.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan



manfaat brokoli bagi kesehatan


  BROKOLI digolongkan dalam keluarga kubis-kubisan, tumbuhan ini termasuk sayuran yang tidak tahan pada udara panas. Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang digemari. Selain memiliki aroma alami, rasa yg enak (tidak pahit), brokoli bisa membuat masakan semakin terlihat menarik dan lebih bergizi tentunya. Akan tetapi memasak brokoli tidak boleh terlalu lama, atau akan mengurangi kandungan gizi & vitamin pada brokoli.

Brokoli memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, ini hanya 5 di antaranya:


1. Menurunkan kolesterol

Manfaat khusus dari brokoli ini akan semakin terasa jika Anda memasaknya dengan cara direbus. Pasalnya, kandungan serat dari brokoli bisa mematikan sedikit demi sedikit kolesterol dalam tubuh. Selain itu, serat dalam brokoli membuat asam empedu dalam saluran pencernaan Anda jadi lebih baik. Brokoli mentah masih memiliki kemampuan menurunkan kolesterol akan tetapi tidak banyak, lebih baik konsumsinya dengan cara direbus. Itu dilakukan agar bakteri dalam brokoli bisa mati.

2. Menstabilkan Tekanan Darah
Selain tinggi akan kandungan kalium kalium, brokoli ternyata juga mengandung cukup banyak magnesium dan kalsium yang dapat membantu mengatur tekanan darah agar tetap stabil.

3. Dampak positif pada sistem detoksifikasi

Di dalam sayuran brokoli terdapat kandungan zat glucoraphanin, gluconasturtiian, dan glucobrassicin. Trio dinamis itu mampu mendukung semua langkah dalam proses detoksifikasi tubuh, termasuk aktivasi, netralisasi, dan penghapusan kontaminan yang tidak diinginkan. Isothiocyanate (ITC) adalah molekul detoks yang mengatur untuk menghancurkan racun-racun dalam tubuh anda di saat Anda mengonsumsi brokoli serta brokoli membantu mengendalikan proses detoksifikasi pada tingkat genetik.

4. Membantu atasi kekurangan vitaminKetika dosis tambahan besar vitamin D diperlukan untuk mengimbangi kekurangan di tubuh, persediaan yang cukup baik vitamin K dan vitamin A membantu menjaga metabolisme. Sedangkan  vitamin D dalam tubuh Anda untuk mengatur keseimbangan. Brokoli memiliki kombinasi yang luar biasa kuat dari kedua vitamin A dan vitamin K. Brokoli juga dapat menjadi makanan ideal Anda untuk melakukan diet.

5. Baik Untuk Kesehatan Tulang
Seperti yang telah dijelaskan di atas, brokoli memiliki kandungan tinggi kalsium dan vitamin K yang cukup tinggi yang keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang dan dapat membantu pencegahan osteoporosis.



Banyak sekali manfaat yg bisa kita ambil dari sayuran yang berwarna hijau segar ini. Brokoli juga disukai anak-anak karena rasanya manis dan 'renyah' tidak seperti sayuran yang lainnya.
kandungan vitamin C dan betacarotene yang terkandung dalam brokoli merupakan sumber nutrisi dan anti oksidan yang baik bagi anak anda. Oleh karena itu jangan lupa untuk menyajikan menu makanan dari brokoli untuk anak anda.


Sumber info :
Okefood.com

1 comments:

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne