.

Resep: Diet Pancakes Untuk Sarapan


 Good morniiiiing...

 Udah pada sarapan belum??? 
Apa?? Belum sarapan karena lagi diet?? *alasan klasik cewek2.....termasuk saya* xixixi
Walaupun lagi diet tetap harus sarapan yaaaa...Karena sarapan itu super penting, selain untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sarapan juga untuk memberi energi pada tubuh untuk melakukan kegiatan hingga siang nanti. Dan kalau kita gak sarapan daya konsentrasi kita bisa menurun looh!

 Ini saya kasih menu sarapan yang selain enak tapi juga sehat! Yang lagi diet gak perlu khawatir dietnya akan terganggu *yesss....*. Menunya adalah Diet Pancakes, menu ini saya lihat di website fitness luar negeri The Eat-Clean Diet Tapi resepnya sudah saya modifikasi agar sesuai dengan kita (karena ada beberapa bahan yang susah dicari). 

 Bagi yang bosen sama menu pancake standar, bagi yang lagi diet, bagi yang ingin mencoba resep baru...Silahkan di intip resepnya (^_^) 



**DIET PANCAKES**

Bahan-bahan:
-3 butir putih telur (hanya putihnya saja yach)
-100 gram instan oatmeal 
-125 ml susu cair rendah lemak
-1 sdm olive oil
-1 sdt baking powder
-1 sdt bubuk kayu manis
-1/2 sdt vanilla bubuk
-Aneka buah-buahan dalam kaleng / can fruit (sesuai selera)

Cara membuat:
1. Campur putih semua bahan (kecuali buah-buahan) lalu mixer dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata.
2. Panaskan wajan / teflon anti lengket. Tuangkan sekitar 1/4 cangkir adonan untuk setiap pancake ke wajan, masak dengan api kecil saja agar tidak cepat  gosong.
3. Ketika pancake mulai terlihat menggelembung & berlubang-lubang, balikkan pancake dan masak sisi yang lain hingga matang.

4. Pancake siap dihidangkan dengan tambahan aneka buah-buahan yang diiris dan air juice buahnya dituangkan di atasnya. 


#CATATAN#
-Oatmeal yang dipakai adalah jenis rolled oatmeal atau oatmeal kering siap pakai.
-Mengapa buah-buahan yang saya pakai yang dalam kaleng alias can fruit. Karena can fruit mengandung juice buah didalamnya yang bisa dijadikan toping pancake. Bila tidak mau . tidak suka can fruit bisa memakai buah-buahan segar yang ditambahkan selai buah tergantung selera anda. Buah blueberry, raspberry, blackberry, strawberry atau pisang semua tergantung selera anda.
-No sugar! ini kan resep diet pancakes jadi tidak memakai gula tambahan yach. Rasa manis bisa didapat dari topping buah-buahan. 


 Ini adalah tabel nutrisi yang saya lihat di website resep itu, hmm tentunya agak berubah sedikit kandungan nutrisinya karena bahannya pun saya rubah sedikit, hehehe. 
(^-^*)/ Tapi kurang lebih nutrisinya segini yaaa..

Nutrients per Serving (3 small pancakes):
Calories: 274
Fat: 7 g
Saturated Fat: 0 g
Cholesterol: 0 mg
Carbs: 38 g
Protein: 16 g
Fiber: 6 g
Sodium: 117 mg

(^_~)* HAPPY COOKING
suka dengan post saya? Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach...Terima Kasih!!

14 comments:

  1. Pertanyaan:
    1. contoh susu cair rendah lemak, misalnya apa?
    2. oatmealnya bisa pakai quaker, tidak?
    tx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai,,,susu rendah lemak itu banyak dijual di pasaran yach,,banyak bgt merknya,,cari aza susu yang di kemasannya ada tulisan low-fat. Contohnya yg paling banyak dipasaran susu kemasan utra milk low-fat :-) Quaker itu instan oatmeal juga,,jadi bisa banget :-)

      Delete
  2. Pengganti olive oil apa ya? Bisa gpake g? Kalo misalnya teflon saya yang bukan anti lengket, caranya gmn? Diolesi margarin kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Julio, buat pengganti olive oil bisa memakai un-salted butter atau kalau gak ada butter bisa juga pakai margarin yang dicairkan yach. 1 sdm olive olive penggantinya 1 sdm munjung butter / margarin. Biasanya yang namanya teflon itu sudah anti lengket, hehehe. Tapi kalau masih kurang yakin dengan teflon kamu, bisa sedikit di olesi un-salted butter / margarin. Kenapa saya selalu nyaranin un-salted butter?? karena kandungan lemak di un-salted butter (butter yg tidak mengandung garam) lebih sedikit daripada butter biasa atau margarin. Semoga penjelasan saya membantu (^_^)

      Delete
  3. sepertinya tak perlu pakai tepung terigu ya bun ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo someone, xixixi.
      Resep pancake ini memang gak pakai tepung terigu yach, saya memakai oatmeal sebagai pengganti tepung terigu karena pancake ini untuk orang-orang yg sedang diet. Tepung terigu kaya akan karbohidrat, sedangkan orang yang sedang berdiet akan berusaha untuk mengurangi asupan karbohidrat. Jadi oatmeal dipilih sebagai bahan penggantinya, oatmeal jauh lebih menyehatkan, mengenyangkan, kaya akan serat, serta memiliki banyak kandungan yg baik bagi tubuh & jantung kita. Semoga penjelasan saya membantu (^_^)

      Delete
    2. Itu memang harus pakai buah-buahan kaleng ya bun?
      Trus apa boleh bubuk kayu manisnya diganti?

      Delete
  4. Itu memang harus pakai buah-buahan kaleng ya bun?
    Trus apa boleh bubuk kayu manisnya diganti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya pakai buah segar jauh lebih bagus, cuma kalau mau praktis bisa pakai buah2an kaleng...kalau gak suka bubuk kayu manis bisa diganti dengan bubuk vanili atau dihilangkan saja bahannya juga gak pa-pa kok, krn fungsinya cm sekedar penambah rasa aza :-)

      Delete
  5. Bsa tahan brapa lama ya min?
    Dan utk brapa porsi kira2?
    Makasih :D

    ReplyDelete
  6. bu, vanila bubuk itu untuk perasa ya? boleh pake perasa vanila cair ?

    ReplyDelete
  7. Bunda pernah buat kue bantal gak? Soalnya sy cari di blog ini gak ada. Barangkali ada resep sederhananya, bole dishare dunx bun. Tengkyuuu ya... Hehehe....

    ReplyDelete
  8. good article

    http://www.sinidomino.com/

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne