.

Korean Food


  Dari sejak masih ABG saya jatuh cinta sama drama Korea, gara-garanya ikut menonton drama tv favorit mama saya, Winter Sonata! Tadinya saya gak suka sama yg namanya sinetron (sampai sekarang saya juga gak suka sinetron Indonesia, hehehe) tapi semenjak nonton Winter Sonata sudah entah berapa ratus drama Korea & Korea movie yg saya nonton sampai sekarang. Saya falls in love to Korea karena nonton drama Korea, karena drama Korea juga saya jatuh cinta pada Korean food atau makanan Korea. Loh kok larinya ke makanan? habisnya hampir di setiap episode drama Korea atau film Korea selalu ada adegan makan! Saya sampai ngiler melihat mereka makan dengan lahapnya, apalagi melihat menu makanan mereka yg sepertinya tidak jauh berbeda dengan menu kita sehari-hari yaitu, Nasi!
  Oleh karena itu sekarang saya mau membahas tentang menu-menu makanan Korea yg terbuat dari nasi atau berbahan dasar nasi. Siapa tau anda berminat pergi ke Korea atau di ajak makan ke restaurant Korea, anda tak perlu bingung mau memesan apa, pesan saja menu ini:


Bibimbap dan Dolsot Bibimbap
Bibimbap & Dolsot Bibimbap

1. Bibim bap

 Secara harfiah kata itu
berarti "nasi campur", Bibim artinya campur dan bap artinya nasi.
Bibimbap itu nasi putih yg disajikan di mangkuk,di atasnya tersusun topping berupa daging sapi tumis dan berbagai sayuran berwarna (biasanya timun Jepang yang dipotong kecil-kecil kaya korek api, bayam, lobak, pasta kedelai, jamur, gosari, selada dan juga rumput laut kering/nori. ) yg telah dicampur dengan gochujang pedas dan minyak wijen.
Di Korea
, daerah Jeonju, Jinju, dan Tongyeong terkenal karena versi bibimbapnya. Bahkan bibimbap tercantum di nomor 40 pada jajak pendapat '50 makanan paling lezat menurut pembaca' yang disusun oleh CNN Go pada tahun 2011
.
2. Dolsot Bibim bap

 Ini adalah variasi dari bibimbap
, bedanya dolsot biimbap disajikan dalam pot batu yg mendesis panas (hot pot). bagian bawah nasinya terasa lebih kering, dicampur dengan topping yg bernama 'namul' (sayuran tumis dan dibumbui) dan biasanya di beri tambahan telur mentah di atasnya, panas dari dolsot bibimbap ini akan membuat telur matang (1/2 matang tepatnya) selain itu dolsot bibimbap akan tetap panas sampai akhir makan.


juk porridge
Juk (bubur)
3. Juk (bubur)

 Juk
ini semacam bubur, dimasak dengan lima kali lebih banyak air dibandingkan dengan bap (nasi). Juk biasanya disajikan sebagai hidangan utama serta hidangan pembuka. Juk juga populer sebagai makanan untuk memulihkan kesehatan orang yg sedang sakit.
Juk
mempunyai banyak variasi, tergantung pada jenis bahan yang digunakan.
misalnya
:
1. Honghap
juk adalah bubur yang dibuat dengan nasi dan kerang.
2. Jat
juk adalah beras dan kacang pinus yg dibikin menjadi puree dan direbus sampai kental.
3
. Jeonbok juk adalah bubur yang paling terkenal di Korea.
Jeonbok juk itu bubur yg bernutrisi tinggi yg
dibuat dari beras dan
abalone cincang (abalone itu semacam kerang) yg ditumis dalam minyak wijen dan direbus sampai kental.


bulgogi deop bab dan ojingeo deop bap
Bulgogi deop bab & Ojingeo deop bap
4. Bulgogi deop bap
 Kata
'Deop bab' secara harfiah berarti 'Deop' artinya tertutup 'bab' artinya beras.
Jadi singkatnya, nasi yg ditutup dengan berbagai hal lezat atau semangkuk nasi yg diatasnya diberi sesuatu. Bulgogi Deop bab itu adalah semangkuk nasi yg diatasnya diberi bulgogi (terdiri dari daging sapi panggang berbumbu, kadang menggunakan daging ayam atau babi
)

5. Ojingeo deop bab


 Kalau yg ini variasi dari deop bap yaitu Ojingeo deop bap. Ini adalah semangkuk nasi yg diatasnya diberi daging cumi yg telah dibumbui. Cumi dipotong-potong lalu direndam dalam saus pedas dengan bawang dan wortel, lalu di aduk & digoreng setelah itu disajikan di atas nasi.

kimchi bokkeum bap
kimchi bokkeum bap


6. Kimchi bokkeum bap
 Bokkeum bap sendiri berarti Nasi goreng
,
Kimchi Bokkeum bap berarti nasi goreng kimchi. Menu ini dibuat dari nasi putih yg di goreng dengan kimchi yg dicincang halus, daging sapi, bawang, dan sayuran lainnya sesuai selera. Telur setengah matang bisa menjadi tambahan di atas Kimchi bokkeum bap.



 Naaaah,,itu dia menu makanan Korea yg terbuat dari nasi atau berbahan dasar nasi. Menu ini cocok sekali dengan lidah Indonesia kita yg memang sudah terbiasa makan nasi (istilah saya belum makan kalo belum makan nasi, hehehe). Masih ada banyak sekali menu makanan Korea yg tidak kalah lezat dari menu-menu ini, nanti saya akan buat lagi postingan khusus makanan Korea dech! plus resepnya tentu saja, tunggu tanggal mainnya! Hehehe



Sumber berita & foto:
Korea Tourism Organizationthank you facebook korea Tourism Organization (sydney)


 Like my post? click LIKE  (^_~)*

1 comments:

  1. ditunggu resepnya bunda...
    request ya resep jajangmyeon n jjampong (^_~)

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne