.

Tragedi Cucian & Tips Perawatan Pakaian Sesuai Labelnya

arti simbol label baju
-pic from google-
 Pernahkah Anda memperhatikan label pada baju / celana anda? Label pada pakaian mungkin terkesan sepele, atau sebagian dari anda masih belum mengerti apa arti gambar simbol yang ada pada label baju? padahal itu adalah label cara perawatan pakaian yang sangat penting. Salah perawatan ketika mencuci atau menyetrika bisa mengakibatkan pakaian rusak looh! Tidak memperhatikan label pada pakaian bisa menyebabkan 'tragedi cucian' yang baru-baru ini terjadi dirumah saya...

 'tragedi cucian' ini terjadi ketika urusan cucian ditangani oleh suami tercinta karena saya sakit (FYI, saya tidak mempunyai asisten rmh tgg dirumah). Saya biasanya selalu teliti memperhatikan label pakaian sebelum mencuci, semua pakaian saya cuci sesuai dengan labelnya.  Rupanya saat ayah mencuci, dia kurang memperhatikan label perawatan pada pakaian yang akan dicuci alias main cemplung aza semua cucian kedalam mesin cuci, hehehe. Walhasil dress putih kesayangan saya terkena luntur dari warna pakaian yang lain & aksesoris manik-manik yang ada di bagian kerah copot semuanya. 

 Ketika saya protes "Ayah, cuci bajunya jangan digabungin, nyucinya harus sesuai label pakaian, kan ada simbol cara nyucinya tuch di label bajunya" si ayah simple menjawab "Ayah gak ngerti arti simbol2 itu, kirain semua sama saja, yang penting dicuci pakai air & detergen kan??" saya langsung speechless... (T_T) *nangis dibawah tiang jemuran*

 Oleh karena itu, Bunda akan berbagi info mengenai arti simbol-simbol pada label pakaian agar Anda semua tidak salah dalam merawat pakaian. Tips perawatan pakaian sesuai labelnya ini penting agar 'tragedy cucian' yang terjadi dirumah saya, tidak terjadi pada anda. *dan agar dibaca oleh ayah juga, hahaha*


Ini adalah simbol-simbol yang biasa ada di label pakaian..
Tips Perawatan Pakaian Sesuai Labelnya

 Gambar seperti ember yang ada airnya adalah cara mencuci yang baik & benar, gambar segitiga adalah cara pemakaian/penggunaan pemutih pada pakaian. Gambar seperti oval didalam persegi adalah simbol pengeringan yang menjelaskan cara pengeringan yang diperbolehkan pada pakaian. Gambar setrikaan adalah cara menyetrika yang benar. Gambar lingkaran / oval adalah simbol dryclean. 



Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai simbol mencuci..
arti simbol pada label pakaian

 Usahakan untuk mencuci pakaian sesuai dengan anjuran yang ada dilabel. Bila simbol mencuci pada label tertera simbol cuci dengan tangan, janganlah mencuci pakaian tersebut di mesin cuci karena akan merusak bahan pakaian tersebut. Perhatikan juga simbol suhu air yang diperbolehkan saat mencuci, beda jenis kainnya berbeda pula cara penanganannya.


Berikut adalah simbol pemakaian pemutih..
arti simbol pada label pakaian

 Simbol pemakaian pemutih juga penting, bila simbol pada label pakaian mengatakan jangan menggunakan pemutih janganlah sekali-kali anda mencuci dengan pemutih atau warna pakaian akan rusak.



Berikut adalah simbol dry clean / cuci kering..
arti simbol pada label pakaian

 Nah, bila terdapat simbol ini pada label pakaian anda saya sarankan untuk mencucinya di tempat laundry, karena baju ini harus ditangani secara khusus oleh yang sudah profesional dengan bahan kimia tertentu.



Berikut adalah simbol pengeringan / cara mengeringkan pakaian..
arti simbol pada label pakaian
arti simbol pada label pakaian

 Mengeringkan pakaian juga tidak boleh sembarang, ada pakaian yang boleh dikeringkan di mesin pengering ada pula yang di anjurkan untuk langsung dijemur. Perhatikan pula simbol memeras pakaian, pakaian dengan bahan tertentu tidak boleh diperas.


 Berikut adalah simbol cara menyetrika..
arti simbol pada label pakaian

 Simbol ini termasuk simbol yang paling penting, karena salah menyetrika bisa mengakibatkan rusaknya kain pakaian anda. Pakaian bisa langsung gosong & lengket pada setrikaan akibat suhu yang terlalu panas. Biasanya pakaian dengan bahan kain sutra, nilon atau satin cukup menggunakan suhu terendah pada setrikaan.


 Bagaimana? sekarang sudah mengerti arti simbol pada label pakaian kan? Label pakaian itu ada untuk merawat pakaian agar lebih awet, jadi sangat penting merawat pakaian sesuai dengan labelnya. Jangan sampai anda menyesal setelah pakaian anda rusak karena salah perawatan yaaaach! (^_^)V

 Jangan kayak saya yang masih 'meratapi' dress kesayangan saya yang rusak akibat salah proses mencuci itu. Saya masih terus cemberut akibat dari 'tragedi cucian' itu, mungkin karena tidak tahan melihat muka saya yang tampak seperti cucian lecek itu Ayah akhirnya berkata..

 "Ya dech, ayah minta maaf udah bikin baju bunda rusak akibat gak perhatiin label --diam sesaat-- apalah itu.." Wah, kok kayaknya ceramah panjang lebar saya mengenai arti simbol pada label pakaian kurang didengar oleh si ayah *saya pun makin cemberut* "Udah jangan cemberut lagi, Ayah beliin lagi dech dress baru yang kayak itu.." *Aha! saya langsung tersenyum manis* Kebetulan banget saya kemarin lihat maxi dress cantik merk icons warna pink di website ZALORA. Hmmm kesempatan bagus untuk minta beliin dress itu nih!

 Saya pun langsung berlari mengambil tab, membuka website ZALORA & menunjukkan link dress tersebut pada suami yang bengong melihat tingkah saya "Ayah, dress ini mirip sama dress Bunda yang ayah rusakin kaaan...cantik ya dressnya? beliin dress ini ya, ya, ya, ya, ya??? tinggal di pesan, bayar, ntar dressnya dikirim, ayah gak perlu nemenin bunda ke Mall berjam-jam buat nyari dress yg bunda mau, lebih praktis kan??? " si ayah cuma memutar bola mata & mendesah amat sangat pelan tapi masih bisa terdengar oleh saya.
"Mulai besok ayah gak mau bantuin nyuci lagi..." hahahahahahaha :-p




*NOTES*
-Sumber mengenai simbol pada label pakaian saya dapatkan dari hasil meng-google & akhirnya ketemu artikel yang sangat berguna sekali bagi saya, artikel asli bisa dilihat disini.



(^_~)* THANKS FOR READING 
Suka dengan blog  saya? Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima Kasih!!
   

3 comments:

  1. seringkali saya tidak memperhatikan simbol2 di atas...trimakasih untuk pencerahannya...izin follow ya :)

    ReplyDelete
  2. wah makasih ya teh infonya, saya kalau nyuci ya nyuci aja ga liat label na hee

    ReplyDelete
  3. aku kalau cuci baju ga pernah cek label, langsung cuci saja kayak suami bunda, haha

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne