.

Malam Minggu Bersama Onion Ring & Spaghetti..

 Malam minggu saya gak pergi kemana-mana karena kondisi badan lagi kurang fit. Kebetulan anak saya yang paling kecil juga baru sembuh dari sakit panas. Jadilah kami malam mingguan dirumah saja, para cowo sibuk nonton DVD, saya sibuk bikin cemilan di dapur, hehehe.

 Kali ini cemilannya agak berat, hmmm..lebih tepatnya makan malam kedua kali yaaa, hahaha. Habisnya yang saya bikin itu bukan makanan yang 'ringan' melainkan onion ring & spaghetti saus sarden pedas! (^_^) Soalnya suami & anak-anak saya itu kalau malam nafsu makannya membesar, sedangkan saya yang takut bodynya membesar gak ikut 'ngemil' saya cuma bertugas untuk memasak & menyajikan saja, hahahaha.

onion ring
Onion ring yang saya 'selamatkan' untuk di foto....sisanya sudah habis di'serbu' sama anak-anak & c ayah....


tepung bumbu KOBE
Bumbu pedas merk KOBE yang saya pakai untuk bikin Onion Ring...two thumbs up dech!
 Onion Ring bikinnya supeeeer gampang!Bawang bombay ukuran besar diiris tipis (jadinya seperti gelang) lalu dibalurin pakai tepung bumbu pedas KOBE trus dicelupin ke air dingin, trus dibalurin lagi ke tepung bumbu, goreng dech! Simple banget kan? tapi rasanya enak looh! :-D

 Nah, kalau spaghetti saus sarden pedas agak panjang penjelasannya, lihat resepnya dibawah ini yach...maaf gak ke foto spaghettinya, keburu di santap hingga ludes sama c ayah & anak-anak (>_<) saya gak ikut makan karena saya gak suka makan ikan, xixixi..


**SPAGHETTI SAUS SARDEN PEDAS**
Bahan:
- 1 kg tomat merah segar
- 2 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 1 sdm bubuk daun oregano
- 2 lembar daun basil
- 1 kaleng kecil sarden saus tomat (pastikan anda telah membuang tulang pada daging sarden lalu potong kecil-kecil)
- 5 sdm saus sambal (merk abc,indofood,dll)
- 1 sdt bubuk lada hitam
- 1 sdm Garam
- 1 sdt merica
- 2 sdm mentega
- 2 sdm minyak goreng
- 700 gr pasta spaghetti (1 kotak)

Tambahan:
- Keju parut secukupnya (lebih bagus keju parmesan)

Cara membuat:
1. Rebus tomat (dalam keadaan bulat utuh, jangan dipotong) dalam sepanci besar air, rebus hingga air mendidih dan tomat lunak. Angkat, lalu tiriskan tomat.
2. Sesudah direbus kulit tomat akan mudah dikupas, kupas kulit tomat dan buang batang daunnya. Setelah itu potong-potong tomat yang sudah direbus, lau cincang kasar. Ketika mencincang tomat akan banyak cairan tomat yang keluar, jangan dibuang! tampung cairan jus alami yang keluar dari tomat pada mangkuk kecil.
3. Panaskan wajan anti lengket, cairkan mentega, tambahkan minyak goreng. Tumis bawang putih dan bombay hingga harum dan bawang bombay layu. Masukkan tomat cincang dan cairan jus tomat. Tambahkan bubuk daun oregano, daun basil, bubuk lada hitam, garam dan merica. Aduk rata hingga air tomat berkurang.
4. ketika cairan tomat sudah berkurang, masukkan sarden dan saus sambal. Aduk terus hingga mengental. Penting untuk terus mengaduknya agar cairan tomat benar-benar telah habis dan agar bagian bawah saus spagethi tidak gosong. Masak dengan api sedang hingga matang, angkat, sisihkan.
5. Rebus pasta spaghetti di panci besar berisi air panas yang telah di beri 1 sdm minyak goreng dan sedikit garam selama kurang lebih 8-10 menit, angkat. Buang air panasnya lalu rendam spagethi pada air dingin sesaat, ini bermaksud untuk menghentikan proses pemanasan agar spagethi kenyal dan tidak lengket. Angkat, lalu tiriskan.
6. Sajikan Spaghetti Saus Sarden Pedas pada piring saji, lalu tuang saus spaghetti di atasnya. Beri tambahan keju parut dan sedikit bubuk daun oregano agar lebih nikmat. Bila suka bisa ditambahkan saus sambal.

# CATATAN #
- Bubuk daun oregano dan daun basil adalah bumbu penting yang selalu ada didapur orang italia (juga dapur saya, hehehe). Karena kedua bahan ini berperan penting untuk menambah rasa pada spagethi. Bumbu ini bisa didapat di supermarket besar atau toko bahan makanan.
- Resep ini cukup untuk 1 keluarga (4 orang). Bila pasta spagethi bersisa bisa disimpan dengan cara masukkan ke dalam wadah, lalu beri sedikit air (agar spagethi terendam), tutup rapat wadah dan masukkan kulkas. Dengan cara ini pasta spaghetti yang telah direbus bisa bertahan hingga 1 minggu.


(^_~)* HAPPY COOKING
suka dengan resep saya? Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach...Terima Kasih!!  

0 comments:

Post a Comment

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne