.

Rainbow Cupcakes ala Bunda

rainbow cupcake
Soo Colourfull

rainbow cupcake
Toppingnya pun berwarna-warni

 Karena sekarang lagi nge-trend rainbow cake, saya juga pengen bikin rainbow cake. Pas lagi browsing resepnya di mbah google, wah ada kue yang lebih unik, Rainbow Cupcakes! Anak-anak ngeliat foto yang ada di google langsung heboh, "Ndaaa mau kue yang ini aza!!" Ya akhirnya saya bikin Rainbow Cupcake untuk pertama kalinya dan hasilnya tadaaa,,sukses \(^_^)/
 Tekstur cakenya lebih padat dari cupcakes yang biasanya tekstur cakenya 'pluffy' jadi warna pelanginya jelas terlihat,,rasanya pun yummi bgt! Saya gak pakai perasa tambahan jadi rasa cakenya rasa vanilla biasa. Warna pelanginya saya dapat dari pewarna makanan yang sudah foodgrade, jadi aman untuk dimakan anak-anak.

**Resep Rainbow Cupcakes**
Bahan-bahan:

- 250 gr butter
- 250 gr tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
- 2 sdt baking powder
- 250 gula kastor
- 4 btr telur
- 1 sdt vanili bubuk
- 3 sdm susu bubuk full cream (dancow)
- 1 cangkir kecil minyak sayur (kira2 100 ml)
- 5 pewarna makanan ungu, biru, hijau, kuning, merah (pastikan pewarna makanannya yang food grade)
- kertas cupcake
- loyang cupcake (bila tdk ada bisa menggunakan loyang muffin / loyang bolu kukus)

Cara membuat:
1. Ayak terlebih dahulu tepung terigu dan baking powder, sisihkan.
2. Campur butter dan gula kastor menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga rata dan mengembang lalu tambahkan telur, aduk hingga rata.
3. Kemudian masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil terus di aduk dengan kecepatan rendah. Masukkan vanili, susu bubuk, minyak sayur, aduk terus hingga tercampur rata.
4. siapkan 5 wadah mangkok kecil, bagi bahan adonan menjadi 5. Tuang sedikit pewarna makanan pada setiap mangkok, lalu di aduk dengan sendok agar warna tercampur rata. Sehingga adonan akan terbagi menjadi 5 warna pelangi (ungu, biru, hijau,kuning, merah).
5. Panaskan oven (kira2 200 celcius), alasi loyang cupcake dengan  kertas cupcake (masukkan kertas cupcake ke dalam loyangnya) terlebih dahulu agar tidak lengket ketika dikeluarkan.
6. Pertama-tama tuang sedikit adonan berwarna ungu, lalu warna biru, hijau, kuning dan terakhir tuang adonan warna merah. Usahakan anda menuang adonan sama banyaknya untuk setiap lapis warna, agar pelangi yang dihasilkan bagus warnanya. Lakukan hingga adonan habis.
7. Masukkan loyang cupcake ke dalam oven, panggang selama kurang lebih 15-25 menit.Tusuk kue dengan tusukan untuk mengecek sudah matang atau belum, bila sudah, angkat. Diamkan di suhu ruangan selama 5 menit sebelum mengeluarkannya dari loyang.
8. Hias cupcakes dengan butter cream lalu beri sedikit butiran gula / permen warna-warni diatasnya.
9. Rainbow Cupcakes yang cantik dan colourful ini siap disajikan.


RESEP Butter Cream untuk hiasan cupcakes
Bahan:
- 100 gr Mentega putih
- 50 gr butter
- 100 gr gula kastor
- susu kental manis putih (banyaknya sesuai selera yach! mau manis banget ya berarti pakai 1/2 kaleng, kalau gak mau terlalu manis cukup 5 sdm saja)
Cara membuat:
 1. Kocok semua bahan menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang.
2. Masukkan ke dalam kantung segitiga, lalu simpan sesaat di kulkas sebelum digunakan.


# CATATAN #
- Gula kastor adalah gula yang butirannya lebih halus daripada gula pasir, cocok untuk membuat kue karena gampang larut. Bila tidak ada gula kastor bisa menggunakan gula pasir yang sudah di tumbuk terlebih dahulu agar butirannya menjadi lebih hancur / halus.
- Butuh kesabaran yang sangat tinggi ketika menuang adonan cupcakes selapis demi selapis warna ke dalam loyang. Gunakan sendok kecil untuk menuang adonan ke dalam loyang agar tidak belepotan dan 1 sendok untuk masing-masing warna, ini dimaksud agar warnanya tidak saling tercampur.
- Tuang adonan hingga batas kertas cupcake, jangan melebihinya. Karena nanti kue  akan mengembang.
- Bila anda bingung berapa lama waktu memanggangnya, tusuk kue dengan tusuk gigi bersih untuk mengecek sudah matang atau belum, bila ada sisa adonan lengket di tusuk gigi berarti bagian dalam kue belum matang.
- Bila memakai cup berukuran kecil bisa mendapatkan hasil 20-25 cupcakes.

SELAMAT MEMASAK  (^_~)*

Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima Kasih!!

9 comments:

  1. Bundaaaa itu cupcakenya lucu bisa warna-warni gitu..jadi pengen makan!

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Pakai dong bunsay, kan itu ada di keterangan bahannya :-) pakai 4 butir telur, kalau yg gak pakai telur bisa cek resep eggless chocolate cake

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Bunda Makasih banyak Ya Resepnya. Saya Jadi Nambah KOleksi Resep nih . Saya Juga Punya Resep Sendiri Untuk Ini . Silakan Dicek Disini

    http://www.resepmakananmu.com/2013/11/resep-rainbow-cupcake-sajian-istimewa.html

    Semoga Bisa Membantu Sahabat YanG ingin Mencoba Sebagai Salah Satu Rekomendasi

    ReplyDelete
  5. hi bunda...resepnya enak bgt walau bentuknya g karuan ga secantik bwtn bunda tp rasanya enak bingit...

    ReplyDelete
  6. kok warnanya bisa lurus gitu?? biasanya kan lok dituang hasil setelah matang pasti warnanya amburadul... g selurus itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dooong...kebetulan cupcake yg ini tekturnya aku bikin lebih 'padat' drpd cupcake lainnya, jadi urutan warnanya bisa rapih sejajar karena dia gak terlalu ngembang bgt...xixixi

      Delete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne