.

Belajar Bikin Pizza yuk!


Belajar bikin pizza
Beef Sossis & Jalapeno Pizza..So yummy & spicy !!!
 Seminggu ini Bunda lagi senang manggang-memanggang, bukan kue yang dipanggang tapi Pizza! Biasanya kalau mau pizza kita harus keluar kota dulu karena di daerah tempat tinggal saya gak ada resto pizza. Hmmm ada sech yang jualan pizza, tapi kata saya itu pizza bohongan, hehehe alias roti yang asal bulet aza, rasanya jauh dari pizza. Atau biasanya saya membeli pizza dough siap pakai di supermarket besar lalu tinggal menambahkan toppingnya sendiri. Tapi sekarang tidak lagi, saya memutuskan untuk membuat pizza dough / roti pizza sendiri dan dengan topping sendiri. Hasilnya pizza buatan sendiri itu lebih enak dan jauh lebih murah daripada beli di resto. Gak percaya? yuuk kita belajar bikin pizza sendiri di rumah, lihat resep dan cara membuatnya disini yach...



pizza homemade
Love Pizza untuk keluarga tercinta..Dengan sedikit kreatifitas anda juga bisa membuat Pizza dgn bentuk unik seperti ini (^_^)

**HOMEMADE PIZZA ala BUNDA**

Bahan roti pizza :
-500 gr tepung terigu protein tinggi (saya pakai merk cakrakembar)
-1 bngks ragi instant (saya pakai fermifan)
-2 sdt minyak zaitun / olive oil
-2 btr kuning telur
-250-300 ml air es
-50 gr margarine
-1 sdt garam

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan roti pizza, uleni adonan hingga kalis atau tidak lengket. Bulatkan adonan lalu simpan dalam wadah & diamkan selama 30 menit.
2. Kempiskan adonan, tusuk-tusuk dengan garpu lalu potong & timbang adonan seberat 20 gr, bulatkan dan pipihkan adonan kedalam loyang yang telah diberi sedikit mentega & taburan tepung terigu. Diamkan adonan selama 15 menit hingga mengembang, pipihkan sedikit adonan dengan tangan.
3. Adonan roti pizza siap di pakai / diolesi dengan topping sesuai selera lalu dipanggang.


#CATATAN#
-Ketika mendiamkan adonan bagusnya di simpan di dalam wadah bersih seperti baskom kecil lalu tutup dengan kain lap bersih yang kering.
-Resep roti pizza di atas cukup untuk membuat 4 pizza ukuran sedang.
-Sisa adonan roti pizza yang tidak terpakai bisa disimpan semalam di dalam wadah yang di tutup oleh kain lap bersih yang kering.


Bahan topping pizza: (bisa diganti sesuai selera)
-200 gr jamur kancing, iris tipis,tumis sebentar
-250 gr daging cincang / kornet / sossis
-cabe jalapenos / paprika secukupnya

-100 gr keju parut

Bahan saus tomat:
-150 gr saus tomat botolan
-1/2 sdt bubuk daun oregano *

Bahan saus keju :
-2 sdm margarine
-1/2 buah bawang bombay, dicincang kecil 
-2 siung bawang putih, dicincang halus
-150 gr keju cheddar, potong dadu kecil
-50 gr susu bubuk full cream yg dilarutkan 200 ml air 

Cara membuat:
- Saus tomat : campur saus tomat dan bubuk oregano, aduk rata dan panaskan sebentar.
- Saus Keju : Panaskan margarine, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan keju, dan air susu, aduk hingga larut. Masak hingga matang dan mengental. Angkat.

Cara membuat Pizza dengan topping:
1. Ambil satu buah adonan roti pizza yang telah dipipihkan lalu oles dengan saus tomat, tambahkan saus putih diatasnya.
2. Taburi atasnya dengan jamur, daging cincang/ kornet dan keju parut lalu taburi lagi dengan sedikit bubuk daun oregano.
3. Panggang kembali pizza ke dalam oven bersuhu 180 C selama 15-20 menit hingga matang.
4. Pizza siap dihidangkan.


#CATATAN#

- Isi topping bisa di ganti sesuai selera, bisa memakai sosis atau daging ayam.
- Yang membuat pizza nikmat ya saus tomat & saus kejunya, jadi usahakan membuat saus tomat & keju sesuai resep yach.
- Daun oregano bisa di beli disupermarket besar, bila tidak ada bahan ini bisa dihilangkan tapi tentu akan mengurangi rasa & aroma khas pizza italia.

(^_~)* HAPPY COOKING 
Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima Kasih!!

10 comments:

  1. Yummy banget pasti rasanya nih bunda..
    Bentuknya juga bagus...Love..Love ..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan pizza buat orang tercinta jadi bentuknya harus lope-lope,,xixixi

      Delete
    2. Iya betul bangettt...biar makin cinta

      Delete
  2. wow... pizza ny cute bnget.. yummy^^
    enter my 1st giveaway ya bunda... makasih... :)

    http://glorychen.blogspot.com/2013/01/my-1st-giveaway-intro-giveaway.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. se-cute yg bikin yach,,xixixi :-p
      oke kalo urusan giveaway Bunda pasti ikutan :-D

      Delete
  3. Wah bunda..sepertinya ni enak n bentuknya juga lucu..hihihi
    harus dipraktekan nich..
    Boleh dicontek ya bunda utk resepnya..Makasih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kan bukan ulangan umum jadi silahkan dicontek sesuka hati, xixixi :-D Bentuk pizza bisa di kreasikan lg sesuai kreatifitas masing2, pizza itu gak harus bundar kok! (^_~)*

      Delete
  4. Replies
    1. Makasih (^_^) ayo coba belajar membuat pizza sendiri di rumah..

      Delete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne