.

Resep Steak Tempe Saus Sukiyaki


Steak Tempe Saus Sukiyaki

 Saya paling suka makan tempe, hampir tiap hari saya masak tempe, hehehe. Mulai dari tempe goreng, tempe bacem, tempe goreng tepung, dll. Saya gak pernah bosen makan tempe tapi terkadang anak-anak protes "Bunda, bosen dong masa tempenya cuma di ginian aja?" Hmmm..saya pun berpikir untuk menyajikan hidangan tempe yang lain daripada yang lain, ya jadilah Steak Tempe Saus Sukiyaki ini (^_^) 
  Saus sukiyaki menjadikan hidangan tempe ini terasa beda dech! Tapi jangan harap berasa daging sapi yach, xixixixi. Cara membuatnya mudah sekali, bila anda mulai bosan dengan hidangan tempe yang itu-itu saja silahkan mencoba resep yang satu ini...
**Steak Tempe Saus Sukiyaki**

Bahan Steak Tempe:
- 4 batang tempe, kukus hingga matang. 
- 4 siung bawang putih, cincang halus. 
- 5 batang daun bawang, iris tipis.
- 1 butir telur
- 1 bngks penyedap rasa sapi 
- 1 sdt kecap ikan
- 1 sdm peres garam
- 1 sdm peres merica 
- tepung panir / tepung roti secukupnya
- minyak untuk menggoreng 
Bahan Saus Sukiyaki: 
- 1 buah bawang bombay, iris tipis memanjang. 
- 4 sdm saus Sukiyaki 
- 2 sdm kecap manis 
- 1 sdm saus tomat 
- 1 1/2 gelas air
- 2 sdm tepung maizena 
- 1 sdm cabe bubuk
- Garam dan merica secukupnya 
- 3 sdm mentega 
Bahan tambahan:
- 2 batang wortel, iris memanjang, rebus.
- 10 buah buncis, potong kecil, rebus.
- kentang kecil, belah 2, rebus. 
- Tomat, timun dan daun selada untuk garnish.


Cara Membuat:
1. Membuat Stek Tempe: Hancurkan / tumbuk hingga halus tempe yang telah di kukus. Tambahkan telur, daun bawang, bawang putih, penyedap rasa, garam dan merica lalu aduk-aduk hingga rata.
2. Padatkan adonan tempe dan bentuk menjadi bulat pipih (besar sesuai selera), lalu baluri dengan sedikit tepung panir / tepung roti.
3. Panaskan sedikit minyak pada wajan teflon datar, goreng steak tempe satu-persatu (ini untuk mencegah tempe terlalu gosong atau hancur), bolak-balik hingga matang dan berwarna kecokelatan, angkat, tiriskan.
4. Membuat Saus Sukiyaki: Panaskan mentega, tumis bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan saus sukiyaki, kecap manis dan saus tomat, aduk hingga rata. Tambahkan air, cabe bubuk, garam dan merica secukupnya, aduk kembali hingga air mendidih lalu kecilkan api dan masukkan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air panas. Aduk-aduk hingga saus mengental, matikan api dan diamkan, saus akan semakin mengental ketika dingin.
5. Sajikan dengan tambahan sayur wortel, buncis dan kentang yang telah direbus. Percantik piring anda dengan garnish. Tuangkan Saus Sukiyaki ke atas Steak Tempe, Hidangkan hangat.

# CATATAN # 
- Saus sukiyaki adalah bumbu masakan jepang yang dijual dalam kemasan botolan di supermarket besar atau toko bahan makanan jepang. Bila tidak ada bisa diganti dengan Saus teriyaki yang di jual dalam kemasan sachet (merk saori salah satunya)
- Saus sukiyaki ini tergolong terasa manis, bila anda menyukai pedas bisa ditambahkan saus sambal atau tambahkan bubuk cabe lebih banyak pada resep saus. 


 (^_~)* SELAMAT MEMASAK
Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima Kasih!!

8 comments:

  1. bun, tepung maizena itu apa sama dg tepung kanji?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, beda yach! Tepung kanji gak sama dengan tepung meizena, karena tepung kanji terbuat dari ketela pohon (singkong). Sedangkan tepung maizena terbuat dari jagung tepatnya pati jagung.
      (^_^) semoga membantu

      Delete
  2. Bund...ga dicampur daging giling kah??

    ReplyDelete
  3. hi @buda Putri' saya masih newbie pisan nih di dunia masak2 memasak. awalnya saya iseng aja di kostsan pengen masak yg beda soalny beli terus bosen. nah malah keterusan jadi ketahihan masak, kbetulan saya lagi diet ocd nih jadi ane sempet2tin buat masak sendiri di rumah. nice post,

    fisit : infobergelora.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lagi OCD ya? sama dong,,hehehe
      iya lah mendingan masak sendiri dirumah, lebih hemat & sehat. ayo belajar masak terus biar bisa jadi expert :-)

      Delete
  4. Saus sukiyaki itu seperti apa ya bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saus sukiyaki itu saus dari jepang,,biasa dipakai untuk masakan tumisan,,rupanya seperti kecap asin,,tapi rasanya beda,,ada ciri khas khususnya :-)

      Delete
  5. terima kasih informasinya..sangat bermanfaat

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne