.

Tips Mencuci Pakaian Agar Selalu Terlihat Baru

tips mencuci pakaian

 Bosan terus menerus membeli baju baru karena baju yang lama cepat belel? Atau warnanya pudar dan bahannya jadi melar? Mungkin ini akibat cara mencuci dan menyimpan yang salah. Nah agar baju / pakaian kita senantiasa terlihat baru ada triknya looh..


1. Jangan terlalu sering dicuci

Jika baju bersih hanya dipakai selama 2-3 jam dan tak terkena kotoran atau keringat, tak usah langsung dicuci. Gantung dan angin-anginkan saja. Proses pencucian dan pengeringan bisa mempengaruhi kualitas bahan pakaian.

2. Jangan pakai deterjen murahan
Deterjen murah memang membuat belanja bulanan jadi lebih hemat. Tapi budget belanja pakaian akan membengkak karena warna pakaian jadi cepat memudar. Berinvestasilah pada produk deterjen yang berkualitas. Atau gunakan cara natural: sebelum mencuci baju, rendam selama 10-15 menit di dalam bak berisi air yang sudah dicampur 2 sendok makan cuka. Ini berfungsi untuk menahan warna agar tak mudah luntur.

3. Pisahkan cucian
Ibu Anda mungkin sudah mengajari sejak dulu untuk memisahkan pakaian berwarna dengan pakaian putih. Namun akan lebih baik jika kita memisahkan cucian ke dalam 4 tipe:
- pakaian berwarna putih
- pakaian berwarna gelap (hitam, biru tua, coklat tua)
- pakaian berwarna cerah (pink, merah, kuning, dan warna-warna pelangi lainnya)
- pakaian lembut (yang harus dicuci dengan tangan seperti pakaian dalam, lingerie sutra, bikini, dan sebagainya)

4. Gunakan MSG untuk menghilangkan noda
Noda darah, minyak, minuman, dan makanan seringkali sulit dihilangkan dari pakaian. Trik untuk menghapusnya adalah dengan merendam pakaian di dalam air yang sudah dibubuhi satu sendok teh MSG alias vetsin. Setelah itu, cucilah seperti biasa.

5. Jangan bergantung pada mesin pengering
Meski memudahkan bagi kita, ada baiknya sesekali tinggalkan mesin pengering. Bahan pakaian yang dikeringkan secara alami akan lebih tahan lama dibanding yang selalu dimasukkan ke mesin pengering.


 Kalau ada noda di baju putih pasti bikin kita kesal, baju jadi tidak apik lagi. Noda pada baju putih dapat dihilangkan dengan perasan air jeruk lemon dan garam. Perlu diketahui bahwa Fruit acid  yang dicampur dengan yodium (garam)  bisa menjadi penghilang noda yang dahsyat, bahkan sering tidak meninggalkan noda sedikitpun.

Lalu bagaimana caranya?
Pertama, peras air jeruk lemon pada tempat yang sudah anda siapkan. Setelah itu campurkan sedikit garam pada perasan lemon tersebut.
Kedua, ambil campuran tadi secukupnya dan gunakan ramuan tersebut dengan menggosokkannya pada noda yang melekat pada baju putih kita.

 Selain itu, jika anda kesulitan untuk mendapatkan jeruk lemon, anda bisa juga gunakan citrun yang biasa digunakan untuk membuat es buah.
Bentuk citrun ini seperti butiran putih mirip penyedap rasa.

Caranya:
Pertama, baju yang terkena noda anda rendam dengan air citrun tanpa dicampur dengan deterjen kurang lebih 30 menit. Anda dapat merendam lebih lama jika noda belum juga hilangSetelah itu anda dapat menggosok sedikit pada bagian yang terkena noda.

Nah, biasanya setelah melalui cara ini, noda akan hilang.
Bagi anda yang memiliki pakaian putih sudah memudar, baik baju kesayangan anda, seragam sekolah anak , kemeja suami, citrun juga dapat berfungsi untuk mencerahkan pakaian putih tersebut.

18 comments:

  1. Terima kasih (^_^) semoga info ini membantu Anda

    ReplyDelete
  2. makasih infonya bunda......bagus sekali artikelnya

    ReplyDelete
  3. perawatan yang baik akan menentukan lama tidaknya pakaian bisa bertahan lama....

    ReplyDelete
  4. artiekl dalam blog ini sangat menarik dan inspiratif.....

    ReplyDelete
  5. cara perawatan baju yang sangat efektif dan tidak memerlukan waktu yang banyak.....

    ReplyDelete
  6. Nice artikel mba, bermanfaat banget.
    Apalagi point 5 tuh, kalo saya nyuci baju hitam kadang2 suka berbulu
    itu kenapa yaa? Hehehe..

    "Lagi nyari Chino Pants? Yuk maen ke HM Chino Pants"

    ReplyDelete
  7. wah... baru tau, ada tips nyuci sebagus ini. thank mom... :)

    ReplyDelete
  8. aiiih, keren euy tipsnya... aku malah baru tau... matursuwun ya sist :)

    ReplyDelete
  9. trims...
    Tipsnya sangat membantu sekali untuk mencuci kaos kaki anak yang dulu sulit untuk mencucinya sekarang mudah berkat tips ini ...
    kalau ada tips baru bagi lagi ya..

    ReplyDelete
  10. salam kenal..
    wah tipsnya membantu sekali..oya tips ini apakah juga bisa diterapkan ke pakaian yang lainnya..Seperti untuk mencuci kaos kaki muslimah agar tidak mudah kusam

    ReplyDelete
  11. salam kenal...
    Artikelnya menarik dan bisa dicoba nanti..
    kalau untuk tips mencuci kaos kaki muslimah seperti apa ya..
    dan kalau ada tips lain yang menarik bagi juga ya...

    ReplyDelete
  12. salam kenal...
    tipsnya membantu sekali ya... ternyata untuk memcuci baju kaos itu tidak baik kalau memakai pemutih ya...dan kalau untuk mencuci kaos kaki muslimah, apakah caranya juga sama?..
    mohon infonya juga

    ReplyDelete
  13. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    ReplyDelete
  14. Kira kira baju yg berwarna terkena noda bs ga pake sitrun.warna bajunya pudar gak?

    ReplyDelete
  15. Kira kira baju yg berwarna terkena noda bs ga pake sitrun.warna bajunya pudar gak?

    ReplyDelete
  16. artikel yang sangat bermanfaat terimakasih mam, ditunggu next artikel ya mam :)

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne