.

Cerita Sahur & Resep: Sop Kaki Sapi



 Beberapa hari ini cuaca gak menentu yach, hujan gerimis terus, hujannya kecil tapi gak berhenti-henti. Akibat hujan yang terus-menerus dari kemarin, suhu udara di daerah rumah saya jadi dingiiiiiiin banget! Apalagi cuaca di pagi hari buta saat saya mau nyiapin menu sahur, brrrrr...Saking dinginnya saya masak selain pakai apron pakai jaket tebal 2 lapis looh! ahahaha

 Nah, akibat cuaca dingin anak-anak & suami saya jadi malas bangun pagi untuk sahur. 
Hadeuuuh kalo sudah begini saya harus 'teriak-teriakan' di pagi hari sampai anak-anak bangun & protes "Bunda suaranya cempreng, ganggu tidur kaka!" 
(-__-) dasar anak-anak...suara saya kan merdu serak-serak basah gini,,xixixi

 Pagi ini saya memilih masak Sop Kaki Sapi untuk menu sahur, cocok banget kan tuch makan yang berkuah & hangat dicuaca yang dingin ini. Tapi merebus kaki sapi kan butuh waktu agak lama biar empuk, saya merebus kaki sapinya dari malam sepulang salat taraweh. Jadi pagi-pagi saya tinggal bikin kuahnya aza dech, kalo bikin dari awal ntar keburu imsak, hehehe.

 Yuk yang mau nyoba menu Sop Kaki Sapi saya (kok jadi gak enak gitu dibacanya, hahahaha) Silahkan cek resepnya kemari yach...


** Sop Kaki Sapi**

Bahan Isi:
-1/4 kg kaki sapi
-1 buah tomat
-1 buah kentang, potong kotak kecil
-1 sdt minyak samin
-1 batang daun bawang, iris tipis
-1 batang seledri, iris tipis

Bahan Kuah:
-1/2 liter susu encer
-4 butir bawang merah
-2 siung bawang putih
-1/2 sdt pala halus
-5 butir cengkeh
-1 batang kayu manis
-2 cm jahe, memarkan
-garam dan merica secukupnya

Bahan Tambahan:
-emping goreng
-1 buah jeruk limau
-acar secukupnya

Cara Membuat:
1. Rebus kaki sapi dalam panci yang besar diisi air.  Setelah kaki sapi empuk, angkat lalu dipotong-potong sesuai selera.   Pisahkan air kaldu dari rebusan kaki sapi sebanyak 2 liter.
2. Goreng kentang yang telah dipotong kotak-kotak, angkat, tiriskan.
3. Memasak kuah: ulek kasar bawang merah dan bawang putih lalu rebus dengan 2 liter kaldu kaki sapi.  Masukkan jahe, pala, cengkeh, minyak samin, kayu manis, daun bawang dan seledri.
4. Tuangkan susu encer lalu beri garam dan merica secukupnya.  Masak hingga kuah mendidih, angkat.
5. Cara Menghidangkan Sop Kaki Sapi: Taruh irisan kaki sapi, kentang, tomat dalam sebuah mangkok kemudian tuang kuahnya panas-panas.
6. Beri tambahan perasaan air jeruk limau dan taburkan emping diatasnya. Hidangkan bersama dengan acar.

#CATATAN#
-Menu ini cukup untuk 3-4 porsi.
-Bila suka bisa menambahkan daging babat sapi.




(^_~)* HAPPY COOKING
suka dengan resep saya? Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach...Terima Kasih!!   

4 comments:

  1. Hem enak yah kayaknya. Bermanfaat sekali infonya buat yang lagi belajar masak niy...

    ReplyDelete
  2. kalo gak ada minyak samin pake apa ya bunda? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak ada minyak samin bisa memakai lemak dr daging sapi yach :-)

      Delete
  3. good article

    http://www.sinidomino.com/

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne