.

Resep: Cute Egg Cakes

 Resep ini tercipta saat anak-anak saya sudah bosan dengan Cupcakes biasa & meminta cemilan yang baru. Saya lalu mengkreasikan resep vanilla cupcakes standar menjadi eggcakes atau kue di dalam cangkang telur yang dijadikan pengganti cup. Untuk membuat Eggcakes ini memang butuh sedikit ketelatenan tapi sebenarnya mudah kok. Apalagi rasanya enak & berpenampilan menarik sehingga anak-anak saya sangat menyukainya. Mari bikin Cute Eggcakes dirumah & ajak anak-anak untuk turut serta membantu (^_^)


egg cakes



** CUTE EGGCAKES **

Bahan-bahan:
- 10 butir telur berukuran besar (Tapi saat memasak yang dipakai hanya 2 butir)
- 175 gram tepung terigu serbaguna
- 150 ml susu cair segar
- 150 gram gula pasir
- 100 gram unsalted butter (suhu ruangan)
- 1/4 sdt garam
- 1 sdt baking powder
- 1 sdt vanilla pasta 

Bahan hiasan toping:
- Choco chips atau permen cokelat kecil secukupnya
- 50 gram cokelat masak putih, lelehkan dengan cara di tim
- strawberry essence secukupnya

Alat masak;
- Loyang cupcake / muffin
- Cup kertas / kertas cupcake
- plastik segitiga / piping bag

 CARA MEMBUAT:

Menyiapkan cangkang telur:
1. Retakkan ujung telur bagian atas menggunakan ujung pisau, lalu congkel retakannya hingga membuat lubang kecil berdiamaeter kira-kira 1 cm.
2. Keluarkan isi telur ke dalam mangkuk / wadah, bila susah mengeluarkan kuning telur goyang-goyangkan telur agar isinya keluar. Pisahkan 2 isi telur untuk bahan kue & 8 isi telur lainnya bisa disimpan untuk memasak makanan yang lain.
3. Cuci bersih cangkang telur & bagian dalam cangkang dengan cara membersihkannya dibawah air keran yang mengalir. Lalu rendam cangkang telur dalam air panas & telah diberi sedikit garam selama 15 menit. Angin-anginkan cangkang telur, simpan dengan posisi bagian yg bolong dibawah agar air di bagian dalam cangkang mengalir keluar. Diamkan hingga kering.

Menyiapkan kue:
1. Campur & ayak tepung terigu, baking powder & garam, sisihkan.
2. Kocok butter dengan gula menggunakan mixer berkecepatan sedang, kocok hingga menjadi menyatu & lembut. Tambahkan telur lalu kocok kembali hingga mengembang.
3. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil bergantian dengan susu cair sambil terus dikocok. Tambahkan vanilla pasta, kocok terus adonan hingga tercampur rata.
4. Siapkan loyang cupcake yang telah diberi cup kertas, simpan cangkang telur pada setiap loyang.
5. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga lalu gunting sedikit ujungnya (agar gampang menuang adonan kedalam lubang telur). Tuangkan adonan kedalam setiap cangkang telur hingga memenuhi 3/4 cangkang telur (jangan melebihinya)
6. Panggang kedalam oven bersuhu 160 C selama kurang lebih 20 menit. Tingkat kematangan kue bisa dilihat dari adanya adonan kue yang mengalir keluar lubang cangkang (itu tandanya kuenya sudah mengembang didalam). Keluarkan loyang dari oven, lalu angin-anginkan di suhu ruangan hingga cangkang telur mendingin.
7. Bersihkan kue yang berada diluar cangkang, lalu dengan berhati-hati kupas cangkang telur bagian atas (yang ada lubangnya) hingga 1/2 bagian kue terlihat.  
8. Beri hiasan mata menggunakan choco chips yg diberi sedikit cokelat putih leleh (agar menempel pada kue) lalu hias bagian kepalanya menggunakan cokelat putih leleh yang diberi sedikit strawberry essense (agar berwarna merah) menyerupai seperti jambul ayam.
9. Cute Eggcakes siap dihidangkan.


Cute Egg Cakes
Simple tutorial..



#CATATAN#
- Cangkang telur bisa didapatkan setiap anda memasak menggunakan bahan telur. Cangkang bisa disimpan untuk bikin kue ini.
- Cute Eggcakes tidak harus berbentuk seperti anak ayam, ajaklah anak untuk menghias Cute Eggcakes ini sesuai kreatifitas mereka.


(^_~)* HAPPY COOKING
suka dengan resep saya? Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach...Terima Kasih!!  

3 comments:

  1. hahaha cute banget sih!! super creative banget xD

    visit my blog ^_^
    www.LuchLuchCraft.com

    My online store ^_^
    www.TokoLuchLuchCraft.biz

    ReplyDelete
  2. Bun, setau sy kl buat kue, pk telur ayam negeri. Sebenernya kl pk telur ayam kampung bs ga sih? Apa jumlah telurnya lbh bnyk? Secara telur ayam kampung kan imut2... :D tq

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne