.

Resiko Memakai Sepatu Hak Tinggi

resiko memakai sepatu hak tinggi

  High heels adalah sebutan sepatu yang mempunyai hak tinggi dan lancip. Setiap wanita setidaknya pasti memiliki 1 pasang sepatu High Heels, Saya bahkan punya puluhan koleksi High Heels. High heels sepertinya sudah menjadi trend di kalangan perempuan muda maupun berumur. Sepatu berhak tinggi ini akan membuat kaki menjadi terlihat leih jenjang, betis padat, pantat semakin terangkat dan badan menjadi lebih tegak. Makanya, banyak perempuan yang percaya diri untuk memakainya agar telihat lebih tinggi, cantik, anggun, dan sexy.
  Namun, perlu diketahui bahwa pemakaian high heels akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh. Resiko yang ditimbulkanya semakin besar bila sandaran pijakan semakin kecil dan hak terlalu lancip, karena otot akan bekerja secara maksimal untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Berikut adalah masalah kesehatan yang ditimbulkan dari penggunaan high heels:
1. Osteoarhritis.
Munculnya osteoarthritis ditandai dengan nyeri dan kaku pada persendian tulang. Biasanya muncul pada persendian lutut dan panggul. Perlu diwaspadai untuk penggunaan high heels dengan hak diatas 5 cm karena akan mengakibatkan radang tulang panggul, paha, lutut bahkan sampai ke tulang belakang.

 2. Varises kaki.
Saat memakai high heels, kaki akan dalam keadaan jinjit. Berjinjit yang terlalu lama akan membuat otot tumit belakang dan otot betis menjadi tegang sehingga pembuluh darah menjadi tertekan. Inilah yang dapat menimbulkan varises pada kaki.

 3. Gangguan Rongga panggul.
Terjadi tekanan pada ujung kaki saat menggunakan high heels yang menyebabkan ukuran rongga panggul menjadi tidak normal dan ukuran pantat bertambah besar. Pada ibu hamil akan mengakibatkan susah melahirkan. Dan, yang paling buruk dapat memicu kemandulan.

 4. Tumor Jinak.
Biasanya high heels memiliki hak yang tinggi dan bagian depan sepatu sempit. Hal ini akan membuat jaringan saraf antara jari ketiga dan keempat membesar yang dapat menimbulkan rasa sakit dan mati rasa pada jari. Apabila dibiarkan begitu saja akan menyebabkan tumor.

 5. Sendi Jempol Membesar.
Penggunaan high heels akan memuat telapak kaki kurang nyaman yang menyebabkan pertumbuhan tulang kaki menjadi tidak normal. Biasanya tulang sendi di pangkal jempol akan membesar yang memaksa pertumbuhan jempol untuk miring ke arah jari-jari yang lain. Tentunya, ini akan membuat tampilan jari-jari kaki menjadi buruk.


  Oleh karena itu ada baiknya kita mengurangi pemakaian sepatu High Heels. Jangan memakai High Heels sepanjang hari, istirahatkan kaki anda dengan memakai sandal / sepatu flats. Atau kita bisa mengakali hobi kita memakai hak tinggi dengan memakai sandal / sepatu wedges yang lebih nyaman di pakai.

  Buat apa bergaya kalau setelahnya kita menjadi kesakitan. (^_~)*

Spread the news,,LIKE and SHARE

4 comments:

  1. wah makasih bayak lho ya terlah mau berbagi artikel yang bermanfaat ini..
    kalu memakai kaos kaki wanita saat menggunakan High Heels itu apakah bisa memperkecil resiko kesehatan diatas td?..
    mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo sis Iana, memakai kaos kaki hanya akan membantu agar kaki tidak lecet saja tapi masih sangat-sangat beresiko terkena resiko kesehatan di atas yach, karena memakai high heels kan pengaruhnya ke syaraf yang ada di kaki :-)

      Delete
  2. wah beresiko sekali ya kalau kita memakai sepatu hak tinggi
    meskipun kita memakain kaos kaki wanita kerja tapi masih tetap terkena resikonya juga

    ReplyDelete
  3. "thanks ya, isi artikelnya keren.
    bisa bantu untuk menyelesaikan tugas saya..
    oya Gan klo ada kesempatan silakan mampir ke toko kaos kaki muslimah berkualitas dan banyak pilihannya..
    Trims :)

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne