.

Besarnya Manfaat Sari Kacang Hijau


   Hmmm,,lagi buka-buka FB eh liat ada yg nge post,,kacang hijau baik untuk memutihkan gigi,,wah masa iya sih? kok saya baru tahu apa emang saya aza yg lemot,,hahahaha.

karena penasaran saya browsing dech di internet tentang manfaat kacang hijau karena kebetulan baru beli kacang hijau mau bikin es sari kacang hijau buat anak2,,kalau ternyata banyak khasiatnya saya kan jadi bisa sering-sering bikinnya ;-)
langsung aza yach di tengok apa aza sih manfaat dari si mungil kacang hijau ini..



  Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

  Kacang hijau adalah sumber yang bagus untuk protein, karbohidrat komplek dan vitamin B. Kacang hijau juga dapat menurunkan kolesterol karena kaya serat. Studi menunjukkan bahwa serat yang tinggi mencegah gula darah naik terlalu cepat setelah makan, sehingga baik untuk penderita diabetes . Kacang hijau kaya akan vitamin B, bagus untuk penderita penyakit maag karena bersifat alkali atau basa.

  Kandungan gizi yang terdapat dalam kacang hijau, antara lain; dalam 110 gram kacang hijau mengandung 345 kalori, 22,2 gram protein, 1,2 gram lemak, vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral berupa fosfor, zat besi, dan mg. Selain kandungan gizi/vitamin, kacang hijau ternyata bisa menyembuhkan penyakit beri-beri, radang ginjal, melancarkan pencernaan, tekanan darah tinggi, mengatasi keracunan alkohol, pestisida, timah hitam, mengatasi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC paru-paru, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, dll.

 Wah ternyata banyak banget khasiatnya..jadi semangat nech bikin sari kacang hijaunya..mau coba bikin juga? saya kasih nech resepnya, bikin sendiri di rumah yach ;-)

Pembuatan Sari kacang Hijau


Bahan:
1. 1genggam kacang hijau
2. 2 gelas air

Cara membuat:

1. Cuci bersih kacang hijau, tiriskan.
2. Masukkan kacang hijau ke dalam panci bergagang, tambahkan air, rebus
3. Aduk sesekali, sampai air kacang hijau berwarna merah
4. Angkat.
5. Saring, dan dinginkan.
6. Sajikan.
 
Notes:
ini baru sari kacang hijaunya looh,,kalau mau rasa yg lebih manis bisa di tambahkan dengan air gula,,tapi gulanya jgn banyak2 yach nanti malah jadi gak sehat (^_^)


selain bisa di minum langsung bisa juga di bikin es mambo sari kacang hijau looh,,tinggal tambahkan gula secukupnya, lalu masukan sari kacang hijau ke plastik ukuran kecil buat es mambo, trus simpan di freezer,,anak2 pasti suka,,rasanya enak,,banyak khasiatnya & terjamin kebersihannya daripada jajan es di luar (yg tidak terjamin kebersihannya)

Selamat mencoba yach (^_~)*

9 comments:

  1. ahh, bisa dicoba bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mencoba :-) mudah looh!

      Delete
    2. aku rebus kcg hijau nya ga pernah sampai merah bun...kenapa ya.
      Cuma hijau bening gt.kalo aga lama hijau nya buram.,

      Delete
    3. Memang air rebusan kacang hijau bewarna hijau bening kalo masih panas. Kalo sdh dingin akan bewarna coklat kemerahan.

      Delete
  2. mudah yah? biasanya saya buat bubur kacang ijo buat anak-anak saya, rasanya enak, tapi kalau sarinya perlu juga di coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo saya dibuat sarinya dulu bund, hbs tu stlh diambil sarinya baru dibuat bubur...dgn gtu ga perlu rendem smlman klo mau buat bubur :)

      Delete
  3. Kok agak getar ya rasanya.. Gmnn caranya biar enak

    ReplyDelete
  4. artikel yang sangat bermanfaat terimakasih mam, ditunggu next artikel ya mam :)

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne