.

Resep Rendang Padang


resep rendang padang
   
  Hmmm,,,mendengar namanya saja sudah bikin laper. Rendang Padang memang T.O.P banget dech! Apalagi kalau di makan bersama Sambal Hijau khas Padang dan Nasi putih hangat, bisa nambah berkali-kali dech!


Bahannya :
- 1 kg daging sapi topside, potong kotak kecil (besarnya sesuai selera)
- 2 lembar daun kunyit
- 4 lbr daun salam
- 2-3 potong asam kandis
- Santan dari 4 buah kelapa  ( sekitar 2 liter santan)
- 4 ruas sereh, geprek.
- 15 lbr daun jeruk
- Garam & merica secukupnya

Bahan bumbu halus:
- 200 gr cabe merah keriting
- 5 butir cabe rawit
- 1 sdm ketumbar sangrai
- 5 cm lengkuas
-50 gr kemiri
-7 butir bawang putih
-1 buah pala utuh
-100 gr bawang merah

Cara membuat:

1. Haluskan semua bahan bumbu halus, bisa menggunakan chopper blender atau ulekan.
2. Ambil 2 sdm bumbu halus dan lumuri daging dengan bumbu tersebut, diamkan selama 1-2 jam agar bumbu meresap.
3. Tumis sisa bahan bumbu halus dengan sedikit minyak goreng, lalu masukkan santan, masak sampai santan mendidih dan harum, masukkan daging, asam kandis dan sisa bahan yang lainnya.
4. Masak terus sambil di aduk-aduk dan dijaga supaya santan tidak pecah. Masak dengan api sedang sampai daging empuk dan bumbu mengering dan berwarna cokelat tua.
5. Siap disajikan.


# CATATAN #
- Yang dimaksud bumbu mengering adalah air santannya berkurang dan menjadi bumbu lebih kental, pekat dan berminyak. Saya pribadi lebih suka rendang yang tidak terlalu kering, atau masih ada sisa kuah santannya, karena menurut saya paling sedap memakan nasi putih dengan kuah rendang, hehehe.
-  Terkadang karena proses memasak yang lama  daging menjadi  hancur. Untuk menghindarinya ketika memasak daging dirasa sudah empuk, angkat dagingnya saja dan terus masak bumbu hingga agak mengering, lalu masukkan kembali daging dan masak kembali sampai semuanya cokelat tua.
- Memakai santan siap pakai memang lebih praktis dan tidak mudah pecah, tapi rasanya kurang gurih.
- Penambahan cabai bisa dikurangi tau ditambah sesuai selera, ingin rendang pedas atau rendang biasa.

SELAMAT MEMASAK  (^_~)*

Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,terima kasih !

7 comments:

  1. ok,, thanks banget sist atas resep rendang padangnya, suami ku pngen banget saya masakin rendang padang...

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus gan...bisa dicoba nih....:D





    mampir juga di www.rahasiakuliner.com

    thank's ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir :-)
      saya pasti akan senang berkunjung ke blog anda :-)

      Delete
  3. sambal padang tu gak ada pake gula pasir bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kan resep rendang,,kok komennya sambal padang? please dong sebelum komen di baca dulu yg bener,,lagian saya ibu2 yaa jd jangan dipanggil bro,,be polite!

      Delete
  4. Makasih ya atas sharenya sangat bermanfaat dan ingin mencoba membauatnya aku
    Manisan kolang kaling

    ReplyDelete
  5. thanks for your recipes, rendang is the one delicious food in the world, nice info :)

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne