.

Mashed Potato with Extra Cream Cheese

 Jam segini enaknya makan sarapan yg kesiangan atau sarapan ronde kedua..hahaha. Kalau saya sih emang belum sarapan dari tadi pagi, maklum sibuk ngurusin anak-anak yang hari ini UAS. Sedangkan suami saya yang tadi pagi sudah sarapan eh, jam segini udah keroncongan lagi katanya, hihihi. Biar nanti gak terlalu kenyang, saya memutuskan untuk bikin Mashed Potato aza. Kalau kekenyangan kan gawat nanti gak mau makan siang lagi.


resep mashed potato
Tampilannya mungkin kurang menggoda selera tapi rasanya,,hmmm yum-yum-yummy bgt!


 Mashed Potato sebenarnya bikinnya gampang banget, tapi rasanya mengenyangkan dech, cukup untuk mengganjal perut yang keroncongan. Karena Mashed Potato ini memang sering dihidangkan sebagai pengganti nasi buat orang bule. Mashed Potato banyak disajikan bersama steak, ayam dan berbagai main course atau hidangan utama lainnya. Tapi kalau di rumah saya, Mashed Potato seringnya dijadikan makanan cemilan sambil menunggu waktu makan besar (haduuuh,,cemilannya berat bener :-p ) karena suami dan anak-anak memang penggila kentang!

 ** Mashed Potato with Extra Cream Cheese **

Bahan-bahan:
- 250 gram Kentang tes 
- 1 sdm Salted butter (saya pakai merk orchid)
- 2 sdm Cream cheese
- 2 sdm susu segar plain
- merica & garam secukupnya
- mixed herbs secukupnya (bisa diganti dengan oregano bubuk)
- air untuk merebus

Cara mebuat:
1. Kupas kentang & potong menjadi 4 bagian, cuci bersih. Rebus kedalam panci berisi air yang telah diberi sedikit garam. Rebus hingga kentang lunak, angkat, tiriskan.
2. Lumatkan kentang dengan alat khusus (penghancur kentang) atau bisa juga dengan garpu biasa, hancurkan hingga kentang halus.
3. Tambahkan  susu & salted butter, aduk-aduk hingga rata. Butter akan meleleh karena panas dari kentang. Setelah itu tambahkan cream cheese dan sedikit merica, aduk kembali hingga semua tercampur rata (tekstur kentang akan berwarna lebih putih dan sangat lembut).
4. Sajikan Mashed Potato dengan sedikit taburan mixed herbs atau bubuk oregano di atasnya. 

#CATATAN#
- Mashed Potato tidak perlu ditambahkan garam lagi karena ketika kentang direbus sudah diberi sedikit garam. Dan rasa salted butter sudah memberi rasa asin, tapi bila anda suka bisa menambahkan lagi sedikit garam sesuai selera.


 Mudah sekali bukan cara membuat Mashed Potato ini? Nah, ini baru resep basicnya looh, dari sini bisa di kreasikan menjadi banyak makanan. Bisa di padatkan lalu diberi tepung panir biar jadi semacam hash brown (kentang goreng tumbuk), di panggang seperti schotel, atau sajikan resep Mashed Potato with Extra Cream Cheese ini bersama steak lezat favorit keluarga anda. Hmmm,,,sudah terbayang dech banyak menu lezat yang bisa tersaji dari Mashed Potato ini, Selamat mencoba & berkreasi yach.


(^_~)* HAPPY COOKING
Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima Kasih!!

20 comments:

  1. bund, mau tanya nih. aku lagi kuliah di luar kota, jadi ga mungkin punya oven. kalo bikin baked mashed potato nya pake magicjer gimana ya? kira-kira bisa ga ya? terus, wadah buat adonannya pake apa ya? makasih ya bund!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu mau bikin baked mashed potato dari mashed potato leftover yach?
      Bisa aza kok pakai magicjer tapi jadinya steamed mashed potato, resep sama tapi rasa sedikit berbeda karena steamed mashed potato jadinya agak 'basah' daripada baked mashed potato di oven yang terasa kering di atas tapi lembut di dalam..kamu bisa pakai pinggan tahan panas dari kaca atau yg dari alumunium foil..kalau dalam keadaan kepepet gak punya pinggan seperti itu kamu bisa pakai mangkuk kaca atau wadah makanan seperti tupperware kok, hehehe.

      Delete
    2. engga bund, emang tiba-tiba pengen makan baked mashed potato, jadi niat beli dalam jumlah dikit. kalo misalnya bakingnya pake wadah si magicjer gimana ya kira-kira? itu lho, c wadah magicjer yang buat wadah bikin nasinya, yang antilengket kayak teflon? soalnya kalo steamed mashed potato kayaknya kurang cocok ama selera sendiri, ga suka terlalu basah. thanks bund!

      Delete
    3. ooh..i see :-) hmmm..serius aku belum pernah nyoba bikin apapun selain nasi pakai wadah si magicjar itu, hehehe..tapi aku anggap hasilnya bakal seperti masak menggunakan slow cooker dech! berarti jawabannya bisa banget bikin baked mashed potato pakai magicjer tapiiii masaknya bakal lama banget, karena kalau pakai slow cooker aza bisa 3-5 jam baru mateng :-) well, butuh sedikit usaha extra untuk makan enak dgn alat seadanya kan?! hehehe

      Delete
    4. tandanya uda mateng apa dong bund? kan kalo kue mateng, kalo pas ditusuk ama tusuk gigi, uda kagak nempel. nah kalo ini?

      Delete
    5. maaf baru bales,,kemarin udah saya cobain bikin baked potato pakai magicjar karena saya penasaran, hahaha. kalau cara saya sama seperti masak kue, ditusuk dgn tusuk gigi. Hasilnya memasak baked potato memakai magicjar selama hampir 1 jam! bagian atasnya kering tapi dalamnya masih terlalu lembek (kalau menurut saya), mungkin masaknya kurang lama. Tapi kalau terlalu lama takut atasnya terlalu garing. Akirnya itu wadah magicjar saya masukin ke oven, dipanggang dgn api bawah, baru dech matangnya pas, hahaha. Gimana hasil masakan kamu?

      Delete
    6. selama itukah masaknya? kok jadi ragu ya buat masaknya. hehehehe. itu c mode magicjar dalam "cook" atau "warm" ampe bisa selama itu?
      saya belon masak, karna sekarang lagi akhir bulan bund. kanker = kantong kering. hehehehhe. nanti mau beneran nyoba pas awal bulan. anyway thanks ya sarannya!

      Delete
    7. Aku masaknya adonannya ketebelan, hehehe. tapi kalo masaknya tipis lebih cepet mateng dech :-D your most welcome!

      Delete
  2. mbaa ini bener yaa susunya cuma 2 sdm?
    makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kan takaran untuk 250 gram kentang, jadi susunya sedikit saja. Tapi tergantung selera juga yach. Bila ingin mashed potato yg lebih lembut susunya bisa ditambah lagi, tapi jangan terlalu banyak juga karena nanti rasanya malah jadi 'over' & bikin tekstur mashed potato terlalu encer. (^_^)

      Delete
  3. Bun kalo cream cheesenya di skip gpp ya? Soalnya sulit carinya di daerahku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget kok :-)
      cream cheese bisa diganti dengan keju cheddar yg diparut (pakai keju moo aza yg murce, xixixi) gak pakai keju pun tetap enak kok <3

      Delete
  4. Bund, salted butter kalo pake blue band bisa ngga? Susu segar plain bunda pake merk apa? :)
    Salam,
    Lia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lia :-)
      Bisaaaa bgt pakai blue band tapi aroma butternya gak dapat & rasanya agak sedikit berbeda walau tetap enak kok! Tapi saya sarankan pakai blue band yang biasa ya, jgn pakai yg blue band cake & cookies karena rasanya kemanisan.

      Saya selalu pakai susu UHT ultra jaya, yang dijual kemasan kotak 1 liter warna biru muda itu looh, kotak kecil 200 ml juga ada kok :-)

      Delete
  5. Bun, gimana cara menyimpan mashed potato kalau ada sisa supaya bisa buat keesokan harinya. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. simpan ke dalam wadah tertutup lalu masukin ke kulkas (tp jangan ke freezer yach) mashed potato dingin itu enak looh! hehehe tapi kalau kamu mau makan mashed potato hangat, saat akan dimakan, mashed potato bisa dipanaskan dulu di oven, atau kalau anak kos yg gak punya oven bisa kok dimasukkan ke dalam rice cooker agar hangat..xixixi

      Delete
    2. Bun klw pake happy call bisa ya?kan itu panggangan jg tp mngkn ga pake wadah ya..kaya scotel

      Delete
    3. Bisa pakai happy call, bisa diwadahin dulu atau bisa langsung juga,,,jadinya seperti baked mashed potato, tinggal kasih lagi parutan keju di atasnya jadi makin nikmat looh :-)

      Delete
  6. Bund bole tidak sisa mash potato ditaruh di rice cooker semalaman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung selera ya, kalau memang pengen biar tetep anget bisa disimpen di rice cooker, tapi kalau saya lebih prefer simpen di kulkas (masukkan dulu ke wadah,lalu ditutup dengan plastic wrap). Karena keluarga lebih suka makan mashed potato yg kondisinya dingin, hehehe

      Delete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne