.

Resep: Sambal Pedas Gila


 Bila si Ayah masuk dapur yang terjadi adalah semua stok persediaan cabe habis dia pakai untuk bikin sambal & aneka masakan pedas lainnya, hahaha. Kebetulan suami saya itu memang pecinta makanan pedas, dia gak akan bisa makan kalau tidak ada sambal. Makanya saya selalu sedia cabe di dapur dalam jumlah yang sangat banyak. 

 Naaaah, jadi waktu kemarin itu si Ayah masuk dapur & bikin sambal yang menghabiskan seluruh stok cabe dirumah. Setelah itu Sambal yang Pedas Gila ini disimpan di wadah tertutup / tupperware kemudian dimasukin ke kulkas. Sebagian dari sambalnya dipakai untuk masak aneka makanan pedas, salah satunya untuk masak Ayam Pedas Banget (resep Ayamnya menyusul yach).


Sambal Pedas Gila
Sambal Pedas Gila bikinan si Ayah, muat di kontainer tupperware yg gede. Isinya udah berkurang kerena sudah dipakai masak makanan lain, tadinya mah full.
 Yang penasaran sama resepnya silahkan lihat kemari, sambal pedas gila ini bisa untuk semua masakan yang pedas-pedas looh! Pedasnya dijamin bikin mata melotot, xixixi.


**SAMBAL PEDAS GILA**

Bahan-bahan :
- 800 gram cabe (cabe rawit berwarna hijau tapi sebagian ada yg warna merah & oranye juga)
- 200 gram cabe merah keriting
- 250 gram bawang merah
- 100 gram bawang putih 
- 1 buah tomat merah ukuran sedang
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula
- 200 ml minyak goreng

Cara Membuat :
1. Kupas kulit bawang, cuci bersih bawang & cabenya.
2. Panaskan minyak, lalu masukkan bawang merah, bawang putih & cabe (tanpa perlu dipotong, masih dalam kondisi utuh setelah dicuci). Tumis-tumis sesaat sampai baunya harum.
3. Setelah itu masukkan cabe & bawang yang telah ditumis ke dalam blender (masukkan juga semua sisa minyaknya. Tambahkan tomat lalu blender hingga hancur, tapi jangan terlalu halus yach hasil blendernya.
4. Panaskan lagi sambal yang telah di blender ke dalam penggorengan, tambahkan garam & gula. Tumis sesaat hingga matang. Angkat. 
5. Setelah dingin sambal bisa disimpan ke dalam wadah tertutup lalu disimpan ke kulkas.


*NOTES*
- Ini takaran resepnya untuk bikin stok sambal 1 minggu yach, makanya cabe yang dipakai banyak banget (>_<) kalau mau bikin sedikit dikurangin aza jumlah cabenya.
- Bila anda lebih suka memakai ulekan (seperti saya) cabenya di uleg aza pakai ulekan. Berhubung ini yang nyambel si Ayah jadi dia lebih suka pakai blender karena gak bisa ngulek! ahahaha.
- Bila disimpan diwadah tertutup seperti tupperware lalu disimpan dikulkas, sambal ini awet hingga 2 minggu looh! Tapi kalau dirumah saya, dalam waktu seminggu kurang juga sudah habis, hehehe.


(^_^) SELAMAT NYAMBEL..
suka dengan resep  saya? jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima Kasih!!   

3 comments:

  1. Siang..
    Mbak minta resep ayamnya dunk..
    Pengen juga nyobain resepnya..
    "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. wah nc info.. thx mb... emank apapun pake wadah Tupperware jadi awett gak brubah... mana resep ayamx mb... thx ya... moga berkah buat semua yg baca... amin..

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne