.

Resep: Angry Bird Surprise Cake


kue ulang tahun anak


 (*≧▽≦) Maafkan Bundaaaaaaaaaaa....
Saya janji akan segera memposting resep kue ulang tahun Angry Bird Surprise Cake yang saya buat untuk anak saya, ade Virgie di ultahnya yang ke 8 (udah baca postingannya kan? kalo belum baca dulu doong disini, xixixi) tapi apa daya lagi-lagi saya sibuk lalu lupa untuk bikin postingan, xixixixi. *tepok jidat pake mixer*

 Ide awal dari Angry Bird Surprise Cake itu adalah pinata! Pada tau kan pinata itu apa? 
Yang belum tahu saya kasih tau dech, pinata itu biasa ada di pesta ultah orang barat. Pinata itu sebenarnya sebuah wadah kosong tertutup rapat (biasanya berbentuk kuda, ikan bola, atau cuma kotak) yang terbuat dari kertas yang kuat dan bagian luarnya dihias dengan kertas warna-warni. Isi didalam pinata itu aneka permen warna-warni & cokelat, nanti pinata itu digantung lalu dipukul oleh yang ulang tahun agar permen didalamnya berhamburan keluar & para anak2 bisa mengambilnya secara rebutan! Seru kan..

pinata
Contoh pinata, gambar di ambil dari google.

pinata
Contoh pinata yang lagi dipukul, gambar di ambil dari google.
 Pinata memang wajib ada di acara ulang tahun anak-anak bule. Berhubung anak saya bukan bule jadi pinatanya saya aplikasikan ke kue ulang tahunnya saja dech! hehehe. Akhirnya setelah merancang ide, saya pun bikin pinata cake ini untuk pertama kalinya untuk kue ultah ade Virgie. Iya, serius ini pertama kalinya saya bikin kue seperti ini & alhamdulillah hasilnya sukses (pake bangeeet)! 

 Pinata cake ini gampang sekali looh bikinnya, karena bahan dasar cakenya ya cuma cake vanilla biasa. Isi dari pinata cake ini bisa disesuaikan dengan selera & isi kantong anda, jadiiii isi cokelat & permennya gak harus yang merk mahal ok! Sedangkan untuk tema kuenya atau hiasan diluar kue, lagi-lagi tergantung kesukaan anak yang sedang berulang tahun. Saya memakai tema angry bird karena kebetulan ade Virgie itu sukaaaa banget sama angry bird. Makanya kuenya saya kasih nama Angry Bird Surprise Cake. ~~~ヾ(^∇^)ー♪

 Mari lihat cara saya membuat pinata cake bertema angry bird ini...


First step: Bikin Vanilla Cake

 Mari kita membuat vanilla cake untuk dasar pinata cake, anda bisa membuatnya menggunakan tepung premix vanilla cake (siap pakai) atau memakai resep vanilla cake dari saya. Semua terserah anda, mau mudah atau mau murah! hehehe.

**VANILLA CAKE**

Bahan-bahan :
- 6 butir telur
- 1 sdm SP 
- 100 gram margarine (cairkan)
- 100 gram gula pasir halus
- 100 gram tepung terigu (ayak terlebih dahulu)
- 2 sdm susu bubuk full cream
- 1 sdm Vanila Extract (bisa diganti dengan 1 bngks kecil vanilla bubuk) 

Cara membuat :
1. Kocok lepas telur menggunakan mixer kecepatan sedang, masukkan gula lalu kocok kembali sampai adonan tercampur rata. Tambahkan SP, kocok lagi hingga adonan bertekstur lembut & mengembang.

2. Masukkan terigu yg sudah diayak & susu bubuk full cream sedikit demi sedikit sambil  dikocok terus dengan mixer kecepatan rendah sampai tercampur rata (jangan dimixer terlalu lama yach). 

3. Tambahkan mentega cair dan dan vanilla extract, aduk dengan spatula sampai tercampur rata.

4. masukkan adonan dalam loyang berbentuk mangkuk dengan diameter 20/25cm (Pastikan loyang telah di olesi mentega terlebih dahulu) Panggang dalam oven bersuhu 170 derajat selama kurang lebih 20-25 menit. 

5. Setelah matang, dinginkan kue terlebih dahulu sebelum dihias.


 #CATATAN#
- Loyang bisa disesuaikan dengan bentuk pinata cake yang anda mau, disini saya memakai loyang berbentuk seperti mangkuk agar hasil kue terlihat seperti sebuah gunungan atau bukit.
-Tingkat kematangan kue bisa di cek dengan menusukkan lidi (yang bersih) ke dalam kue, bila lidi masih ada adonan yang menempel berarti bagian dalam kue belum matang, bila keluar dengan bersih berarti sudah matang.


Second step: Menghias kue

 Bila vanilla cake sudah mendingin, mari kita mulai menghias kue menjadi sebuah pinata cake! Bagaimana caranya & apa saja bahan yang diperlukan akan saya jelaskan melalui foto yang diberi keterangan singkat, biar jadi lebih jelas yach..

vanilla cake


1. Potong / Belah kue menjadi 2 bagian. Lalu keruk bagian tengah kue menggunakan sendok, agar membentuk sebuah 'lubang' ditengah kue. Tapi ingat, jangan sampai kuenya bolong yach. (kuenya yang dikeruk jangan dibuang, sisaan kue itu bisa anda jadikan cemilan minum teh, xixixi)



permen cokelat

2. Siapkan aneka permen & cokelat untuk isi didalam kue. Saya mengisi pinata cake saya dengan  permen cha-cha (tapi saya beli yang kiloan), cokelat silverqueen, Delfi pops cookies n cream (saya pilih ini karena bentuk sangat mirip telur) & mini twister.


cara membuat kue

3. Isi kue bagian bawah (bagian yang munjung itu untuk tutupnya) dengan aneka jenis permen & cokelat. Olesi pinggiran kue dengan buttercream atau margarin biasa (fungsinya untuk merapatkan saja).


cara membuat kue

4. Tutup kue dengan menangkupkan kue bagian atas hingga kue tertutup rapat. (duh, gimana ini cara menjelaskannya secara lisan, bingung saya! hahaha lihat gambar saja yaaa) (^_~)*





whip cream



5. Siapkan whip cream untuk olesan kue. Bisa menggunakan whip cream kalengan atau buat adonan whip cream menggunakan bubuk whip cream instan. Saya disini memakai bubuk whip cream merk pondan. Caranya tinggal mencampur bubuk whip cream instan dengan air dingin lalu di mixer dengan kecepatan tinggi selama 6-10 menit hingga adonan whip cream mengembang & stabil.
cara membuat kue



6. Olesi kue dengan whip cream secara tebal & merata hingga seluruh bagian kue tertutup semua oleh whip cream. Saya mengolesinya sangat tebal, karena anak-anak (dan saya) suka banget sama whip cream. (^_^) 









Angry Bird Surprise Cake

7. Hias kue dengan taburan trimit, permen cokelat cha-cha warna-warni, & hiasan boneka angry bird & piggies (ini terbuat dari plastik jadi gak bisa dimakan yaaaaa).  Saya menghiasnya seolah-olah para angry bird sedang mengusir para piggies yang mau mencuri telur angry bird (cokelat putih delfi pops cookies n cream). 

Angry Bird Surprise Cake

8. Tapi ternyata sebenarnya para piggies itu itu tidak tahu bahwa sebenarnya para angry bird menyembunyikan 'harta karun' di dalam bukit tempat tinggal mereka. Begitu bukit kue tempat mereka tinggal dibelah, keluarlah 'telur-telur' & aneka 'harta karun' mereka dari dalam bukit! 





☆ミ(o*・ω・)ノ  Bagaimana pendapat anda? lucu & unik kaaan konsep pinata cake bertema Angry Bird yang saya buat ini....Lucu ya kan, ya kan, ya kan ?!!? *maksa banget* :-p

 Cara membuat kue ini sebenarnya gampang tapi memang butuh sedikit ketelatenan sech. Tapi percaya dech sama saya, semua 'perjuangan' ketika membuat kue ini worth it banget kok, demi kebahagiaan buah hati tercinta di hari ulang tahunnya. <3 

 Silahkan mempraktekkan resep kue ini untuk acara ulang tahun anak anda. Bila ada pertanyaan seputar cara pembuatan kue ini silahkan bertanya di kolom komentar yach. Insyaallah saya jawab secepatnya, kalau gak cepat ya berarti saya lagi-lagi sibuk jadi gak bisa online, xixixixi.  ( ̄▽ ̄)ノ maklum saya kan emak2 rempoooong!

ibumudabijak.blogspot.com
Ihiiyyyy....c Bunda mau mejeng nech! Gaya masak saya ya seperti ini, maafkan muka saya yang tampak kucel. Itu muka kecapean abis masak sendirian, kepanasan deket oven mlulu, belum cuci muka  & belum dipoles makeup, xixixixi.

 ヘ(^_^ヘ)(ノ^_^)ノ Selanjutnya resep Blackforest ala Bunda....
Tapiiii on the next post yach! *COMING SOON*



(^_~)* HAPPY COOKING 
Suka dengan post ini? jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima Kasih!!   

9 comments:

  1. Yaolloooohhh..bunda kreatif sekali! aaah aku inginjadi anak bunda deh n minta bikinin kue ultah kayak gene hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...sini saya angkat jadi anak :-p

      Delete
  2. MAKASIH IDENYA YA BUNDA, KEBETULAN NANTI TANGGAL 27 FEB ANAK SAYA BERULANGTAHUN BISA DICOBA DULU BUATNYA HARI INI

    ReplyDelete
  3. Keren banget bundaaa idenya..aku mo tanya bun,klo mau bkin whiped cream yg bisa dispuit itu cm pake whipcream cair/bubuk aja kan ? Ga ada tambahan lainnya..tahan berapa lama di suhu ruang ya bun,tkutnya cpet lumer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :-) kalau mau hasilnya lebih bagus untuk menghias cake trus mau disimpan & bertahan lebih lama di suhu ruangan, saya sarankan pakai buttercream saja yach, karena whipcream gak tahan lama di suhu ruangan, dia harus kondisi 'dingin' kalau suhu ruangan panas jadinya agak melumer & rasanya pun kurang enak jadinya.

      Delete
  4. Mbak mau nanya nich klo whipcreamnya kita masukib pasta mocca boleh??? Atau sesuai selera...
    Thanks

    ReplyDelete
  5. Mbak mau nanya nich klo whipcreamnya kita masukib pasta mocca boleh??? Atau sesuai selera...
    Thanks

    ReplyDelete
  6. Mbak mau nanya nich klo whipcreamnya kita masukib pasta mocca boleh??? Atau sesuai selera...
    Thanks

    ReplyDelete
  7. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat. Silahkan kunjungi www.greenmommyshop.com yang menyediakan kosmetik organik tanpa bahan kimia..

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne