.

Resep: Japanesse Cheesecake [Chizu Keki]

 Japanesse Cheesecake / Chizu Keki
Japanesse Cheesecake yang sudah di olesi karamel di atasnya & didiamkan kedalam kulkas terlebih dahulu. Hidangkan dingin dengan tambahan whip cream, aaaahhhhhhh heaven!!!! (^_^)  <3

 Semua pasti sudah kenal sama kue yang satu ini. Yang belum kenal, kenalan dulu dong! xixixixi.
Cheesecake ini bisa dibilang kue yang paling terkenal di jepang, hampir di semua bakery di jepang pasti ada kue ini. Kalau saya pulang kampung, saya pasti hunting cheesecake sama mama di bakery-bakery baru, karena beda bakery suka berbeda rasanya. Dan pastinya enaaaaaak semua ~~~ヾ(^∇^) 

 Kalau di jepang kue ini terkenal dengan nama Chizu Keki  / チーズケーキ
Tapi kita biasa mengenalnya dengan nama Japanesse Cheesecake! Kalau orang jepang nyebut nama kue ini emang terdengar agak lucu karena mereka itu kan kalau melafalkan bahasa inggris agak sedikit seperti cadel & berbeda dengan kita *tapi saya gak cadel looh! hehehe* Kalau kita yang nyebut ntar orang lain salah sangka "haahhh, kue keki??" xixixixi



 Nah, bagi yang ingin merasakan nikmatnya Japanesse Cheesecake gak perlu jauh-jauh ke jepang. Gak perlu beli mahal-mahal ke bakery juga *kalo di bakery indo harga cheesecake ini lumayan looh*. Lebih baik bikin sendiri aza yuk dirumah! Tingkat kesulitan memasak kue ini menengah yach, sulit nggak, gampang juga nggak, hehehe. Tapi kalau kita telaten & sudah terbiasa sebenarnya bikin cheesecake ini gampang kok! Dan begitu kue sudah matang, rasa lelah selama proses memasak langsung terbayar sama kenikmatan kue ini. Daripada semakin ngiler, yuk intip resep & cara pembuatannya disini....

** JAPANESSE CHEESECAKE / CHIZU KEKI **

Bahan-bahan:
-250 ml susu cair segar
-250 gram cream cheese, potong dadu biarkan lunak pada suhu kamar
-60 grm butter, biarkan lunak pada suhu kamar
-6 kuning telur
-55 gram tepung terigu rendah protein
-20 gram tepung jagung
-1 buah lemon (ambil sari lemonnya / lemon zest)
-6 putih telur
-1/4 sdt cream of tartar
-130 gram gula kastor

Cara membuat:
1. Panaskan oven terlebih dahulu sampai 150 C.
2. Gunakan mangkuk besar, tuangkan susu. Tempatkan mangkuk di atas air mendidih. Jangan biarkan bagian bawah mangkuk menyentuh air. (tehnik au bain marie)
3. Tambahkan cream cheese, aduk sampai benar-benar larut dan campuran berubah halus. Masukkan mentega, aduk hingga rata.
4. Angkat mangkuknya dari uap panas, biarkan mendingin. Kemudian tambahkan kuning telur dan aduk kembali hingga rata. (Sebelum menunang kuning telur pastikan campuran sudah mendingin atau tidak terlalu panas, karena kalau terlalu panas kuning telur akan 'termasak')
5. Campurkan tepung terigu dan tepung jagung. Ayak tepung ke dalam campuran krim keju, sedikit demi sedikit sambil di terus di aduk rata. Aduk sampai benar-benar tercampur rata. Jangan sampai ada benjolan tepung. Masukkan sari lemon, aduk sesaat. Sisihkan.
6. Tempatkan putih telur dalam mangkuk bersih yang besar. (Pastikan tidak ada minyak atau air dalam mangkuk sama sekali, alias benar-benar bersih) Gunakan mixer untuk mengocok putih telur selama 3 menit hingga mengembang. Tambahkan cream of tartar, aduk kembali. Masukkan gula, aduk kembali hingga teksturnya mengembang, kaku & stabil.
7. Campurkan campuran putih telur ke dalam campuran krim keju. Aduk perlaha-lahan menggunakan spatula karet, jangan di aduk berlebihan. Intinya hanya agar adonan putih telur tercampur dengan adonan kuning telur.
8. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah di olesi sedikit mentega atau menggunakan kertas minyak, lalu tempatkan loyang kedalam loyang lainnya atau baking tray yang lebih besar. Tambahkan air panas di loyang luar / baking tray hingga setinggi setengah loyang.
9. Panggang selama sekitar 50 sampai 60 menit. Tes kematangan bisa dilakukan dengan menusukkan lidi bersih / tusik gigi. Bila keluar bersih berarti sudah matang, bila ada adonan yg menempel berarti belum matang.
10. Matikan oven. Biarkan pintu terbuka oven selama 10 menit. Keluarkan loyang dari oven dan keluarkan kue dari loyang. Dinginkan kue di rak kawat. 
11. Japanesse cheesecake bisa segera dinikmati atau diberi olesan karamel diatasnya lalu dimasukkan dulu ke kulkas selama 2-3 jam (agar dingin) baru dihidangkan dengan tambahan whip cream atau selai buah sesuai selera.


Japanesse Cheesecake
Maaf ngeblur, kena uap dari kue, xixixi....Ini cheese yg masih hangat fresh from the oven, sudah gak sabar mau makan  cheesecake, langsung 'caplok' azaaa! :-p


#CATATAN#
-Gunakan cream cheese balok untuk membuat cheesecake ini. Jangan yang cream cheese yang lainnya atau Cheesecakenya jadi terlalu lembek.
-Tekstur halus kayak beludru khas japanesse cheesecake ini didapat dari dua tepung rendah protein & tepung jagung, Jadi jangan sampai salah tepung yach.
-Putih telur yang dikocok itu menghasilkan kantong udara sangat kecil, yang membuat kue ini menjadi sempurna. Jadi ketika mengocok putih telurnya harus sangat hati-hati, atau tekstur cheesecakenya akan gagal.
-Ada trik untuk mencegah permukaan cheesecake dari retak: menggunakan suhu oven rendah dan metode air mandi selama di oven. Oleh karena itu memanggangnya dengan cara loyang dimasukkan kedalam baking tray berisi air.
- Pastikan loyang yang dipakai untuk memanggang kue itu anti bocor & rembes. Agar air dibaking tray tidak masuk kedalam & mengakibatkan kuenya gagal.
-Untuk mencegah cheesecake menyusut kembali: membuka pintu terbuka oven selama 10 menit atau lebih, dan biarkan Cheesecake Anda dingin secara bertahap. Tapi jangan terlalu lama juga dibiarkan didalam oven.


Bagaimana menurut anda? susah atau gampang?
Dicoba dulu resepnya yach, kalau sudah mencoba sekali nanti pasti ketagihan mau bikin lagi dech!
By the way, berhubung resepnya panjang beneeer, maafkan bila ada kesalahan pengetikan yach! Sampai pegel ini tangan ngetik, mending ngadonin kue dech! hahahaha


(^_~)* HAPPY COOKING
suka dengan resep saya? Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach...Terima Kasih!!
 

5 comments:

  1. cheesecakeee! favoritku hehehehe lovely recipe!! :D

    I'm holding an international giveaway on my blog, dear!
    Win an item on you choice from Persunmall :D
    I hope that you can join in too!
    http://www.missoline.com/2013/07/giveaway-8-persunmall-x-miss-oline.html
    Thank you very much !

    Caroline

    ReplyDelete
  2. I loveeeeeeee chesecake! Boleh dicoba nih resepnya bun! makasih ya resepnya nanti kalau aku ada kesulitan aku boleh tanya ke bunda kan? hehehe

    ReplyDelete
  3. ya ampun >.< serba bisa banget ya >.< pinter bikin cheesecake juga >.< ku pingin buat tp klo gagal eman ama kejunya hehehe kn mahal xD tp ta kasih tw mamaku biar dia coba.*bookmark*

    Invite you to enter my giveaway :) Imomoi giveaway
    I hope you will join :)

    visit my blog ^^
    www.luchluchcraft.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha,,supermom masa kini gitu loh :-p
      aku juga sukses setelah berpuluh-puluh kali bantet :-p
      ini resep dari keluarga papaku di jepang sana. Dari semua metode bikin chizu keki ya cara ini yg menurut aku paling pas tapi emang gak gampang,,alias syusyah! hahaha
      Tapi sekalinya sukses pasti ketagihan mau bikin lagi,,enak sech (^_^) Happy cooking yach!

      Delete
  4. good article

    http://www.sinidomino.com/

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne