah karena anak masih merasa takut atau anda yang masih belum rela untuk melepas anak tidur sendiri. Ketika anak berhasil tidur di kamarnya sendiri di kamarnya untuk pertama kalinya, beri anak pujian bahkan sebuah hadiah! Ini adalah bonus yang akan membuat anak anda semakin semangat untuk tidur sendiri di kamar barunya.

3. Dongeng sebelum tidur
 Membacakan dongeng / cerita sebelum tidur itu beda looh ya dengan menemani anak tidur. kalau menemani anak tidur kan orangtuanya ikut tertidur juga disamping alias ketiduran, hehe. Membacakan dongeng bisa membuat anak merasa tenang sebelum tidur, membacakan cerita rakyat juga bisa menambah pengetahuan anak dan jadi stimulasi dini untuk anak yang mampu merangsang ketrampilan anak. Selain itu dongeng / cerita rakyat bagus perkembangan otak anak, mengajarkan kebiasaan membaca sejak dini & juga mengoptimalkan perkembangan psikologisnya. Jadi mulailah untuk membiasakan diri membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak. Bacakan 1-2 cerita sebelum tidur, setelah itu kecuplah keningnya & biarkan anak tidur sendiri dengan tenang.

4. Bila anak merajuk tak mau tidur sendiri
 Ada kalanya anak menolak tidur di kamarnya sendiri & memaksa untuk kembali tidur bersama orangtuanya. Kita jangan langsung mengalah untuk membiarkan anak kembali tidur bersama, usahakan anak tetap tidur di kamarnya. Cobalah untuk mencari tahu kenapa anak tidak mau tidur dikamarnya. Mungkin kamarnya terlalu gelap? atau mungkin terlalu terang? Kasurnya terlalu keras, kamarnya terlalu berisik, hawa terlalu dingin, bahkan mainan kesayangannya tidak ada di kamar bisa membuat anak susah tidur & berakibat anak ogah tidur di kamarnya.  Cek kondisi kamar & AC atau atur kembali posisi kamar agar anak merasa nyaman. Bila anak tidak mau tidur di kamarnya karena takut akan mimpi buruk, anda bisa mencari tahu apakah mungkin ada sesuatu yang dia takutkan hingga terbawa mimpi? Kurangilah aktifitas anak di siang hari, karena bila terlalu capai / kelelahan bisa menimbulkan keresahan saat tidur bahkan mimpi buruk. 


 Semoga sedikit cerita & beberapa tips dari saya membantu anda ketika mengajarkan anak tidur di kamarnya sendiri yach. Yang perlu anda ingat, anak butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan sesuatu yang baru bagi dia. Jadi ajarilah anak anda untuk mandiri tidur di kamarnya sendiri secara bertahap agar anak tidak merasa 'terpaksa'.

 Punya tips tambahan? atau mungkin anda punya pengalaman & tips sendiri agar anak mau tidur sendiri di kamarnya? silahkan tinggalkan tips / pengalaman anda di kolom komen yach. Saya akan dengan senang hati membacanya & tentunya tips tambahan dari anda akan membantu para orangtua lainnya.


(^_^) GOOD NIGHT, SLEEP TIGHT, DONT LET THE BED BUG BITE!
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach...Terima Kasih!!!

10 comments:

  1. Patut Di Coba Buat Si Cantik Yang Masih "Ngetek" Bobo Sama Ndanya.. Thank Mom Nice Info

    ReplyDelete
  2. i have an invite for you!

    xoxo,
    Alice's Pink Diary
    --> Invitation to my 5 winners Firmoo Giveaway!
    I hope you will partecipate!!

    ReplyDelete
  3. salam kenal...
    Artikelnya sangat bermanfaa..
    mau tanya klo untuk membeli perlengkapan bayi seperti kaos kaki bayi yang bagus dan murah di mana ya...

    ReplyDelete
  4. Tips yg sangat bermanfaat.. patut dicoba nihh.

    ReplyDelete
  5. Tips yg sangat bermanfaat.. patut dicoba nihh.

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne