.

Apa itu Insomnia?

 Lewat tengah malam begini saya masih tidak bisa tidur,,huuuhhh,,ini selalu terjadi hampir tiap malam, pasti karena saya punya penyakit insomnia. Buat yg gak tahu apa itu Insomnia? mumpung saya masih seger saya coba jelasin sedikit tentang Insomnia yach...
Apa itu Penyakit susah Tidur / Insomnia ?
Penyakit insomnia adalah penyakit dimana seseorang mengalami susah tidur atau dengan kata lain tidak bisa tidur dengan nyenyak. Menurut hasil survey, rata-rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.
Insomnia ditentukan lebih pada kualitas tidur, bukan pada berapa lama waktu tidur. Seseorang dikatakan mengalami sulit tidur jika sering terjaga lama sekali sampai larut malam, tidak bisa tidur nyenyak, serta sering terbangun pada malam hari atau pagi sekali dan tidak bisa tidur kembali. Hal tersebut mengakibatkan kelelahan dan rasa ngantuk pada siang hari.
Insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.


Penyebab Susah Tidur Insomnia
Secara umum, penyebab insomnia dapat dikategorikan ke dalam internal, eksternal dan gangguan karena pola sirkadian yang tidak normal. Paling sering, insomnia atau gangguan tidur berhubungan dengan penyakit dari setiap organ, sedangkan faktor utama penyebab internal insomnia adalah sebagian besar penyakit dengan gangguan nyata dalam pola tidur normal. Namun, insomnia yang serius dapat disebabkan karena kondisi medis seperti penyakit paru obstruktif kronik, atau gangguan tidur yang berhubungan dengan gastroesophageal reflux, ulkus peptikum, fibrositis sindrom, masalah punggung, dan masalah leher. Setiap kerusakan di otak seperti apnea sentral dan neurodegeneratif dapat menyebabkan Alzheimerâ atau penyakit-penyakit yang berpotensi menyebabkan gangguan tidur. Masalah pernapasan juga penyebab utama dalam kasus seperti apnea tidur obstruktif dan mendengkur.

Ciri Ciri, Tanda Tanda Gejala Penyakit Susah Tidur / Insomnia

berikut ini merupakan tanda tanda gejala penyakit insomnia atau penyakit susah tidur :
  1. Sukar untuk memulai tidur dan lama tidak bisa memejamkan mata.
  2. Mudah tertidur tetapi bangun terlalu pagi dan tidak bisa tidur kembali.
  3. Sering terbangun di tengah malam sehingga sering mengantuk di siang hari.
Tips cara Mengatasi susah Tidur
Jangan langsung minum obat tidur hanya karena anda tidak bisa tidur. Untuk mengatasi Insomnia coba dulu beberapa cara di bawah ini,
  1. Usahakan untuk tidur pada jam yang sama setiap malam
  2. Pastikan tempat tidur nyaman dan suhu ruang sesuai kehendak
  3. Jangan memikirkan masalah kehidupan sehari-hari, sisihkan masalah anda.
  4. Olahraga ringan pada sore hari bisa membantu, tetapi jangan melakukanya saat sebelum tidur.
  5. Hindari minum kopi, alkohol, atau merokok sebelum tidur. (saya malah suka minum kopi susu sebelum tidur,hahaha)
  6. Hindari kebiasaan tidur siang.
  7. Jika masih tidak bisa tidur, jangan hanya berbaring dan mencemaskannya. Bangun untuk membaca buku, mendengarkan musik lembut, minum susu hangat, dan kemudian coba tidur kembali.
  8. Jika berlangsung setiap malam dan mengganggu aktifitas sehari-hari, hubungi dokter.
  9. Jangan terlalu larut dalam masalah. coba untuk merefresh otak anda agar supaya terhindar dari fikiran-fikiran yang membebani hidup anda dan membuat anda sulit untuk tidur.
  10. Matikan laptop / HP anda. Kalau anda masih terus menatap layar laptop atau main hp bagaimana anda bisa tidur??? :-p

4 comments:

  1. Sy sering sekali mngalami itu brbagai ct sdh sy lakukan... smpai pd titik trkhir sy konsul dg dokter untk mnum obt tidur.. dy mnjlskan kl obt itu ktergntungan.. akhr.ny sy pun hny mengonsumsi 1x krn tkut.. dan brhsil sy bs tdur nynyak.. krn sblm.ny sy mmang tdk tdur slma 4 hr.. tp mlam slnjut.ny sy kmbali tdk bs tdr.. dan efek cemas ttp msih nempel... seakan" sy mngalami halusinasi stlh mngonsumsi itu... akhr.ny sy mmutuskan untuk ngungsi dikamar bude sy.. alhasil sy tidur dg nyenyak tnpa obt.. tp ktika kmbli tidur dkmr sndiri tdr sy tdk nyenyak...sy trbngn trll pg dan tdk bs tdur lg..
    Sy bnr" trsiksa akan ini... mhon bntuan.nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. (^_^)/ Hai Eka, maaf telat membalas....
      memang obat tidur punya banyak efek samping yach, mulai dr perasaan seperti terbakar di tangan, kaki, & bagian tubuh lainnya, nafsu makan menurun, sulit menjaga keseimbangan, memicu migrain, diare, mimpi buruk, bibir kering, & perubahan suasan hati yg drastis, efek halusinasi muncul krn perasaan hati yg tdk menentu ditambah rasa pusing di kepala yg terkadang membuat penglihatan seakan berbayang...itu berarti kamu tidak cocok atau tubuh kamu tidak sanggup menerima dosis obat tidur itu...lebih baik hentikan pemakaian obat tidur tersebut..naaaaaah sekarang pertanyaannya, ketika kamu tidur di kamar lain kamu bisa tidur lelap tapi kenapa dikamar sendiri tidak bisa tidur??
      Mungkin ada yg salah dgn kamar kamu (ah saya gak ngomongin masalah gaib loh,,xixixi) Mungkin suasana kamarnya *maaf* terlalu suram? Gantilah suasana kamar kamu dengan warna cat kamar yg lebih ringan & menenangkan seperti biru langit, hijau muda, atau bahkan ungu muda. Ubah tata letak dikamar & kurangi banyaknya furniter dikamar agar tidak terkesan sumpek, singkirkan kaca/cermin dari sekitar tempat tidur (jgn sampai posisi tidur kamu bisa melihat ke arah cermin). Cek kondisi aliran udara dikamar, mungkin suasana kamar yg panas yg membuat kamu sering gelisah. Ganti bantal, guling & sprei, sprei baru yg lembut bisa membuat tidur semakin nyenyak *bukan iklan*. Bila memungkinkan kamu bisa minta temani saudara saat tidur, bila tidak ada, kamu bisa tidur dengan memeluk boneka kesayangan. Cobalah untuk tidur sambil mendengarkan yg ringan (pakai earphone) biarkan musik tetap menyala selama kamu tidur, agar perasaan kamu lebih relax. Terakhir, minumlah minuman hangat sebelum tidur, bisa susu atau teh manis. (^_^) Semoga tips di atas bisa membantu yaa,,kamu pasti bisa mengatasi sulit tidur kamu,,sekarang saya udah gak pernah minum obat tidur lagi,,insomnia masih suka kumat *tp jarang bgt* tp kalau sedang kumat saya menghabiskan waktu untuk berkreasi atau membaca buku.

      Delete
  2. Saya ini tiap mlm tidak bisa tidur, setiap hari mengalami nya. tapi kalau sudah jam 4-6 mata sudah berat, terbangun kadang jam 12-2. Mnurut kmu apakah saya insomia???

    Tolong Jawaban nya!!"

    ReplyDelete
  3. artikel yang sangat bermanfaat terimakasih mam, ditunggu next artikel ya mam :)

    ReplyDelete

(^_^) Thanks for reading..
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. I will try to reply as soon as possible. NO SPAM !! Semua komen spam & spam link yg tidak berhubungan dengan postingan akan di hapus! (^_^) Arigatou ne